Loading…
  • 0
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
<<< Selamat Datang di Website UPBJJ-UT Surabaya, Kampus C Unair Jl. Mulyorejo Surabaya 60115 Telp. 031 - 5961861, 5961862, Faks. 031 - 5961860; Whatsapp. 0895617034951, 085945611571 E-mail: ut-surabaya@ecampus.ut.ac.id Media Sosial : https://www.facebook.com/ut.surabaya ---- https://twitter.com/ut_sby ---->>>>


 

PERKENALKAN PROGRAM DOKTOR, DIREKTUR UT SURABAYA

BERI SAMBUTAN DIDEPAN PESERTA APEL PAGI

KANTOR WALIKOTA MADIUN

 

Hingga saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengenal Universitas Terbuka secara menyeluruh. Hal ini terbukti dari banyaknya masyarakat yang beranggapan bahwa UT adalah Perguruan Tinggi (PT) yang dikhususkan bagi guru atau orang tua yang sudah bekerja. Ironisnya, banyak pula masyarakat yang menilai UT sebagai PT swasta. Untuk mensosialisasikan UT kepada masyarakat secara luas, UT Surabaya telah melakukan audiensi dengan Walikota Madiun dan Bupati Magetan, pada tanggal 6 – 7 Januari 2020.

Dalam kegiatan audiensi ke Kantor Walikota Madiun, Direktur UT Surabaya, Dr. Suparti, M.Si mendapat kehormatan mengikuti kegiatan Apel Pagi bersama Walikota Madiun dan seluruh pejabat Aparat Sipil Negara (ASN) di Kota Madiun. Kegiatan Apel Pagi sudah menjadi rutinitas di lingkungan pemerintahan Kota Madiun, yang dilaksanakan pada awal bulan dan biasanya dipinpin oleh Walikota Madiun. Apel Pagi yang dilaksanakan pada 6 Januari 2020 sedikit berbeda karena diakhir acara Direktur UT Surabaya, Dr. Suparti, M.Pd diberikan kesempatan untuk menyampaikan sambutan dan sekaligus mempromosikan UT.

Dalam sambutannya, Direktur UT Surabaya memperkenalkan bahwa UT merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984 dan sistem pembelajaran di UT sangat fleksibel karena menekankan pada pembelajaran Mandiri, Terbuka, dan Jarak Jauh. UT memiliki empat fakultas; yaitu; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Faklutas Sains dan Teknologi (FST), dan Fakultas Ekonomi (FE), yang menyelenggarakan 35 program studi S1 dan Diploma. Selanjutnya, sejak tahun 2004, UT juga telah menyelenggarakan Program Pascasarjana (PPs), yaitu; Magister Administrasi Publik (MAP), Magister Manajemen (MM), Magister Manajemen Perikanan (MMP), Magister Pendidikan Matematika (MPMT), Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI), Magister Pendidikan Dasar (MPDR), dan Magister Ilmu Lingkungan.

Selain itu, Direktur UT Surabaya juga menyampaikan bahwa pada tahun 2020 ini, UT   membuka program Doktor dengan sistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) pertama di Indonesia, yaitu Program Doktor Administrasi Publik (DAP) dan Program Doktor Ilmu Manajemen (DIM). Sebagai tahap awal, dalam penyelenggaraan program Doktor, UT Pusat hanya memperkenankan tiga UPBJJ untuk membuka program Doktor, yaitu UT Jember untuk program Doktor Ilmu Manajemen, UT Serang untuk program Doktor Administrasi Publik dan program Doktor Ilmu Manajemen, dan UT Surabaya untuk program Doktor Administrasi Publik. Kepercayaan yang diberikan kepada UT Surabaya sebagai penyelenggara program Doktor Administrasi Publik, tentu menjadi suatu kehormatan bagi segenap keluarga besar UPBJJ-UT Surabaya, karena itu proses rekrutmen calon mahasiswa program Doktor Administrasi Publik terus digalakkan. Dalam kesempatan tersebut, Direktur UT Surabaya dengan bangga memperkenalkan salah satu pegawai di Pemerintahan Kota Madiun yang telah mendaftar sebagai calon mahasiswa program Doktor, yaitu Bapak Misdi (saat ini bertugas sebagai Sekretaris Dewan) di Kantor DPRD Kota Madiun. Diharapkan pegawai lainnya akan mengikuti jejak Bapak Misdi agar realisasi program kerja Walikota Madiun yang lebih dikenal dengan Panca Karya, yaitu Madiun Kota, Pintar, Melayani, Membangun, Peduli, dan Terbuka. Salah satu prioritas Panca Karya tersebut dapat diwujudkan melalui peningkatan SDM dan meningkatkan kualitas ASN di Kota Madiun.

