Loading…
  • 0
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
<<< Selamat Datang di Website UPBJJ-UT Surabaya, Kampus C Unair Jl. Mulyorejo Surabaya 60115 Telp. 031 - 5961861, 5961862, Faks. 031 - 5961860; SMS Center. 0895-6170-34951 E-mail: ut-surabaya@ecampus.ut.ac.id Media Sosial : https://www.facebook.com/ut.surabaya ---- https://twitter.com/ut_sby ---->>>>


 

MENUMBUHKEMBANGKAN POTENSI DIRI MAHASISWA BIDIKMISI

DAN CSR MELALUI BERBAGAI PELATIHAN KEMAHASISWAAN

UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA


Universitas Terbuka (UT) sebagai salah satu Perguruan Tinggi (PT) yang ditunjuk pemerintah, baik sebagai penyelenggara program Bidikmisi maupun Corporate Social Resposibility (CSR) tentunya juga berkewajiban menjaga kualitas dalam hal pelaksanaan hingga dapat meluluskan mahasiswa penerima beasiswa tersebut. Karena secara moral, bantuan beasiswa dari pemerintah tersebut “wajib” dikembalikan oleh penerima beasiswa dalam bentuk keberhasilan akademik berupa kelulusan dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) yang memenuhi standar baik atau sangat baik. Di samping itu, diharapkan saat menjadi mahasiswa UT jiwa kemandirian dalam belajar sangat diperlukan untuk menunjang prestasi akademik mahasiswa, karena UT yang menerapkan sistem belajar jarak jauh menuntut kemandirian mahasiswanya. Jiwa kemandirian diharapkan dapat berlanjut, baik saat masih kuliah dan dilanjutkan setelah mahasiswa Bidikmisi atau CSR lulus dari UT. Salah satu tujuannya yaitu agar dapat mandiri dalam mengembangkan potensi diri, sehingga berdampak positifuntuk keluarga serta bermanfaat di masyarakat sekitarnya.

Untuk memfasilitasi ketercapaian tujuan tersebut yaitu menciptakan mahasiswa yang berkualitas dan profesional, selain memberikan layanan pembelajaran melalui kegiatan tutorial, UT juga melengkapi layanannya dengan layanan tambahan, setidaknya sekali dalam setiap semester kepada mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi/CSR, melalui berbagai kegiatan pelatihan. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pada setiap semester, khususnya bagi mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi dan atau CSR yang memperoleh beasiswa dari perusahaan.

Pada masa registrasi 2018/2019.2 (2019.1), tepatnya pada hari Minggu, 19 Mei 2019, secara serentak dilaksanakan kegiatan Pelatihan Mahasiswa Bidikmisi dan CSR di 4 kabupaten yaitu Tuban, Mojokerto, Jombang, dan Ponorogo. Masing-masing mengusung tema sesuai dengan kebutuhan mahasiswanya, sesuai dengan semester yang ditempuh. Untuk kabupaten Tuban terdapat dua kelas Prodi S1 Administrasi Negara, bertema “Entrepreneur Mindset, Wirausaha, solusi mengubah nasib keluarga dan memajukan bangsa”, narasumber : Imam Ma’arif, seorang Praktisi Agribisnis Syariah dariTuban dan kelas S1 Manajemen bertema “Menangkap Peluang Usaha dari Tuban”, sebagai narasumber : Agus Amin Jaya, S.E.,M.M., Direktur BUMD Bumi Ronggolawe Tuban. Bertempat di aula dan kelas SMPN 7 Tuban, Jl. DR. Wahidin Sudirohusodo Jalan Nakula No.1, Sidorejo, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban . Melalui kedua tema tersebut mahasiswa diharapkan memiliki semangat entrepreuner sehingga dapat menciptakan peluang kerja secara mandiri, dengan melihat potensi di wilayahnya sendiri yaitu kab. Tuban.

