Loading…
  • 0
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
<<< Selamat Datang di Website UPBJJ-UT Surabaya, Kampus C Unair Jl. Mulyorejo Surabaya 60115 Telp. 031 - 5961861, 5961862, Faks. 031 - 5961860; SMS Center. 0895-6170-34951 E-mail: ut-surabaya@ecampus.ut.ac.id Media Sosial : https://www.facebook.com/ut.surabaya ---- https://twitter.com/ut_sby ---->>>>


RANGKAIAN TALKSHOW DIREKTUR UT SURABAYA BERSAMA MITRA KERJA


 

Menutup tahun 2018, manajemen UT Surabaya kembali menyapa para pemangku kepentingannya dengan melakukan rangkaian talkshow di sejumlah stasiun televisi di area Jawa Timur; antara lain di BBS TV Surabaya, JTV Surabaya, TVRI Regional Jawa Timur, dan JTV Madiun.

Menggandeng berbagai mitra kerja UT dan mengambil tema yang berbeda di tiap talkshow, dimaksudkan sebagai upaya UT memenuhi kebutuhan informasi mengenai UT bagi seluruh pemangku kepentingannya. Para pemangku kepentingan yang disasar dari mahasiswa dan calon mahasiswa, alumni, institusi pemerintah maupun swasta, sampai dengan masyarakat luas diharapkan memiliki informasi yang memadai tentang UT.

Medio November, tepatnya pada 13 November 2018, melalui Stasiun BBS TV Surabaya Direktur UT Surabaya mengundang Ketua Ikatan Alumni (IKA) UT Wilayah Surabaya, Dr. Endang Sriningsih, M.Si menjadi partner talkshow yang mengambil tema “Kiprah Alumni Universitas Terbuka”. Tema ini diambil mengingat sampai dengan saat ini sudah jutaan orang menjadi lulusan UT, yang kontribusi riilnya diperlukan bagi pembangunan nasional. Menyapa dan mengingatkan kembali para alumni yang berada di Jawa Timur akan keberadaan organisasi IKA-UT, sehingga mereka tetap memiliki keterpautan emosional dengan UT, juga menjadi salah satu tujuan talkshow kali ini.

Dengan durasi selama 1 (satu) jam dari pukul 19.00-20.00 WIB, pada talkshow ini dibahas program nyata IKA-UT yang pernah dilakukan antara lain pemberian beasiswa pendidikan bagi mahasiswa berprestasi UT pada 2017, dan beberapa kegiatan sosial tanggap bencana erupsi Gunung Kelud pada 2014. Selain itu, adalah kepedulian IKA-UT atas Gempa Lombok pada 2018. Sebagaimana digarisbawahi oleh Dr. Endang Sriningsih, M.Si., salah satu komitmen IKA-UT adalah pada program kepedulian sosial terhadap sesama anak bangsa yang berbhinneka. IKA-UT berupaya menjadi salah satu alat pemersatu bangsa, merupakan isu sensitif di kehidupan kita bernegara saat ini, harmoni dalam perbedaan.

IMG 5046

 

IKA-UT wilayah Surabaya sebagaimana IKA-UT wilayah lain dalam menjalankan fungsi organisasinya tetap di bawah koordinasi IKA-UT Pusat, diharapkan mampu berpartisipasi dalam pengembangan institusi UT Surabaya, menjadi salah satu media sosialisasi dan promosi UT. Selain itu, sebagaimana ditegaskan oleh Direktur UT Surabaya, Teguh Prakoso, S.Pd., M.Hum. bahwa IKA-UT juga bisa berperan dalam mengedukasi masyarakat Jawa Timur akan keberadaan UT yang membawa misi mulia membuka kesempatan pendidikan tinggi seluas-luasnya bagi seluruh warga negara Indonesia. Pendidikan merupakan faktor utama keberhasilan pembangunan SDM. Hanya SDM yang memiliki keunggulan kompetitif (competitive advantage) yang akan mampu memenangi persaingan di era ini. Daya saing menjadi sesuatu yang tidak bisa ditawar lagi.

