Loading…
  • 0
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
<<< Selamat Datang di Website UPBJJ-UT Surabaya, Kampus C Unair Jl. Mulyorejo Surabaya 60115 Telp. 031 - 5961861, 5961862, Faks. 031 - 5961860; SMS Center. 0895-6170-34951 E-mail: ut-surabaya@ecampus.ut.ac.id Media Sosial : https://www.facebook.com/ut.surabaya ---- https://twitter.com/ut_sby ---->>>>


AKSI TERBUKA UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA

at 1

Branding adalah salah satu hal penting bagi sebuah institusi untuk menunjukan eksistensinya. Hal ini juga telah dilakukan oleh Universitas Terbuka (UT) agar semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk melakukan sosialisasi dan promosi Universitas Terbuka dan salah satunya terwujud dalam rangkaian kegiatan Aksi Terbuka yang diselenggarakan oleh Universitas Terbuka Surabaya pada tanggal 30 Oktober 2019 hingga 1 November 2019.

at 2at 3

Dalam rangkaian kegiatan Aksi Terbuka, Universitas Terbuka melakukan kegiatan Edukasi Program Pascasarjana di Pesantren Tebuireng, Jombang pada tanggal 30 Oktober 2019. Kegiatan ini diikuti oleh para Guru Matematika dan Bahasa Inggris di lingkungan yayasan pendidikan Pesantern Tebuireng, Jombang. Sebanyak 64 guru Matematika dan Bahasa Inggris yang mengikuti kegiatan tersebut tampak sangat antusias dan tertarik dengan program-program studi pascasarjana yang ditawarkan oleh Universitas Terbuka. Terjadi dialog interaktif antara peserta dan narasumber yaitu Direktur UT Surabaya, Dr. Suparti, M.Pd., terkait dengan berbagai program Pascasarjana di UT baik program Magister maupun Doktor.

at 4at 5

Rangkaian kegiatan Aksi Terbuka dilanjutkan pada tanggal 31 Oktober 2019 yang dilaksanakan pada forum MKKS SMA Negeri Kabupaten Jombang tepatnya berlokasi di SMA Negeri 2 Jombang. Pada kegiatan tersebut, Direktur UT Surabaya melakukan edukasi tentang berbagai program studi di UT, baik program Sarjana maupun program Pascasarjana. Terdapat perwakilan dari 10 SMA Negeri di Kabupaten Jombang yang hadir pada kegiatan tersebut. Sambutan para Kepala SMA Negeri di Kabupaten Jombang sangat baik dan beberapa dari Kepala Sekolah yang hadir ingin UT Surabaya melakukan sosialisasi program Sarjana di sekolah mereka.


at 6

Selain melalui edukasi program studi UT, rangkaian kegiatan Aksi Terbuka juga berupa Lomba Baca Berita yang dilakukan dengan kerjasama antara UT Surabaya, BBS TV, dan Pesantren Tebuireng-Jombang. Sebanyak 100 peserta dari berbagai Sekolah Menengah Atas atau Madrasah Aliyah baik Negeri maupun Swasta di Jombang dan sekitarnya termasuk Gresik, turut serta dalam Lomba Baca Berita tersebut. Lomba Baca Berita ini dilakukan pada 1 November, mulai pukul 09.00 hingga pengumuman juara pada pukul 16.00 WIB.

at 7

Dari seratus peserta, Juara 1 Lomba Baca Berita diraih oleh Vaniesa Cahya I.P. dari SMA Negeri Bareng, Juara 2 diraih oleh Lelyta Auliya dari SMK Negeri Jombang, Juara 3 diraih oleh Ahmad Dzulfikar dari MASS Tebuireng, Harapan 1 diraih oleh Sonia Eka Noer Aini dari SMA Negeri Bareng, Harapan 2 diraih oleh Dimas Setyo N dari MASS Tebuireng, dan Harapan 3 diraih oleh Thania Wahyu A dari MAN 1 Gresik. Pememang Juara 1 mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp. 2.000.000, juara 2 Rp. 1.500.00, juara 3 Rp. 1.000.000, juara harapan 1 Rp. 750.000, juara harapan 2 Rp. 500.000, dan juara harapan 3 Rp. 250.000.