madiun 1

Diakhir sambutannya, Direktur UT Surabaya menitipkan pesan kepada Walikota Madiun agar memberikan beasiswa kepada para pegawai di lingkungan pemerintahan Kota Madiun untuk meningkatkan kompetensi ke jenjang pendidikan S1, S2 dan S3 melalui UT. Selain itu, pesan juga disampaikan kepada para pegawai Pemkot Madiun untuk membantu menyampaikan informasi tentang UT sebagai Perguruan Tinggi Negeri kepada masyarakat luas, khususnya masyarakat Kota Madiun.


Walikota Madiun Drs. H. Maidi, SH., MM., M.Pd, memberikan respon yang sangat positif karena Universitas Terbuka menerapkan sistem belajar jarak jauh sehingga apabila pegawai yang ingin melanjutkan kuliahnya tidak terganggu dengan jam kerjasnya dan beliau berjanji akan mensosialisasikan keberadaan Universitas Terbuka (UT) khususnya Program Doktor kepada seluruh pegawai yang ada di Kota Madiun. Dalam kesempatan itu, Walikota Madiun yang merupakan mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun secara langsung menugaskan Bapak Misdi untuk mengkoordinir seluruh pagawai yang akan mengikuti program Doktor.


Dalam acara Apel Pagi tersebut, Direktur UT Surabaya memberikan cendramata dari UT sebagai kenang-kenangan dan simbol persaudaraan. Semoga audiensi ini membawa hasil yang menggembirakan dan jumlah mahasiswa UT di Kota Madiun terus bertambah, khususnya calon mahasiswa Program Doktor.


Pada hari yang sama, Direktur UT Surabaya melanjutkan kegiatan sosialisasi UT ke kantor PT. Industri Kereta Api (INKA). Kedatangan Direktur UT Surabaya diterima oleh Manajer SDM dan kepala Tata Usaha. Pertemuan berlangsung selama 60 menit di ruang rapat kantor PT. INKA. Dalam pertemuan tersebut, Direktur UT Surabaya menyampaikan informasi seputar UT sebagai salah satu PTN di Indonesia, sistem belajar di UT yang fleksibel dan cocok untuk karyawan yang sedang bekerja. UT memiliki program studi, baik S1, S2, dan pada tahun 2020 ini akan membuka program S3. Selain itu, Direktur UT Surabaya menyampaikan keinginan untuk menjalin untuk bekerjasama dengan PT. INKA, khsusnya dalam peningkatan kualifikasi pendidikan karyawan, terutama bagi mereka yang belum sarjana dan yang berkeinginan studi ke jenjang S2 dan S3.


Menanggapi tawaran dari Direktur UT Surabaya, manajer SDM PT. INKA menyampaikan bahwa sistem belajar yang fleksibel dan online cukup menarik dan cocok untuk para karyawan. Apalagi, saat ini PT. INKA memiliki 1.500 karyawan, diantaranya masih ada yang belum sarjana. Untuk itulah, kedepan Manajer SDM berjanji akan melakukan pendataan karyawan yang berminat melanjutkan studi di UT.



madiun 2madiun 4

madiun 3

Sosialisasi UT di PT. Industri Kreta Api Persero (INKA). Direktur UT Surabaya berkesempatan fotro bersama dengan salah seorang karyawan PT. INKA yang kebetulan mahasiswa UT Program S-1 Manajemen.

