Loading…
  • 0
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
<<< Selamat Datang di Website UPBJJ-UT Surabaya, Kampus C Unair Jl. Mulyorejo Surabaya 60115 Telp. 031 - 5961861, 5961862, Faks. 031 - 5961860; SMS Center. 0895-6170-34951 E-mail: ut-surabaya@ecampus.ut.ac.id Media Sosial : https://www.facebook.com/ut.surabaya ---- https://twitter.com/ut_sby ---->>>>


 

 

Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) tahun 2017

di UPBJJ-UT Surabaya


Serangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) yang telah dimulai pelaksanaannya tanggal 1 Juli 2017, Sabtu – Senin, 11-13 November 2017 dilakukan kegiatan Monev oleh UT Pusat yang diwakili oleh bapak Ir. Tengku Edward Aswar Sinar, MA. UPBJJ-UT Surabaya pada tahun anggaran 2017 lolos 4 Proposal Abdimas yang didanai oleh UT Pusat dengan rancangan kegiatan yang variatif dan tempat yang berbeda.

Monev dimulai dari Surabaya pukul 09.00 pagi di SDN Mulyorejo I yang mengadakan Abdimas tentang Penggunaan E-learning berbasis Media Sosial Edmodo. Salah satu model pembelajaran yang dikembangkan berbasis internet adalah cyber atau electronic learning (e-learning). Edmodo adalah salah satu jenis platform e-learning yang didirikan pada tahun 2008 oleh Nicolas Brog dan Jeff O’Hara. Edmodo menyediakan cara yang aman dan mudah untuk berkomunikasi dan berkolaborasi antara siswa dan guru, berbagai konten berupa teks, gambar link, video maupun audio.

abdimas bojonegoro 1

Edmodo bertujuan untuk membantu pendidik memanfaatkan fasilitas social networking sesuai dengan kondisi pembelajaran di kelas. Edmodo memiliki desain yang hampir sama dengan media sosial facebook, hal ini membuat Edmodo menjadi pilihan bagi para pengajar (Guru) untuk menerapkannya sebagai media pembelajaran elektronik karena mudah cara pengoperasiannya, semua orang dapat mengaksesnya apabila sudah memiliki akun Edmodo. Edmodo memiliki fitur-fitur yang hampir sama dengan facebook, dari segi kerahasiaan Edmodo lebih bersifat privasi (Ainiyah, 2015).

abdimas bojonegoro 2

Berdasarkan analisis situasi masyarakat MITRA dalam hal ini Guru di SD Negeri Mulyorejo I Surabaya, maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat dosen Universitas Terbuka UPBJJ Surabaya tahun 2017 adalah pelatihan penggunaan E-learning berbasis media sosial Edmodo. Para guru SD ini dilatih dan diperkenalkan dengan model pembelajaran yang menggunakan IT. Abdimas di Surabaya ini diketuai oleh Ir. Dwi Iriyani, M. Pd. Kegiatan seperti ini sangat perlu dikuasai para guru di era perkembangan IPTEK yang melesat pesat harus dikuasai oleh bapak dan ibu guru SD sebagai lembaga formal tingkat dasar yang akan membawa anak didik ke jenjang pendidikan selanjutnya yang lebih tinggi, modern dan berkarakter Indonesia.

abdimas bojonegoro 3

Pada kesempatan ini tim abdimas UT menyerahkan satu Unit Printer type Hp Deskjet 1010 yang diserahkan oleh Ketua Tim Abdimas kepada Kepala Sekolah yaitu Bapak Drs. Imam Suryadi. Produk akhir dari kegiatan abdimas ini adalah guru dapat memberikan informasi atau bahan ajar kepada siswanya melalui Edmodo. Guru yang sudah menyelesaikan tugasnya diberikan sertifikat sebagai peserta pelatihan.

