Loading…
  • 0
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
<<< Selamat Datang di Website UPBJJ-UT Surabaya, Kampus C Unair Jl. Mulyorejo Surabaya 60115 Telp. 031 - 5961861, 5961862, Faks. 031 - 5961860; SMS Center. 0895-6170-34951 E-mail: ut-surabaya@ecampus.ut.ac.id Media Sosial : https://www.facebook.com/ut.surabaya ---- https://twitter.com/ut_sby ---->>>>


PELAKSANAAN ORIENTASI STUDI MAHASISWA BARU MASA REGISTRASI 2018/2019.2

UNIVERSITAS TERBUKA UPBJJ-UT SURABAYA


Universitas Terbuka, UPBJJ-UT Surabaya pada masa registrasi 2018/2019.2 menerima 1756 mahasiswa baru jenjang S1. Mereka terdiri atas 1006 dari Program Studi S1 PGSD dan PGPAUD, serta 750 dari Program Studi selain S1 PGSD dan PGPAUD, seperti S1 Manajemen, Akuntansi, Ilmu Hukum, Komunikasi, Sastra Inggris, Adminitrasi Negara, Administrasi Niaga, dan program studi lainnya (FE 438 orang, FHISIP 259 orang, FKIP Non PGSD dan PGPAUD 24 orang, dan FMIPA 29 orang). Sementara itu, UT Surabaya juga menerima mahasiswa baru jenjang S2 fully online dengan jumlah mahasiswa 5 orang.

Mahasiswa baru tersebut berasal dari 18 kabupaten/kota di Jawa Timur, yaitu: Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Jombang, Kabuapaten Gresik, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Tuban, Kota/Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Magetan, Kabupaten dan Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Pamaekasan, dan Kabupaten Sumenep.

Bagi UT Surabaya, menyiapkan para mahasiswa untuk mengikuti pembelajaran nontatap muka bukanlah hal yang mudah. Mereka harus mampu mengubah pola belajar dan kesiapan mental. Oleh karena itu, mereka wajib mengikuti kegiatan Edukasi Keterampilan Belajar Mahasiswa (EKBM), yang di dalamnya meliputi kegiatan OSMB (Orientasi Studi Mahasiswa Baru) dan PKBJJ (Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh).

OSMB diselenggarakan dalam tiga tahap, yaitu (1). Pada Hari Sabtu, tanggal 9 Maret 2019 di Kota Surabaya (tempat di Ruang Fajar Notonagoro FEB UNAIR) dan di Kabupaten Jombang ( tempat di SMKN 3 Jombang). (2) Pada Hari Minggu, tanggal 10 Maret 2019 di Surabaya (tempat di Ruang Fajar Notonagoro FEB UNAIR), di Ponorogo (tempat di Gedung KORPRI), di Lamongan (tempat Aula UNMUH), (3) Pada hari Sabtu, tanggal 16 Maret 2019 di Kabupaten Tuban (tempat Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban).

OSMB merupakan kegiatan pengenalan pada mahasiswa baru mengenai proses belajar di UT yang menerapkan sistem belajar jarak jauh, sehingga para mahasiswa baru wajib untuk mengikuti OSMB. Adapun tujuan OSMB bagi mahasiswa adalah: (1) mempersiapkan mahasiswa UT agar mampu belajar mandiri dan mematuhi norma-norma yang berlaku di UT, khususnya terkait dengan Kode Etik dan Tata Tertib mahasiswa, dan (2) menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di UPBJJ-UT secara maksimal.

Khusus di Kabupaten Ponorogo OSMB dibuka oleh Wakil Bupati Ponorogo Bapak Dr. H. Soedjarno, M.M. dan dihadiri Kepala Dinas Kabupaten Ponorogo Dra. Hj. Tutut Erliena, M.Pd. Demikian pula di Kabupaten Jombang, OSMB dihadiri Sekda Kabupaten Jombang Bapak Dr. Akh. Jazuli. Dan OSMB di Kabupaten Tuban dihadiri dan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban Bapak Drs. H. Nur Khamid, M.Pd. Materi yang diberikan pada para mahasiswa baru meliputi: (1) Pengenalan UT, Konsep Pendidikan Jarak Jauh dan Sistem Pendidikan Nasional, (2) Registrasi dan Ujian, (3) Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar, (4) Layanan Online.