Setelah Lomba Baca Berita berakhir, acara puncak dalam rangkaian kegiatan Aksi Terbuka 2019 Universitas Terbuka Surabaya dilaksanakan pada Jum’at malam tanggal 1 November 2019 yang dimulai sekitar pukul 20.00. Acara puncak ini diawali dengan penyerahan hadiah pada para juara dalam Lomba Baca Berita yang diserahkan langsung oleh Direktur UT Surabaya dan Wakil Rektor II Universitas Terbuka, Drs. Moh. Muzammil, M.M.

at 8

Acara yang juga dikemas dalam Sinau Bareng Kiai Kanjeng dan Cak Nun ini dihadiri oleh Wakil Rektor II Universitas Terbuka Drs. Moh. Muzammil, M.M.; wakil Gubernur Jawa Timur Dr. H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc; Perwakilan Pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang, KH. Abdul Hakim Mahfudz; Perwakilan dari Bupati Jombang; Perwakilan dari Kodim Kabupaten Jombang; Perwakilan Polsek Kabupaten Jombang; serta para Pengasuh Pesantren di wilayah Kabupaten Jombang.

Emha Ainun Nadjib yang lebih dikenal dengan Cak Nun atau Mbah Nun menyampaikan banyak hal seputar tema “Belajar Tanpa Batas”. Topik-topik tentang bagaimana membaca menjadi kunci belajar, bagaimana peran pesantren dalam belajar, bagaimana Universitas Terbuka menjadi media belajar tanpa batas, bagaimana belajar menjadi manusia yang utuh dan menjadi warga negara yang sesugguhnya, telah dikupas habis melalui dialog interaktif bersama para penonton yang mencapai ratusan. Cak Nun juga menekankan bagaimana belajar harus dilaksanakan sepanjang hayat, dan Universitas Terbuka telah mengaplikasikan konsep ini dengan mewujudkan konsep belajar Terbuka dan Jarak Jauh. Di Universitas Terbuka, semua orang bisa menempuh pendidikan tinggi, tanpa ada batasan usia, latar belakang, jarak, dan waktu.

Dr. H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc. juga memotivasi generasi muda agar mampu berpikir kritis serta mampu melihat permasalahan yang terjadi dalam masyarakat dari berbagai sudut pandang. Sosok Wakil Gubernur Jawa Timur ini tak hanya menyampaikan opini dan memotivasi, namun juga turut memeriahkan acara puncak Aksi Terbuka dengan menyanyikan lagu bersama para penonton.

at 9

Dalam acara puncak itu pula, kerjasama antara UT Surabaya dan Pesantren Tebuireng terjalin. Hal ini ditandai dengan ditandatanganinya MOU Kerjasama antara UT Surabaya dan Pesantren Tebuireng yang ditandatangani oleh Direktur UT Surabaya, Dr. Suparti, M.Pd. dan perwakilan Pesantren Tebuireng Jombang, KH. Abdul Hakim Mahfudz atau lebih dikenal dengan Gus Kikin.

Waktu yang menunjukkan pukul 00.00 WIB tidak menyurutkan antusiasme dari penonton. Pekikan kalimat sholawat tetap membahana dan sahut menyahut. Rangkaian “Aksi Terbuka” yang dilaksanakan oleh UT Surabaya berkerjasama dengan Pesantren Tebuireng dan BBS TV ditutup dengan ajakan Cak Nun untuk rehat sejenak dengan menyanyikan beberapa lagu mulai lagu nasional, lagu era 50an, 60an, sampai 90an dan lagu hits terbaru.

Para penonton pulang dengan wajah gembira dan banyak pula yang menunjukkan minat untuk menjadi mahasiswa Universitas Terbuka sebagaimana terlihat dari hasil angket yang disebarkan kepada para penonton pada acara puncak Aksi Terbuka Universitas Terbuka Surabaya.

 

Kontributor: Dewi Wardah, Handika Bhaskara Pratama

Berita Terbaru

PAMERAN PERGURUAN TINGGI DI AUDITORIUM Dr. KH. MU...
PAMERAN PERGURUAN TINGGI  DI AUDITORIUM Dr. KH. MUSTA'IN ROMLY UNDAR JOMBANG

MENGAWALI 2020 UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA MENARIK MINAT BELAJAR MASYARAKAT PADA EXPO CAMPUS - PAMERAN PERGURUAN TINGGI DI AUDITORIUM Dr. KH. MUSTA'IN ROMLY UNDAR JOMBANG   Mengawali perjalanan 2020, UT Surabaya melakukan sosialisasi dan [ ... ]

PERKENALKAN PROGRAM DOKTOR, DIREKTUR UT SURABAYA ...