Selanjutnya Reviewer bapak Ir. Tengku Edward Aswar Sinar, M.A., melanjutkan monev pelaksanaan Abdimas untuk kelompok kedua yang diketuai Dra. Wuwuh Asrining Surasmi, M. Pd di kota Bojonegoro terkait dengan kegiatan Abdimas berupa Pelatihan Perancangan Kegiatan Laboratorium untuk para Guru SD dilakukan di SD-Kreatif Tempel Sukorejo Bojonegoro yang berlokasi di dalam kampus UT Pokjar Bojonegoro yang mana bpk Dr. H. M. Soekarni S, M.M, juga sebagai salah satu pengurus pokjar. Peserta dirancang untuk 22 guru namun sebagian bertepatan dengan pelatihan pendampingan kurikulum 2013 oleh Pemerintah sehingga peserta yang mengikuti sampai tuntas sebanyak 15 orang guru dan 2 Kepala Sekolah begitu menikmati dan mengikuti dengan antusias. Pelatihan dibuka oleh Ketua dimulai pukul 08.00 WIB dengan melakukan modeling, praktek langsung tentang kegiatan Praktikum yang berbasis saintifik sesuai dengan kurikulum 2013 yang dicanangkan oleh pemerintah.

abdimas bojonegoro 4

Kegiatan pelatihan dengan mengusung alat-alat untuk SD yang tersedia di kehidupan sehari hari (bersifat CTL/ contextual teaching and learning) ternyata menarik dan mendekatkan anak didik kepada dunia nyata. Para guru SD merasa terbantu dengan menggunakan alat-alat yang tersedia disekitar kita dan murah serta mudah membelinya, sehingga meskipun setting alat tersebut belum disediakan oleh pemerintah namun dengan kreatifitas para guru kegiatan ilmiah untuk belajar sebagaimana para ilmuwan belajar tetap dapat dilaksanakan. Bertahan dalam keterbatasan dan berkreasi dalam kesempitan perlu terus di tumbuhkembangkan kepada para guru sebagai Pendekar Pendidik generasi emas bangsa ini. “Jangan berhenti berkreasi dan mengejawantahkan ide-ide sederhana tapi brilliant” begitu saran yang disampaikan oleh anggota Abdimas Drs. Dwikoranto, M. Pd sambil melatih guru-guru memberdayakan peralatan dan bahan laboratorium yang tersedia.

Pelatihan berakhir pukul 15.00 dan peserta memperoleh penugasan untuk merancang LKS dengan topik-topik tertentu sesuai dengan kelas yang diampu dan akan didiskusikan pada pertemuan berikutnya yang disepakati bersama. Setelah LKS rancangan bapak dan ibu guru SD Kreatif ini jadi, maka akan dilanjutkan dengan Implementasi di kelas riil oleh bapak ibu guru pengampu.

Dalam foto tampak bapak Ir. Tengku Edward Aswar Sinar, M.A, tengah berbincang dan bertanya jawab dengan team pelaksana Ketua Ibu Wuwuh AS dan salah satu anggota Bpk Dwikoranto mengenai seputar topik abdimas yang diambil, kendala dilapangan, cara mengatasinya dan keberlanjutannya.

abdimas bojonegoro 5

Pelatihan perancangan LKS oleh guru-guru SD Kreatif di Pokjar Bojonegoro telah selesai dilaksanakan dan menghasilkan karya berupa LKS. Monev selanjutnya pada Minggu 12 Nopember 2017, bapak Ir. Tengku Edward Aswar Sinar, M.A melanjutkan kegiatan monev Abdimas di Kabupaten Madiun.