Peserta pelatihan terdiri atas mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi, yakni mahasiswa Program Studi S1 Manajemen di Kabupaten Tuban sebanyak 35 orang, yang hadir 30 peserta. Hadir dalam acara tersebut untuk mendampingi peserta selama pelatihan adalah Ketua Pengurus PBI Kabupaten Tuban, Ibu Sri Hidajati, S.Sos.,M.Kom.dan Pengurus Pokjar Dinas Pendidikan kab. Tuban Kiswanti, SPd. Acara pelatihan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan Hymne UT, doa dan pembukaan secara resmi oleh manager Bahan Ajar dan Tutorial, Drs. Dwi Sambada, M.Pd, mewakili Direktur UT Surabaya. Dalam kesempatan membuka acara tersebut disampaikan bahwa acara Pelatihan Kewirausahaan ini merupakan layanan UT yang sangat baik dan disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa. Kemandirian yang sudah dilakukan selama belajar di UT, sepantasnya dapat berlanjut setelah lulus dan terjun di masyarakat. Melalui kegiatan ini, mahasiswa diberikan bekal yang dapat melengkapi ilmu yang telah diperoleh dalam studi di UT untuk mengenal dan mengembangkan usaha di dunia entrepreunership.

Foto : Persiapan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UT saat pelatihan  di kab. Tuban.


Agus Amin Jaya, S.E.,M.M, sebagai narasumber sangat piawai untuk menarik minat peserta diawali dengan pemutaran video berdurasi pendek untuk ditanggapi peserta pelatihan. Selanjutnya disampaikan beberapa ucapan dan kata-kata kunci dari beberapa tokoh entrepreneur misalnya Bob Sadino “Orang pinter gampang cari kerja, dia jadi karyawan, orang bodoh susah cari kerja, dia buka usaha, akhirnya banyak orang pintar yang punya boss orang bodoh”, “jangan berprinsip harus punya uang untuk memulai berusaha, coba dibalik, harus ada usaha untuk menghasilkan uang”. Begitu juga Imam Ma’arif, seorang praktisi di dunia Agribisnis banyak mempresentasikan kiat-kiatnya di dunia pertanian. Banyak saran dan pesan yang beliau sampaikan kepada peserta agar tidak hanya berkeinginan jadi pegawai saja, tapi harus bisa punya usaha yang nantinya dapat mengubah nasib mahasiswa dan keluarga bahkan dapat memiliki banyak pegawai sehingga bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Foto : Peserta pelatihan antusias memperhatikan narasumber saat presentasi.


Banyak informasi dan kiat-kiat untuk menjadi wirausahawan yang sukses, kita harus bisa belajar dari kegagalan, narasumber yang sudah sering mendapatkan penghargaan diantaranya dari MURI tersebut menyampaikan 3 kunci internal dalam persaingan usaha yaitu jadilah yang pertama (be the first), jadilah yang terbaik dan terbesar ( be the best or biggest), jadilahn yang paling beda/unik, hanya anda yang memiliki atau memiliki identitas ( be the different).

Pelatihan kewirausahaan mahasiswa Bidikmisi kabupaten Mojokerto Prodi Manajemen semester II, dengan tema Digital Marketing dengan narasumber Mukhlis Gunawan, SM., dengan tema “Personal Excellent” sebagai narasumber Dian Saputra,Ct Nnlp.,seorang profesional spiritual Life Coach untuk pelatihan mahasiswa semester IV. Kegiatan pelatihan berlangsung di Aula SMKN 1, Jl. RA. Basuni, Sooko, Mojokerto yang diikuti sekitar 50-an mahasiswa di dua kelas.Hadir dalam pembukaan acara Sekdakab. Jombang Dr. H. Ahmad Jazuli, SH.,M.Si yang berkesempatan memberikan sambutan, setelah acara dibuka oleh Direktur UT Surabaya yang diwakili oleh Drs. Abas Asmono. Dian Saputra menyampaikan bahwa ada 2 kompetensi yang wajib dipelajari untuk menjadi personal excellence berupa Soft Skill yang meliputi cara kerja pikiran, emosional dan spiritual dan Hard Skill meliputi kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi expert dan unik.