Rangkaian talkshow yang kedua Direktur UT Surabaya mengundang salah satu alumni terbaiknya yaitu dr. Indah Kusuma Dewi, MM; lulusan S-2 Magister Manajemen (MM) Bidang Minat Manajemen Keuangan, Program Fully Online, yang berprofesi sebagai dokter dan saat ini sedang diamanahi jabatan strategis sebagai Direktur Rumah Sakit Kesehatan Muhammadiyah Tuban.

Dengan disiarkan secara live di JTV Surabaya pada 14 November 2018, pukul 17.00-18.00 WIB, talkshow ini mengambil tema “Sukses Mengatur Waktu, Kunci Sukses Belajar di UT. Tema ini sengaja diangkat untuk memenuhi kebutuhan sebagian besar mahasiswa UT yang berperan ganda sebagai mahasiswa dan pekerja, yang harus bijak membagi waktu antara studi, karir, dan tentu kehidupan pribadinya.

dr. Indah dalam talkshow tersebut tampak memahami sekali peran ganda mahasiswa UT, dan atas dasar pengalamannya, tidak keberatan berbagi tips sukses belajar di UT. Sekali lagi, manajemen waktu diungkapkan kembali oleh dr. Indah sebagai faktor utama keberhasilan kuliah di UT. Manajemen waktu yang tentu didukung dengan motivasi diri yang kuat untuk berjuang. Semangat berjuang ini harus dimunculkan secara konsisten dari awal hingga akhir studi, demikian Direktur RS Kesehatan Muhammadiyah Tuban ini menambahkan.

Pada kesempatan itu, Direktur UT-Surabaya, Teguh Prakoso, S.Pd., M.Hum., kembali meluruskan anggapan keliru sebagian masyarakat bahwa kuliah di UT; masuknya mudah karena tanpa tes, tetapi sulit lulus. Beliau menjelaskan bahwa anggapan tersebut benar, hanya bagi mereka yang kurang komitmennya kuliah di UT. UT sendiri tidak membiarkan mahasiswanya tenggelam dalam kesulitan belajar, karena UT menyediakan fasilitas layanan belajar mahasiswa, antara lain bimbingan akademik dan nonakademik secara online maupun tatap muka.

IMG 5056

 

Dengan talkshow ini diharapkan mahasiswa kembali bersemangat untuk segera menyelesaikan studinya secara tepat waktu dengan nilai yang memuaskan, dan tentu ilmu yang bermanfaat.

Talkshow ketiga yang tayang di TVRI Surabaya, 23 November 2018 pukul 16.00-17.00 WIB dengan tema “Meretas Sejarah Keberadaan UT Surabaya dalam Peningkatan Kualitas SDM di Jatim”. Tema ini sengaja diangkat karena niat tulus manajemen UT Surabaya untuk menghargai nilai luhur sejarah, yang turut berperan dalam keberhasilan saat ini melayani sekitar 13.000 mahasiswa.

Direktur UT Surabaya mengundang narasumber Drs. Ec. H. Karjadi Mintaroem, M.S. selaku Kepala UPBJJ-UT Surabaya periode 1994-2000.

Pak Karyadi, begitu beliau akrab disapa, berbagi kisah bagaimana awal berdirinya UT Surabaya pada 1984. Hubungan baik dengan PTN Pembina dalam hal ini Universitas Airlangga (Unair), berperan besar dari sejak berdirinya UT Surabaya. Unair telah banyak memberi dukungan kepada UT Surabaya antara lain lokasi Kantor UT Surabaya saat ini yang berada di area Kampus C Unair dan dukungan SDM yaitu diijinkannya Drs. Ec. H. Karjadi Mintaroem, M.S. memimpin UT Surabaya; selain Drs. Ismail sebagai pendahulu beliau.

Dengan runtut, Pak Karyadi yang dikenal sosok pemimpin yang sangat dicintai stafnya, menceriterakan bagaimana profil UT Surabaya saat itu, termasuk jumlah mahasiswa dan program studinya. Selain itu tetap dalam upaya meningkatkan kualitas SDM, saat itu UT Surabaya juga menjalin program kerjasama dengan beberapa instansi di Jawa Timur, antara lain Bank Jatim, Aero Catering Service, TNI-AL dan beberapa lainnya.