Pelaksanaan Abdimas di Dusun Pintu Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun yaitu Pengolahan Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi) secara Variatif untuk Meningkatkan Kesejahteraan Warga Marjinal Dusun Pintu Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun. Jumlah peserta Abdimas adalah 34 orang, 4 orang dari Dosen Universitas Terbuka UPBJJ Surabaya dan 1 orang Mahasiswa Universitas Terbuka Prodi Perpustakaan, sedangkan 29 orang dari Warga Dusun Pintu Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun. Pengabdian Masyarakat ini telah dilaksanakan pada tanggal 10 September 2017 dan 24 September 2017. Pada tanggal 10 September 2017 dengan kegiatan tentang Penyuluhan Budidaya Tanaman Belimbing Wuluh, Perawatan serta Pemanenan dan khasiatnya.

Pelaksanaan Abdimas dilanjutkan tanggal 24 September 2017, dengan kegiatan praktek, berupa praktek pembuatan asam-asam daging dan manisan belimbing wuluh. Peserta sangat antusias dalam mempratekkan pembuatan asam-asam daging ini. Cara membuat asam-asam daging adalah daging direbus sampai lunak. Kemudian bumbu-bumbu bawang merah, bawang putih, cabai kecil, cabai hijau, bawang bombay diiris-iris kemudian ditumis setelah harum dimasukkan pada panci yang berisi kaldu dan irisan daging, lalu dimasukkan irisan tomat, daun kedondong, daun salam dan lengkuas, garam serta gula merah secukupnya. Kemudian pelaksanaan praktek dilanjutkan dengan pembuatan manisan belimbing wuluh (basah).

Abdimas di Dusun Pintu Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun juga dimonitoring dari UT pusat Bapak Ir. Tengku Edward Aswar Sinar, M.A. Praktek yang dilaksanakan adalah pembuatan sirup dari Belimbing Wuluh dan rujak pasah.

abdimas bojonegoro 6

Dengan dilaksanakan Abdimas untuk Warga Marjinal Dusun Pintu Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun, memanfaatkan Belimbing Wuluh yang dipadu dengan bahan-bahan yang lain diharapkan dapat meningkatkan taraf ekonomi mereka yang sebagian besar mata pencahariannya adalah petani/buruh tani. Untuk selanjutnya jika tanaman belimbing wuluh yang terawat dengan baik sehingga menghasilkan buah yang bagus serta hasilnya dibuat makanan ataupun minuman yang bisa berupa bermacam lauk, rujak serut, sirup maupun manisan dapat dijual di masyarakat, seperti dijual di warung-warung, di pasar, acara PKK atau Dharma Wanita ataupun Acara Car Freeday.

Pada akhir acara Tim Abdimas menyerahkan Alat Oven untuk dipakai warga melalui Ketu RT Bapak Sutoyo,S.Pd yang disaksikan juga Pemonev dari UT Pusat.

Kontributor: Dwi Iriani, Wuwuh Asrining Surasmi, Sri Tresnaningsih.


 

 

Berita Terbaru

Beri Bantuan Studi kepada Dua Mahasiswa: IKA UT UP...

Beri Bantuan Studi kepada Dua Mahasiswa: IKA UT UPBJJ-UT Surabaya Komitmen Bantu Penyelenggaraan Pendidikan Mahasiswa UT.
Dalam acara Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) 25 Oktober yang lalu, Kepala UPBJJ-UT Surabaya menyaksikan penyerahan bantuan sud [ ... ]

Kepala Sekolah SD Didominasi Alumni UT: Salah Satu...

Kepala Sekolah SD Didominasi Alumni UT: Salah Satu Kontribusi UT untuk Pulau Bawean
Pulau Bawean, yang juga dikenal dengan sebutan pulau putri, sebagai pulau terpencil yang berjarak sekitar 80 mil di sebelah utara pulau Jawa. Bawean merupakan pula [ ... ]

Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Pengabdian Kepada...

    Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) tahun 2017 di UPBJJ-UT Surabaya
Serangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) yang telah dimulai pelaksanaannya tanggal 1 Juli 2017, Sabtu –  [ ... ]

Pelantikan Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPBJJ UT S...