OSMB wajib diikuti oleh mahasiswa baru karena melalui OSMB mahasiswa baru akan mengenal proses belajar jarak jauh, operasional UT sebagai PTJJ, lingkungan di UPBJJ-UT dan UT Pusat. Kegiatan ini sekaligus juga untuk memantapkan semangat belajar di UT karena selama ini di kalangan masyarakat masih ada yang menganggap adanya mitos tentang UT yang cenderung negatif. Misalnya, pertanyaan tentang UT itu negeri atau swasta, kuliah di UT sulit lulusnya, dsb.

UT merupakan perguruan tinggi negeri yang memberikan berbagai kemudahan dan keunggulan kepada para mahasiswa, antara lain: tidak ada batasan usia , tahun ijazah, dan jangka waktu penyelesaian studi, mudah diakses, tidak terkendala ruang dan waktu; pembelajaran dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun mahasiswa berada. Biaya juga relatif terjangkau. Pelaksanaan pembelajaran dan ujian juga fleksibel (ondesk atau online), yaitu mahasiswa dapat memilih skema layanan pendidikan dan kegiatan belajar. Selain itu, studi di UT dapat diikuti sambil mengikuti kuliah di tempat lain. Lulusan UT juga banyak yang diterima sebagai pegawai di instansi pemerintah maupun swasta. Tercatat pada CPNS 2018, 775 lulusan UT berhasil diterima menjadi CPNS di 18 kabupaten/kota se wilayah kerja UT Surabaya.

Dalam acara OSMB di Surabaya dan Kabupaten Tuban juga dihadiri alumni UT yang sudah berhasil menyelesaikan studi untuk menularkan pengalaman suksesnya dalam menempuh belajar cerdas dan mandiri. Alumni UT tersebut adalah Ibu dr. Indah Kusuma Dewi, M.M. yang saat ini menjabat Direktur RS Muhamadiyah Tuban dan Sdri. Ria Aprilina, S.E. Setelah sajian materi dari narasumber dilanjutkan dengan pembentukan kelompok belajar mahasiswa yang dipandu oleh Dosen UT Surabaya sebagai fasilitator, membahas tentang: dibentuk kelompok belajar mahasiswa baru tiap PS atau Fakultas yang didukung aplikasi WhatsApp.

Pada pukul 16.30 acara OSMB ditutup secara resmi oleh Pimpinan UT Surabaya. Setelah kegiatan OSMB, agenda akan dilanjutkan dengan kegiatan PKBJJ di semua Kabupaten dan Kota tempat para mahasiswa baru berdomisili. Secara serentak PKBJJ dilaksanakan pada hari Sabtu/Minggu tanggal 6 April 2019, 7 April 2019, 13 April 2019 dan 14 April 2019. Hari itu dipilih karena memang UT mewadahi mereka yang karena kesibukan bekerja, tidak dapat menempuh studi secara tatap muka. Dan hari Sabtu/Minggu lah mereka memiliki waktu yang luang. Bravo UT Surabaya.



Surabaya, 22 Maret 2019

Kontributor : Ir. Dwi Iriyani, M.Pd.


Foto-foto Kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru Masa Registrasi 2018/2019.2


OSMB 20191 PONOROGO

OSMB 20191 PONOROGO - 1

OSMB 20191 PONOROGO - 2

OSMB 20191 TUBAN

OSMB 20191 ALUMNI

OSMB 20191 TUBAN - 1

Berita Terbaru

“AKSI TERBUKA” UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA

AKSI TERBUKA UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA Branding adalah salah satu hal penting bagi sebuah institusi untuk menunjukan eksistensinya. Hal ini juga telah dilakukan oleh Universitas Terbuka (UT) agar semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia. [ ... ]

PERAN PENGURUS POKJAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN APK...
PERAN PENGURUS POKJAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN APK MAHASISWA UT SURABAYA

PERAN PENGURUS POKJAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN APK MAHASISWA UT SURABAYA
Sebagai Perguruan Tinggi, Terbuka, dan Jarak Jauh, Universitas Terbuka (UT) memegang tanggung jawab besar dalam meningkatkan jumlah Angka Partisipasi Kasar mahasiswa di I [ ... ]