IMG 5103

 

Upaya menjalin kerjasama dalam rangka peningkatan kualitas SDM di Jawa Timur tetap diupayakan keberlanjutannya hingga periode kepemimpinan Direktur UT Surabaya saat ini. Kerjasama yang berlangsung dengan mitra UT saat ini adalah dengan Pemerintah Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Kantor Kementerian Agama, Pondok Pesantren dan lainnya. Selanjutnya Direktur UT Surabaya juga menekankan bahwa kesempatan mengakses pendidikan tinggi di UT bagi masyarakat juga didukung dengan penyediaan beasiswa antara lain Bidik Misi, program CSR (Corporate Social Responsibility) dari beberapa mitra UT, IKA-UT, dan beberapa beasiswa lainnya.

Rangkaian talkshow ini diharapkan mencapai target sasarannya bagi seluruh pemangku kepentingan UT dalam upaya UT melayani Jawa Timur. (bersambung)



Kontributor : Hana Hamidah


PASTIKAN LAYANAN SESUAI PROSEDUR: UT SURABAYA TELAH DIAUDIT EKSTERNAL OLEH PT SGS SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2015

 

Universitas Terbuka Surabaya (UT Surabaya) yang beralamat di Kampus C Unair, Jl. Mulyorejo Surabaya, pada tanggal 18-19 November 2018 kembali menjalani proses audit eksternal yang dilakukan oleh PT SGS dengan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 (SMM ISO 9001-2015). PT SGS menugaskan Ibu Renatha Hutapea sebagai komandan dalam pelaksanaan Audit didampingi Direktur UT Surabaya, Bapak Teguh Prakoso, S.Pd.,M.Hum. Audit Ekternal (AE) yang dilaksanakan di UT Surabaya merupakan rangkaian kegiatan AE yang dilaksanakan juga di beberapa UT lainnya yang dijadikan sampel oleh PT SGS Indonesia, yang nantinya akan bermuara di UT Pusat.

Lingkup audit adalah terkait dengan Penyelenggaraan Tutorial Tatap Muka (TTM) dan layanan administrasi akademik. Dalam acara audite tersebut ditegaskan kembali bahwa sebagai salah satu proses bisnis di UT, semua pimpinan dan staf di UPBJJ-UT, harus memahami kepentingan dan kebutuhan mitra sampai dengan Analisis Lingkungan Strategis dengan menggunakan Metode Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) berdasarkan Manajemen Berbasis Resiko, agar memiliki kemampuan daya saing dan keberlanjutan sistem ( Sustainable Systems). Dalam ISO versi 9001:2015 harus mencantumkan adanya manajemen berbasis resiko, tidak seperti ISO versi 2008.


WhatsApp Image 2018-12-06 at 16.03.49


Audit terkait pelaksanaan TTM dilaksanakan pada Minggu, 18 November 2018 di kelompok belajar (Pokjar) PBI UT di Bojonegoro di lokasi Jl. Mangga Kabupaten Bojonegoro dengan melihat setidaknya di 4 kelas TTM pada pertemuan ke-7 dengan tutor Non Pendas diantaranya : Dr. Yoosita Aulia, Dr. Rusgianto, Moh. Ali Burhuda, SE.,MM., Amir SE.,M.Si. Auditor dengan didampingi Direktur UT Surabaya, Bapak Teguh Prakoso, S.Pd.,M.Hum., Manaajer Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar serta Pengurus pokjar. Ibu Renatha memantau jalannya kegiatan TTM, dengan sesekali mengecek kesiapan perangkat Tutorial yang harus ada di setiap pertemuan TTM, diantaranya daftar hadir mahasiswa, KIT tutorial (RAT,SAT, kisi-kisi tugas tutorial, Tugas Tutorial 1,2,3, serta pedoman penskoran yang telah divalidasi), catatan pertemuan tutorial, tanda terima tugas tutorial, yang keseluruhannya harus mengacu pada pedoman Simintas UT. Dilihat pula ketersediaan sarana dan prasarana di pokjar, agar kegiatan dapat dilaksanakan sesuai standar.