 

Sebelum acara sosialisasi berakhir, tidak lupa menitipkan brosur untuk disebarkan kepada seluruh karyawan PT. INKA. Melalui brosur tersebut, diharapkan informasi program studi UT dapat tersosialisasikan dengan baik kepada para karyawan dan masyarakat umum, khususnya di Kota Madiun. Dengan begitu, target 1 juta mahasiswa sebagaimana yang diharapkan rektor UT akan dapat tercapai.

 

Selepas dari PT. INKA, Direktur UT Surabaya melanjutkan kunjungan ke Universitas PGRI Madiun (UNIPMA). Kedatangan Direktur UT Surabaya, diterima langsung oleh Rektor UNIPMA, Dr. Pardji, M.Pd yang didampingi oleh Wakil Rektor I Dr. Dwi Payogo, M.Pd dan Wakil Rektor II Dr. Bambang Sugeng, M.Pd.

 

Mengawali pertemuan, Direktur UT Surabaya mengingatkan bahwa sebelum dilebur menjadi UNIPMA, UT Surabaya pernah menjalin kerja sama dengan IKIP PGRI Madiun, seperti penggunaan gedung perkuliahan untuk tempat pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) dan beberapa dosen pernah dilibatkan menjadi tutor untuk kegiatan tutorial program D2 dan S1 PGSD dan PGPAUD. Jalinan kerja sama yang terbangun tersebut diharapkan dapat dikembangkan dan ditingkatkan dalam bentuk kerjasama penyelenggaraan perkuliahan Jarak Jauh atau kuliah online untuk mata kuliah MKDU.

 

Beliau menambahkan, beberapa tahun lalu, pemerintah memang sempat melarang kuliah jarak jauh karena dikhawatirkan hanya akan dijadikan alat untuk mendapatkan ijazah tanpa kuliah yang nyata. Tapi kini, tampaknya pemerintah mulai berubah pikiran dengan rencana untuk mewajibkan kuliah jarak jauh. Hal ini sesuai dengan rencana Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristikdikti). Sebagai pilot project, tahun lalu UT sudah mulai bekerja sama dengan Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, menerapkan kuliah jarak jauh, dimana mahasiswa UNDIP menempuh mata kuliah MKDU, seperti Bahasa Indonesia, Agama Islam dan Pendidikan Kewarganegaraan dengan sistem Jarak Jauh atau kuliah online melalui UT.

 

madiun 5

Penjajakan Kerjasama dengan Universitas PGRI Madiun (UNIPMA).

Direktur UT Surabaya memberikan brosur UT kepada Rektor UNIPMA Dr. Pardji, M.Pd.


Lebih lanjut, Direktur UT Surabaya menyampaikan bahwa kepercayaan yang diberikan Dirjen Dikti tersebut, karena selama ini UT telah berpengalaman dalam menyelenggarakan pendidikan jarak jauh. Lewat layanan kuliah online atau yang sering disebut tutorial online, dosen UT tidak terbatas hanya melayani mahasiswa di Kota Madiun, tetapi juga dapat membimbing mahasiswa sampai ke polosok daerah terpencil. Keberhasilan yang dicapai UT tidak terlepas dari perkembangan penggunaan internet sehingga di era digital ini semakin mendorong pembelajaran tak tersekat lagi di ruang kelas, tetapi mahasiswa UNIPMA nantinya bisa mendapatkan fasilitas Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Ia juga menyebutkan, bahwa jika UNIPMA bekerja sama dengan UT, maka dosen-dosen UNIPMA nantinya tetap diberi kesempatan untuk mengampu mata kuliah di UT. Bahkan, dosen UNIPMA tidak terbatas hanya mengajar mahasiswa yang ada di fakultas, tetapi dapat menambah pengalaman mengajar pada fakultas lain, karena sistem kuliah di UT mahasiswa dapat mengambil mata kuliah lintas fakultas.