Foto : Sekdakab. Jombang Dr. H. Ahmad Jazuli, SH.,M.Si turut memberikan pengarahan saat kegiatan di

Mojokerto.

 

Pokjar Kabupaten Jombang, kegiatan pelatihan mahasiswa Bidikmisi dan CSR dilaksanakan di Pondok Miftahus Sa’adah Mojoagung, Mancilan, Kab. Jombang yang terdiri dari 2 kelas mahasiswa Bidikmisi Prodi Ekonomi Pembangunan, semester VIII dan S1 Akuntansi semester VIII dan 1 kelas CSR, Prodi S1 Akuntansi semester VI dengan tema antara lain “Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship” : Sebagai Pilihan Karir Calon-Calon Akuntan” sebagai narasumber Dr. Muchtar, S.E.,M.Si.,Wakil Rektor Universitas darul Ulum Jombang. Tema kedua yaitu “Pengoperasian Dan Pemanfaatan TIK Untuk Mengolah Data di Komputer” sebagai narasumber Ahmad Muklason, S.Kom., M.Sc.,Ph.D., dosen Institut Teknologi 10 November Surabaya . Kelas yang ketiga berupa pelatihan terkait “Public Speaking” sebagai narasumber yang dipilih Dr. Yuniseffendri, M.Pd., Ketua UPM S-3 Pascasarjana Unesa. Acara dibuka Bapak Mujono, SE, mewakili Direktur UT Surabaya.

Kegiatan pelatihan di kabupaten Ponorogo yang dikoordinir oleh Manajer Registrasi dan Pengujian, Drs. Pramonoadi, M.Pd, dengan tema “Optimasi diri melalui Public Speaking” bersama narasumber : Drs. Sugiyanto, M.Pd., diikuti mahasiswa S1 Akuntansi dan S1 Manajemen sebanyak 43 peserta dilaksanakan di SMK PGRI 1 Jl. Irawan, No. 13 Ponorogo.

Foto : Narasumber dan peserta sangat aktif dengan pertanyaan dan tanggapan yang disampaikan penyaji.

 

Disemua tempat kegiatan pelatihan para peserta wajib membuat atau mengerjakan kertas kerja sesuai dengan tema yang harus dikumpulkan sebagai bukti keikutsertaan dan alat evaluasi seberapa jauh tingkat pemahaman mahasiswa terkait dengan materi dari narasumber, baik di Tuban, Mojokerto, Jombang dan Ponorogo. Pelatihan diakhiri pukul 12.30 dengan penyampaian cenderemata berupa Goodybag UT, dan foto bersama narasumber dan pengurus pokjar masing-masing.

Foto : Peserta Public Speaking, foto bersama usai acara pelatihan.

 

Kemandirian dan kerja keras merupakan modal utama dalam belajar dan berwirausaha, untuk merintis kehidupan yang lebih baik lagi”.

 

Kontributor : D. Sambada, Pramonoadi, Mujono, Abas, Agus P, Eko, Wahyu dan Sugito.


 



 

Berita Terbaru

KEGIATAN PADUAN SUARA “GITA BAHANA PITALOKA“ M...
KEGIATAN PADUAN SUARA “GITA BAHANA PITALOKA“ MAHASISWA POKJAR UT SURABAYA

KEGIATAN PADUAN SUARA “GITA BAHANA PITALOKA“ MAHASISWA POKJAR UT SURABAYA Paduan suara merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa [UKM] Universitas Terbuka Surabaya yang berada di Pokjar Pitaloka Kota Surabaya. UKM ini dibentuk untuk menampun [ ... ]

Halal Bihalal Keluarga Besar UT Surabaya Meraih Ke...