IMG 5077


Sasaran audit selanjutnya dilaksanakan di kantor UT Surabaya, Senin, 19 November 2018 adalah Manager Keuangandan Umum di bawah koordinasi Mujono, SE, yang meliputi ICT, Aset, Pemeliharaan, Persediaan, Pengadaan Barjas, Kearsipan dan Kesekretariatan tidak luput dari pemeriksaan AE. Selanjutnya giliran Manajer Bahan Ajar dan Tutorial , Drs. Dwi Sambada, M.Pd di audit terkait terkait dengan sasaran kualitas dalam merencanakan hingga evaluasi untuk setiap proses, baik terkait dengan layanan Bahan Ajar (BA), persediaan dan distribusi BA, Tutorial, Praktek-Praktikum, Kemahasiswaan dan Pascasarjana. Audit eksternal ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara temuan yang terjadi di UPBJJ-UT dengan UT Pusat.

Dari hasil audit eksternal yang dilakukan selama 2 hari tersebut, Auditor membuat menyimpulkan bahwa dari Top Management dan para Manajer serta Penanggung Jawab kegiatan semua dinyatakan masih menjalankan sistem manajemen kualitas secara konsisten dengan analilis resiko yang cukup baik dan realistic. Terdapat beberapa hal yang harus diperbaiki dan ditindaklanjuti demi makin mantapnya standar pelayanan UT Surabaya.



Kontributor : Dwi Sambada


PELATIHAN ACHIEVEMENT MOTIVATION TRAINING DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI MAHASISWA MENJADI GENERASI YANG TANGGUH INTELEKTUAL DAN AGAMIS


Motivasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya atau mendapat kepuasan dengan perbuatannya. Motivasi sangat berperan penting dalam kehidupan manusia, khususnya bagi seorang mahasiswa, motivasi belajar dan berprestasi diperlukan dalam menentukan keberhasilan mahasiswa. Di era milenial ini, untuk menjawab tantangan persaingan global, maka mahasiswa dituntut agar memiliki motivasi untuk menjadi generasi yang berdaya saing, tangguh dan berprestasi.

Dalam rangka meningkatkan motivasi mahasiswa untuk berprestasi, UT Surabaya menyelenggarakan pelatihan Achievement Motivation Training (AMT) pada hari Sabtu, tanggal 3 November 2018 bertempat di ruang pertemuan SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Acara pelatihan AMT tersebut dihadiri oleh Bapak Teguh Prakoso, S.Pd., M.Hum. selaku Direktur UT Surabaya, Bapak Ir. Anak Agung Made Sastrawan Putra, M.A., Ed.D. selaku Kepala Pusat Bantuan Belajar LPPMP UT dan Bapak Dr. K.H. Akh. Jazuli, S.H., M.Si. selaku Pengurus Pondok Pesantren Al-Khodijah Mojokerto. Adapun peserta pelatihan kali ini adalah mahasiswa CSR pola paket plus sebanyak 43 mahasiswa semester 1 program studi S1 Manajemen pokjar Kabupaten Mojokerto.

Direktur UT Surabaya menyampaikan sambutan

Rangkaian Acara Pelatihan AMT dimulai dengan sambutan dilanjutkan pembukaan secara resmi acara pelatihan AMT oleh Direktur UT Surabaya. Kepala Pusat Bantuan Belajar LPPMP UT dan Pengurus Pondok Pesantren Al-Khodijah Mojokerto ikut memberikan sambutan dalam acara tersebut. Bertindak sebagai Narasumber dalam pelatihan AMT ini adalah Bapak Bahrul Habiby, C.Mt.CHt.CT.NNLP, beliau juga selaku Direktur dan Co Trainer Motivator Muslim Corporation.

Pelatihan AMT kali ini mengusung tema “Kiat menjadi Generasi yang Tangguh Intelektual dan Agamis”. Dalam sajian materinya Narasumber memaparkan bahwa ada 4 aksi sukses agar mahasiswa menjadi tangguh berprestasi. Aksi tersebut antara lain: Visi, Semangat, Kebiasaan dan Syukur. Visi untuk meraih kesuksesan harus jelas, serta perlu untuk memvisualisasikan kesuksesan yang ingin dicapai. Selain visi, hal yang dibutuhkan dalam suatu kesuksesan adalah tekad dan semangat yang bisa datang dari dalam diri sendiri atau dari lingkungan sekitarnya. Upaya berikutnya yang tidak kalah penting adalah usaha untuk memperbaiki kebiasaan. Mengingat, kebiasaan tersebut dapat menjadi karakter yang bisa mengubah nasib seseorang menjadi lebih baik. Di samping itu, aksi sukses selanjutnya adalah rasa syukur terhadap apa yang diperoleh dan berusaha untuk meningkatkan ibadah. Narasumber juga berpesan bahwa setiap kesulitan yang datang diatasi dengan semangat memperbaiki kebiasaan, selalu berpikir positif dan senantiasa bersyukur.