 

Rektor UNIPMA menyambut baik tawaran yang disampaikan Direktur UT Surabaya dan pada ksempatan ini menyampaikan UNIPMA akan mempelajari terlebih dahulu program apa yang perlu dikembangkan dengan UT. Terkait dengan, tawaran pengelolaan mata kuliah MKDU, Rektor UNIPMA sangat mengaprersiasi dan langsung memerintahkan Warek I untuk mengidentifikasi mata kuliah apa saja yang dapat dilaksanakan secara online di UT. Diharapkan tahun ini, UNIPMA sudah dapat mengikutsertakan mahasiswanya menempuh mata kuliah dengan sistem Pendidikan Jarak Jauh di UT.

 

Kegiatan sosialisasi dan promosi terakhir dilakukan dengan kunjungan ke kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Madiun. Direktur UT Surabaya didampingi oleh pengurus Pokjar Kota Madiun, Drs. Supriarjo yang juga menjabat sebagai Kabid Pendidikan Dasar dan TK SD di Kantor Dinas Pendidikan Kota Madiun. Kedatangan Direktur UT Surabaya disambut oleh Sekretaris BKD Kota Madiun Ibu Dwi dan Kepala BKD, Drs. Haris Rahmanuddin.

 



madiun 6

                                                        

Foto bersama Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Madiun setelah melakukan sosialisasi dan penjajakan kerjasama dengan UPBJJ-UT Surabaya.

 


Dalam kesempatan tersebut, Direktur UT Surabaya tak lupa menyampaikan selamat atas promosi jabatan yang diemban bu Dwi yang sebelumnya bertugas sebagai Kabid Pendidikan Dasar dan TK SD dan saat ini dipercaya sebagaio SEkretaris BKD Kota Madiun. Melalui jabatan baru ini, dapat membantu promosi UT di Kota Madiun. Selama ini Dinas Pendidikan Kota Madiun sudah memberikan bantuan beasiswa bagi guru PGSD dan PAUD yang sudah sarjana tetapi tidak linier untuk melanjutkan studi pada program PGSD – BI melalui UT. Jika sebelumnya beasiswa hanya bagi guru yang berstatus PNS, mungkin kedepan bisa diberikan juga pada guru-guru honorer.

 

 

Kepala BKD Kota Madiun, Drs. Haris Rahmanuddin, menyampaikan bahwa regulasi yang ada saat ini tidak memungkinkan memberikan bantuan beasiswa untuk guru honorer. Namun, ada beberapa kerjasama yang bisa dilakukan antara BKD Kota Madiun dengan UT Surabaya, misalnya memberikan informasi kepada para Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Kota Madiun untuk melanjutkan studi kejenjang S1, S2 dan S3 di UT. Dalam waktu dekat, BKD Kota Madiun akan mencoba mendata ASN yang belum S1, dan bagi yang sudah S1 diarahkan untuk menempuh jenjang S2, khususnya guru SD dan Kepala Sekolah, serta para pejabat yang berencana menempu S3 akan dibantu dalam proses penerbitan tugas atau ijin belajar.

 

Semoga sosialisasi di kota Madiun ini membawa hasil yang menggembirakan dan beberapa rintisan kesepakatan kerja sama dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta dapat terwujud dalam waktu yang tidak terlalu lama sehingga jumlah mahasiwa UT Surabaya dapat terus meningkat. Amin.

 

Kontributor: Pardamean Daulay



Berita Terbaru

TUTOR UT SURABAYA BERSINERGI MENCERDASKAN BANGSA
TUTOR UT SURABAYA BERSINERGI MENCERDASKAN BANGSA

  TUTOR UT SURABAYA BERSINERGI MENCERDASKAN BANGSA
Demi menjawab tantangan global, pemerintah mencanangkan untuk meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Tinggi yang ditargetkan mencapai 50 persen pada lima tahun mendatang. AP [ ... ]

UT Surabaya Gelar OSMB Pertama Bagi Mahasiswa Prog...
UT Surabaya Gelar OSMB Pertama Bagi Mahasiswa Program Doktor

UT Surabaya Gelar OSMB Pertama
Bagi Mahasiswa Program Doktor
  Agar sukses kuliah di UT, diperlukan Duiiiit, tapi bukan uang/money ya", melainkan DUIIIIT yaitu Doa - Usaha - Ikhtiar - Ikhlas - Inisiatif - Istiqomah - Istighfar dan Tawakal. Dem [ ... ]