  Pelantikan Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPBJJ UT Surabaya
Pelantikan Pejabat baru di lingkungan UPBJJ UT Surabaya dilakukan oleh Kepala UPBJJ UT Surabaya, Teguh Prakoso, S.Pd.,M.Hum pada Senin, 13 November 2017. Dalam acara tersebut, Mujon [ ... ]

UPACARA PENYERAHAN IJASAH 2017/2018.1 TANGGAL 24-2...

UPACARA PENYERAHAN IJAZAH UPBJJ – UT SURABAYA PERIODE 2017/2018.1 TANGGAL 24-25 OKTOBER 2017   Surabaya. Unit Program Belajar Jarak Jauh –Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) menyelenggarakan UPI selama dua hari pada Selasa-Rabu, tanggal, 24-25 [ ... ]

Pelantikan Pejabat di Lingkungan UPBJJ-UT Suraba...
Pelantikan  Pejabat  di Lingkungan UPBJJ-UT Surabaya

Pelantikan Pejabat di Lingkungan UPBJJ-UT Surabaya

Kepala UPBJJ-UT Surabaya, Teguh Prakoso, S.Pd., M. Hum, kembali melantik pejabat di lingkungan UPBJJ-UT Surabaya untuk ketiga kalinya selama periode kepemimpinannya, pada hari senin, 16 Oktober 2 [ ... ]

PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN, UT SIAPKAN SDM SEBAGA...

PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN, UT SIAPKAN SDM SEBAGAI AGENT OF CHANGE DI KABUPATEN TUBAN
  Era informasi menuntut setiap warga dunia dapat menyerap informasi yang membanjir dengan kemampuan memilih dan memilih informasi yang bermanfaat bagi d [ ... ]

Pengumuman

DAFTAR NAMA PESERTA YUDISIUM PERIODE IV TAHAP II T...
DAFTAR NAMA PESERTA YUDISIUM PERIODE IV TAHAP II TAHUN 2017

DAFTAR NAMA PESERTA YUDISIUM PERIODE IV TAHAP II TAHUN 2017 UNIVERSITAS TERBUKA  [ ... ]

DAFTAR PESERTA SUO NONPENDAS REGULER 2017.2
DAFTAR PESERTA SUO NONPENDAS REGULER 2017.2

Daftar Peserta  Ujian Online NonPendas Reguler 2017.2
Sistem ujian Onlin [ ... ]

UNDANGAN MENGIKUTI WISUDA DI UT PUSAT

UNDANGAN MENGIKUTI WISUDA DI UT PUSAT  
Para Wisudawan yang Berbahagia. [ ... ]

DAFTAR NAMA PESERTA YUDISIUM PERIODE IV TAHUN 2017
DAFTAR NAMA PESERTA YUDISIUM PERIODE IV TAHUN 2017

DAFTAR NAMA PESERTA YUDISIUM PERIODE IV TAHUN 2017 UNIVERSITAS TERBUKA

Se [ ... ]

DAFTAR NAMA PESERTA YUDISIUM PERIODE III TAHAP II ...
DAFTAR NAMA PESERTA YUDISIUM PERIODE III TAHAP II TAHUN 2017 UNIVERSITAS TERBUKA

  DAFTAR NAMA PESERTA YUDISIUM PERIODE III TAHAP 2 TAHUN 2017 UNIVERSITAS  [ ... ]

UNDANGAN WISUDA KE UT PUSAT 2017

UNDANGAN MENGIKUTI WISUDA DI UT PUSAT   Para Wisudawan yang Berbahagia.  [ ... ]

UPACARA PENYERAHAN IJASAH 2017/2018.1

"PENGUMUMAN"
Upacara Penyerahan Ijazah (UPI)
Sehubungan dengan telah terbitnya  [ ... ]

 

 33th-ut 

laman kit

laman tutor

lmn mahasiswa

lmn pokjar

Follow Us : facebook  twitter  feed  google