Sajian Materi oleh Bapak Bahrul Habiby, C.Mt.CHt.CT.NNLP

Mahasiswa peserta pelatihan ini juga mengikuti sesi hipnoterapi dengan tujuan agar mahasiswa lebih termotivasi dan percaya diri untuk meraih kesuksesan. Pada akhir acara pelatihan, Narasumber memandu mahasiswa untuk praktik menjadikan visi sebuah WFO (Well Formed Outcome) dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. WFO merupakan salah satu strategi dalam melakukan kegiatan merancang, menyusun dan merealisasikan hasil, tujuan atau impian yang ingin dicapai sehingga menumbuhkan keyakinan bahwa sukses itu layak untuk didapatkan.

Penyerahan Cinderamata oleh Direktur UT Surabaya kepada Narasumber

       Kegiatan pelatihan AMT ini berlangsung dengan lancar, interaktif dan seru. Peserta pelatihan antusias mengikuti acara pelatihan hingga selesai. Acara pelatihan ini ditutup secara resmi oleh Bapak Ir. Anak Agung Made Sastrawan Putra, M.A., Ed.D. dilanjutkan foto bersama dengan para peserta pelatihan.

Foto Bersama Kepala Pusat Bantuan Belajar UT, Direktur UT Surabaya, Pengurus Pondok Pesantren Al-Khodijah Mojokerto, Narasumber dengan mahasiswa CSR Pola Paket Plus Pokjar Kabupaten Mojokerto

 

Kontributor: Ispriwiati F dan Sugito


SEMINAR DAN UPACARA PENYERAHAN IJAZAH (UPI)

UNIVERSITAS TERBUKA - UPBJJ SURABAYA PERIODE 2018/2019.1

SURABAYA, 24 – 25 OKTOBER 2018


Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) merupakan kegiatan rutin UPBJJ-UT Surabaya setiap semester. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang karena satu dan lain hal tidak dapat mengikuti wisuda di UT Pusat. Proses UPI merupakan serangkaian kegiatan yang diawali dengan kegiatan Seminar Pendidikan pada hari pertama, Rabu, 24 Oktober 2018 di gedung Airlangga Convention Center. Narasumber pada seminar kali ini adalah Bapak dr. H. Agus Ali Fauzi PGD. Pall. Med. (ECU), beliau adalah Kepala Instalasi Paliatif dan Bebas Nyeri RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Tema seminar kali ini sangatlah menarik yaitu “Membangun Pola dan Kekuatan Berpikir Positif”. Di tengah kesibukannya yang padat beliau menyempatkan hadir sebagai pembicara utama dalam seminar UPI. Sosok dr. Agus yang videonya tengah viral belakangan ini memberikan trik hidup sehat dan bahagia. Dalam paparannya beliau menekankan bahwa sehat sukses bahagia dengan ridha Allah. Dengan gaya penyampaian yang kocak mampu menyedot perhatian 1327 calon wisudawan peserta seminar UPI, selama 2,5 jam. Selama seminar berlangsung terdengar suara tertawa dari para peserta karena penampilan dr. Agus yang sangat menarik dalam menyampaikan materi dan mengocok perut para peserta.