DUKUNG MAHASISWA LOLOS PIMNAS : UT Surabaya Seleng...
DUKUNG MAHASISWA LOLOS PIMNAS : UT Surabaya Selenggarakan Pelatihan Penyusunan  Proposal PKM Tahun 2019

DUKUNG MAHASISWA LOLOS PIMNAS : UT Surabaya Selenggarakan Pelatihan Penyusunan  Proposal PKM Tahun 2019 (Surabaya, 18 Oktober 2019 di Ruang Pertemuan UT Surabaya)
Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sebagai implementasi Tridharma Perguruan T [ ... ]

UPACARA PENYERAHAN IJAZAH (UPI) UNIVERSITAS TERBUK...
UPACARA PENYERAHAN IJAZAH (UPI) UNIVERSITAS TERBUKA (UT SURABAYA)

LAYANAN PENYIAPAN SDM UNGGUL, KOMPETETIF, DAN BERKARAKTER GELORAKAN UPACARA PENYERAHAN IJAZAH (UPI) UNIVERSITAS TERBUKA (UT SURABAYA) PERIODE 2019/2020.1 SURABAYA, 15 – 16 OKTOBER 2019   “Tantangan Profesi SDM di Era Revolusi Industri  [ ... ]

UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA PADA ACARA “RONA JA...

UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA PADA ACARA “RONA JAWA TIMUR” FESTIVAL PERTUNJUKAN RAKYAT DI KABUPATEN MAGETAN Sosialisasi dan promosi merupakan kegiatan yang terus menerus dilakukan oleh Universitas Terbuka (UT) Surabaya sebagai ajang pengenalan [ ... ]

Pelatihan Tutor UT Surabaya
Pelatihan Tutor UT Surabaya

TUTOR UT SURABAYA, SIAP MENJAWAB TANTANGAN BELAJAR DI ERA GLOBAL
  Cepatnya penyebaran informasi kini telah membuat semakin pesatnya distribusi ilmu pengetahuan dari berbagai belahan dunia. Sebagai penyelenggara pendidikan tinggi dan jarak j [ ... ]

Pisah sambut Direktur UT Surabaya
Pisah sambut Direktur UT Surabaya


Suasana Akrab mewarnai Pisah sambut Direktur UT Surabaya Surabaya, 6 September 2019
  Universitas Terbuka semakin membahana di wilayah tanah air bahkan hingga di luar negeri. Betapa tidak, karena UT yang berdiri sejak 1984 itu terus menge [ ... ]

Pengumuman

Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Penga...

Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengajuan Tahun 2019 untuk Pendana [ ... ]

UNDANGAN MENGIKUTI WISUDA DI UT PUSAT

UNDANGAN MENGIKUTI WISUDA DI UT PUSAT

Para Wisudawan/wati yang Berbahagia.  [ ... ]

KLINIK BELAJAR UNIVERSITAS TERBUKA

KLINIK BELAJAR UNIVERSITAS TERBUKA   KLINIK BELAJAR merupakan pendukung  [ ... ]

SYARAT PENGAMBILAN IJAZAH UT SURABAYA

“PENGUMUMAN” SYARAT PENGAMBILAN IJAZAH UT SURABAYA 1.Dilakukan oleh pemi [ ... ]

Daftar Peserta SUO Ujian Ulang (UJUL) Masa 2019....
Daftar Peserta  SUO Ujian Ulang (UJUL)  Masa 2019.3

Daftar Peserta  SUO Ujian Ulang (UJUL)  Masa 2019.3

Sistem ujian On [ ... ]

Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) 2019/2020.1 (2019....

PENGUMUMAN Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) 2019/2020.1 (2019.2)   Sehu [ ... ]

PENGUMUMAN YUDISIUM 2019.2
PENGUMUMAN YUDISIUM 2019.2

PESERTA YUDISIUM TAHUN 2019 UNIVERSITAS TERBUKA
Sesuai dengan SK REKTOR NOMOR [ ... ]

ut 35

laman kit

laman tutor

lmn mahasiswa

lmn pokjar

Follow Us : facebook  twitter  feed  google