  PERKENALKAN PROGRAM DOKTOR, DIREKTUR UT SURABAYA BERI SAMBUTAN DIDEPAN PESERTA APEL PAGI KANTOR WALIKOTA MADIUN   Hingga saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengenal Universitas Terbuka secara menyeluruh. Hal ini terbukti d [ ... ]

Perkenalkan Program Doktor Administrasi Publik: U...

Perkenalkan Program Doktor Administrasi Publik: UT Surabaya Gandeng Sekda Kabupaten Jombang
Universitas Terbuka (UT) kembali mendapat kepercayaan dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk membuka program studi baru. [ ... ]

UT SURABAYA SIAP TINGKATKAN KUALITAS SDM DI KABUPA...

UT SURABAYA SIAP TINGKATKAN KUALITAS SDM DI KABUPATEN MAGETAN   Peningkan jumlah mahasiswa selalu menjadi agenda rutin yang harus terus menerus digelorakan. Dalam rangka itulah, Direktur Universitas Terbuka (UT) Surabaya Dr. Suparti, M.Pd di [ ... ]

RAPAT KERJA PENGURUS POKJAR 2020.1: KERJASAMA SOLI...

RAPAT KERJA PENGURUS POKJAR 2020.1: KERJASAMA SOLID DEMI MEWUJUDKAN PENDIDIKAN TINGGI UNTUK SEMUA   Rapat Kerja & Pembinaan Pengurus Kelompok Belajar (Pokjar) Mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Surabaya adalah sebuah kegiatan rutin yang  [ ... ]

UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA PADA PAMERAN PENDIDIK...
UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA PADA PAMERAN PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI EXPO 2019 DI KABUPATEN SIDOARJO

UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA PADA PAMERAN PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI EXPO 2019 DI KABUPATEN SIDOARJO Melalui sosialisasi dan promosi (sosprom) program pembelajaran Universitas Terbuka (UT) di Provinsi Jawa Timur, tim sosprom UT Surabaya yang terd [ ... ]

UT SURABAYA DALAM PAMERAN PERGURUAN TINGGI & PENDI...
UT SURABAYA DALAM PAMERAN PERGURUAN TINGGI & PENDIDIKAN PROFESI 2019 DI KABUPATEN SAMPANG DAN BANGKALAN

UT SURABAYA DALAM PAMERAN PERGURUAN TINGGI & PENDIDIKAN PROFESI 2019 DI KABUPATEN SAMPANG DAN BANGKALAN
Universitas Terbuka Surabaya mengadakan sosialisasi dan promosi (sosprom) dengan mengikuti Pameran Pendidikan Tinggi dan Pendidikan Profesi [ ... ]

Pengumuman

Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) ...

Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) Universitas Terbuka UPBJJ Sur [ ... ]

Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) Mahasiswa F...
Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB)  Mahasiswa FE, FHISIP, FST, & FKIP  Semester 2019/20.2 (2020.1)


Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) Mahasiswa FE, FHISIP, FST, & FKIP
 [ ... ]

Jadwal Pelaksanaan Ujian SUO Ujian Ulang (UJUL) da...

Jadwal Pelaksanaan Ujian SUO Ujian Ulang (UJUL) dan Reguler 2020.1
SUO adalah [ ... ]

PENGUMUMAN Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) 2020...
   PENGUMUMAN Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) 2020.1 (2019/2020.2)

PENGUMUMAN Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) 2020.1 (2019/2020.2)
Sehubungan  [ ... ]

Daftar Peserta SUO Reguler Masa 2019.2
Daftar Peserta  SUO Reguler  Masa 2019.2

Daftar Peserta  SUO Reguler  Masa 2019.2

Sistem ujian Online (SUO)  [ ... ]

Daftar Nama Mahasiswa UPBJJ-UT Surabaya yang Terja...
Daftar Nama Mahasiswa UPBJJ-UT Surabaya yang Terjaring Treatment/Tugas Matakuliah/Remidiasi 2019/20.2

Daftar Nama Mahasiswa UPBJJ-UT Surabaya yang Terjaring Treatment/Tugas Matakulia [ ... ]

"Program Doktor (S3) Universitas Terbuka"

  "Program Doktor (S3) Ilmu Administrasi Publik Universitas Terbuka" &nbs [ ... ]

pemberkasan.ut.ac

laman kit

laman tutor

lmn mahasiswa

lmn pokjar

Follow Us : facebook  twitter  feed  google