Dalam penjelasannya, perawatan paliatif merupakan meringankan beban atau penderitaan orang lain secara psikologis. Beliau juga menjelaskan bahwa sebagai lulusan Universitas Terbuka seharusnya sudah memiliki sikap kemandirian dan mampu menjadi agent of change dalam tantangan dunia pendidikan di era milenial sekarang ini. Dalam tema membangun pola pikir positif, beliau juga berpesan bahwa dengan selalu berfikir positif akan membuat individu tersebut lebih dapat menerima kenyataan dalam artian tidak memaksakan kehendak kepada orang lain, akan menjadikan individu lebih kreatif dan inovatif dalam penyelesaian masalah yang dihadapi, dan tidak mudah merendahkan orang lain. Sebagai manusia yang beragama dan memiliki akal (kebijaksaan dan kecerdasan) diharapkan, para alumni UT dapat meningkatkan hubungan manusia dengan Allah, maupun hubungan manusia dengan sesama. Jika semua itu seimbang maka kita akan terjauh dari penyakit NYERI, dimana penyakit tersebut merupakan penderitaan terberat yang dihadapi oleh pasien. Dalam hidup kita wajib bersyukur dan beristiqfar untuk segala sesuatu yang diberikan oleh Sang Pencipta. Memandang manusia lainnya don’t judge the book by its cover, karena mereka yang dibawah maupun diatas kita bisa jadi jauh lebih baik daripada kita. Selalu berfikir positif jauh lebih bisa membantu dalam menikmati hidup meskipun memiliki aktivitas yang tinggi, ataupun permasalahan yang tiada henti. Para alumni UT diharapkan lebih bisa meng-edukasi para generasi penerus bangsa, dimana kegiatan tersebut akan menciptakan karakter setiap individu.

UPI 24-25 OKTOBER 2018


Pada hari kedua diselenggarakan Upacara Penyerahan Ijazah (UPI), yaitu pada Kamis, 25 Oktober 2018 di Airlangga Convention Centre di Kompleks Kampus C Unair mulai pukul 08.00 sampai pukul 12.00 yang dihadiri peserta sebanyak 1.327 lulusan, berasal dari Program S1 PGSD sebanyak: 334 lulusan, Program S1 PGPAUD sebanyak: 356 lulusan , Program S1 PGSD BI sebanyak: 480 lulusan, dan Program S1 PGPAUD BI sebanyak: 111 lulusan serta Program Non PGSD/PGPAUD sebanyak : 46 lulusan. Para lulusan berasal dari 17 kabupaten/kota di Propinsi Jawa Timur.   Di antara peserta UPI, terdapat satu lulusan terbaik yang memperoleh IPK 3,92 yakni Sdri. Siti Ummi Hanik dari S1 PGPAUD Pokjat Kabupaten Tuban.

Direktur UT Surabaya, Teguh Prakoso, S. Pd., M. Hum, dalam kata sambutannya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Propinsi Jawa Timur, khususnya masyarakat di 18 kabupaten/kota wilayah kerja UT Surabaya, yang memberikan kepercayaan penuh terhadap Universitas Terbuka. Jumlah mahasiswa baru di masa 2018.2 ini menunjukkan peningkatan angka yang sangat signifikan. Tercatat mahasiswa baru UT Surabaya semester ini 3.667. Kini total mahasiswa UT Surabaya berjumlah 13 ribuan dan menjadi UPBJJ-UT keempat dengan jumlah mahasiswa terbesar setelah Jakarta, Palembang, dan Bandar Lampung. Kepercayaan masyarakat Jawa Timur harus dijaga dengan baik dengan senantiasa memberikan pelayanan yang prima. Salah satu tolok ukur layanan itu bagus atau tidak adalah dilihat dari jumlah mahasiswa yang melakukan registrasi ulang pada semester berikutnya. Dan ini merupakan tantangan bagi UT Surabaya. Salah satu layanan yang diharapkan mampu menjembatani perubahan cara belajar mahasiswa menjadi sangat mandiri adalah dengan menyelenggarakan Edukasi Keterampilan Belajar Mahasiswa (EKBM). Melalui kegiatan EKBM mahasiswa dibekali dengan pengetahuan tentang bagaimana menjadwalkan waktu belajar yang efektif dan upaya mencari sumber-sumber belajar yang relevan, termasuk dengan memanfaatkannya secara online. Kegiatan EKBM di dalamnya mencakup kegiatan orientasi mahasiswa baru dan pelatihan keterampilan belajar mandiri. Harapannya, mahasiswa UT betul-betul siap menjadi pebelajar mandiri yang andal.