Halal Bihalal Keluarga Besar UT Surabaya Meraih Kesuksesan dengan Bersyukur kepada Allah   Halal Bihalal sebagai agenda rutin UT Surabaya, tahun ini diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 12 Juni 2019 bertempat di Ruang Pertemuan Lantai 1 UT  [ ... ]

PENINGKATAN KOMPETENSI APARATUR DESA-CONCERN PEMER...

PENINGKATAN KOMPETENSI APARATUR DESA-CONCERN PEMERINTAH KABUPATEN PONOROGO, FOKUS UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA Sebagai tindak lanjut Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas Terbuka Surabaya dan Pemerintah Kabupaten Pon [ ... ]

PERESMIAN TAX CENTER UT SURABAYA
PERESMIAN TAX CENTER UT SURABAYA

PERESMIAN TAX CENTER UT SURABAYA   Sebagai hasil tindak lanjut kerja sama Universitas Terbuka (UT) dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP), pada hari Rabu tanggal 22 Mei 2019 Universitas Terbuka Surabaya dilaksanakan peresmian Tax Center yang  [ ... ]

MENUMBUHKEMBANGKAN POTENSI DIRI MAHASISWA BIDIKMIS...

  MENUMBUHKEMBANGKAN POTENSI DIRI MAHASISWA BIDIKMISI DAN CSR MELALUI BERBAGAI PELATIHAN KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA
Universitas Terbuka (UT) sebagai salah satu Perguruan Tinggi (PT) yang ditunjuk pemerintah, baik sebagai pen [ ... ]

BAKTI SOSIAL “UT SURABAYA PEDULI 2019”

BAKTI SOSIAL “UT SURABAYA PEDULI 2019”
Kami adalah bagian dari mereka. Mereka adalah bagian dari kami. Begitulah mungkin ungkapan yang pas untuk menggambarkan kepedulian seluruh Pegawai UT Surabaya terhadap Warga RW 01 Kelurahan Mulyorejo, Kec [ ... ]

KOMITMEN DALAM PENINGKATAN KUALITAS SDM UT SURABAY...
KOMITMEN DALAM PENINGKATAN KUALITAS SDM UT SURABAYA SELENGGARAKAN PELATIHAN ESQ ‘YOU CAN WIN’

KOMITMEN DALAM PENINGKATAN KUALITAS SDM UT SURABAYA SELENGGARAKAN PELATIHAN ESQ ‘YOU CAN WIN   Aset terbesar sebuah organisasi bukanlah aset tetap seperti tanah, bangunan, dan peralatan kantor; tetapi sumber daya manusia (SDM). Sebesar a [ ... ]

Pengumuman

Daftar Peserta SUO Reguler 2018/2019.2 (2019.1)
Daftar Peserta  SUO Reguler  2018/2019.2 (2019.1)

Daftar Peserta  SUO Reguler  2018/2019.2 (2019.1)

Sistem ujian Onli [ ... ]

PEMILIHAN DUTA UT 2019
PEMILIHAN DUTA UT 2019

  PEMILIHAN DUTA UT 2019   Universitas Terbuka (UT) adalah Pergurua [ ... ]

Klinik Persiapan UAS 2019.1 UT Surabaya

Teman-teman mahasiswa Universitas Terbuka Kota Surabaya, dalam rangka persiapan  [ ... ]

UNDANGAN MENGIKUTI WISUDA DI UT PUSAT

UNDANGAN MENGIKUTI WISUDA DI UT PUSAT
  Para Wisudawan/wati yang Berbah [ ... ]

DAFTAR NAMA PESERTA YUDISIUM TAHUN 2019 TAHAP II U...

DAFTAR NAMA PESERTA YUDISIUM TAHAP II TAHUN 2019 UNIVERSITAS TERBUKA   [ ... ]

MATERI PENYELENGGARAAN PRAKTIK PROGRAM STUDI AGRIB...

MATERI PENYELENGGARAAN PRAKTIK PROGRAM STUDI AGRIBISNIS   Kepada mahasisw [ ... ]

jtv

laman kit

laman tutor

lmn mahasiswa

lmn pokjar

Follow Us : facebook  twitter  feed  google