Untuk Memantapkan Menjadi Mahasiswa UT yang Cerdas...
Untuk Memantapkan Menjadi Mahasiswa UT yang Cerdas, UT Surabaya Selenggarakan OSMB Prodi S1-Non Pendas dan Pendas Masa Registrasi 2020.1

Untuk Memantapkan Menjadi Mahasiswa UT yang Cerdas, UT Surabaya Selenggarakan OSMB Prodi S1-Non Pendas dan Pendas Masa Registrasi 2020.1  Universitas Terbuka sebagai Cyber University, penyelenggaraannya menerapkan sistem belajar jarak jauh deng [ ... ]

PAMERAN PERGURUAN TINGGI DI AUDITORIUM Dr. KH. MU...
PAMERAN PERGURUAN TINGGI  DI AUDITORIUM Dr. KH. MUSTA'IN ROMLY UNDAR JOMBANG

MENGAWALI 2020 UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA MENARIK MINAT BELAJAR MASYARAKAT PADA EXPO CAMPUS - PAMERAN PERGURUAN TINGGI DI AUDITORIUM Dr. KH. MUSTA'IN ROMLY UNDAR JOMBANG   Mengawali perjalanan 2020, UT Surabaya melakukan sosialisasi dan [ ... ]

PERKENALKAN PROGRAM DOKTOR, DIREKTUR UT SURABAYA ...

  PERKENALKAN PROGRAM DOKTOR, DIREKTUR UT SURABAYA BERI SAMBUTAN DIDEPAN PESERTA APEL PAGI KANTOR WALIKOTA MADIUN   Hingga saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengenal Universitas Terbuka secara menyeluruh. Hal ini terbukti d [ ... ]

Perkenalkan Program Doktor Administrasi Publik: U...

Perkenalkan Program Doktor Administrasi Publik: UT Surabaya Gandeng Sekda Kabupaten Jombang
Universitas Terbuka (UT) kembali mendapat kepercayaan dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk membuka program studi baru. [ ... ]

UT SURABAYA SIAP TINGKATKAN KUALITAS SDM DI KABUPA...

UT SURABAYA SIAP TINGKATKAN KUALITAS SDM DI KABUPATEN MAGETAN   Peningkan jumlah mahasiswa selalu menjadi agenda rutin yang harus terus menerus digelorakan. Dalam rangka itulah, Direktur Universitas Terbuka (UT) Surabaya Dr. Suparti, M.Pd di [ ... ]

Pengumuman

PERUBAHAN JADWAL SUO UJIAN ULANG (UJUL) MASA 2019....

Diberitahukan kepada seluruh Mahasiswa UT Surabaya, bahwa pelaksanaan SUO Ujian  [ ... ]

Layanan Informasi dan Keluhan

Layanan Informasi dan Keluhan  

Pembatalan Acara Wisuda 2020.1 Terkait Pencegahan ...

Menindaklanjuti surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 3549/A.A5/ [ ... ]

Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) ...

Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) Universitas Terbuka UPBJJ Sur [ ... ]

Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) Mahasiswa F...
Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB)  Mahasiswa FE, FHISIP, FST, & FKIP  Semester 2019/20.2 (2020.1)


Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) Mahasiswa FE, FHISIP, FST, & FKIP
 [ ... ]

Jadwal Pelaksanaan Ujian SUO Ujian Ulang (UJUL) da...

Jadwal Pelaksanaan Ujian SUO Ujian Ulang (UJUL) dan Reguler 2020.1
SUO adalah [ ... ]

PENGUMUMAN WISUDA UT SURABAYA 2020.1 (2019/2020.2)
PENGUMUMAN WISUDA UT SURABAYA 2020.1 (2019/2020.2)

PENGUMUMAN WISUDA UT SURABAYA 2020.1 (2019/2020.2)
Untuk dapat mengikuti  [ ... ]

pemberkasan.ut.ac

laman kit

laman tutor

lmn mahasiswa

lmn pokjar

Follow Us : facebook  twitter  feed  google