Rektor UT dalam sambutannya yang disampaikan oleh Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Bapak Ir. Adi Winata, M.Si.menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan program pendidikan, UT selalu berupaya melakukan koordinasi dan kerja sama secara harmonis dengan perguruan tinggi mitra, misalnya dalam rekrutmen dan penyediaan tenaga tutor, pembimbing dan pemeriksa laporan praktik/praktikum, pembimbing karaya ilmiah (karil), serta mitra penelitian bagi dosen di UT Surabaya. Oleh karena itu, dalam kesempatan tersebut, Rektor UT mengucapkan terima kasih kepada Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, Institut Teknologi 10 November Surabaya, serta mitra perguruan tinggi lain atas perhatian dan dukungan yang diberikan kepada Universitas Terbuka melalui UT Surabaya ini.

UT juga tengah menyiapkan diri guna mendukung dan mewujudkan rencana pemerintah melalui Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) dalam hal penguatan inovasi dunia pendidikan. Hal ini tampak pada sepuluh aspek inovasi yang wajib dikembangkan oleh perguruan tinggi, agar lulusannya dapat bersaing dalam era disrupsi akibat Revolusi Industri IV (Industrial Revolution 4,0), dengan mempertimbangkan aspek speed, impac, dan innovation. Ketiga hal ini perlu disiapkan oleh UT, sehingga lulusan UT tidak tertinggal dalam pencapaian prestasi di dunia usaha atau lainnya, setelah para alumni UT terjun di tengah masyarakat.

Sebagai perguruan tinggi yang terpercaya dan dipercaya oleh pemerintah dalam mengemban misi memeratakan pendidikan bagi seluruh warga negara Indonesia di manapun mereka berada, UT berkomitmen penuh untuk melaksanakan mandat tersebut. UT sengaja dirancang untuk memfasilitasi mereka yang tidak mempunyai kesempatan menyelesaikan studinya di perguruan tinggi karena berbagai hambatan termasuk faktor ekonomi, geografis dan demografis. Oleh karena itu, UT hadir untuk menjangkau yang tak terjangkau. UT secara konsisten dan konstruktif terus berupaya dan menunjukkan komitmen menjadi yang terbaik dalam memberikan layanan pendidikan melalui sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ), yang disesuaikan dengan kebutuhan industri dan perkembangan teknologi.

UPI 24-25 OKTOBER 2018 1


Sebagai penutup sambutannya, Rektor UT mengucapkan SELAMAT atas keberhasilan seluruh peserta UPI. Keberhasilan Saudara di UT tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak mitra kerja UT, antara lain pemerintah Provinsi Jawa Timur, pemerintah daerah di wilayah kerja UPBJJ-UT Surabaya, perguruan tinggi pembina, para Kepala Dinas Pendidikan dan juga para Pengurus Kelompok Belajar.

 

Kontributor: Dwi Iriyani , Abas Asmono, Pascarini


THE ONLY ONE (The Open University Olympiade On Economics) DI PONOROGO: Kreativitas Mahasiswa Penerima Beasiswa BIDIKMISI

 

Beasiswa BIDIKMISI adalah bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu. Universitas Terbuka (UT) Surabaya memberikan kesempatan pada para lulusan SMA/SMK sederajat di Kabupaten Ponorogo pada tahun 2016 untuk menyediakan penyelenggaraan bidikmisi yang diselenggarakan di Pokjar Ponorogo dengan Prodi S1-Manajemen dan S1-Akuntansi. Dengan latar belakang permasalahan perekonomian Indonesia saat ini, peran pemerintah dalam merespon masalah tersebut memacu hak partisipasi serta hak peran untuk pembangunan terhadap hak-hak anak sangat perlu untuk digalakkan bagi mereka untuk andil. Peran partisipasi mereka dalam merespon serta menyikapi permasalahan yang ada di masyarakat, diharapkan dapat tersampaikan secara bijak. Dalam hal ini Universitas Terbuka Surabaya berusaha turut serta berpartisipasi dalam mewujudkan generasi muda yang unggul serta terbuka terhadap perkembangan globalisasi.

THE ONLY ONE PONOROGO 20182

Di era yang serba cepat, diharap pelajar di Ponorogo mampu bersaing dengan pelajar yang lain untuk dapat saling berlomba dalam ruang lingkup akademik atau intelektual serta beradu opini mereka pada gelaran olimpiade ini. Di panggung olimpiade ini, Universitas Terbuka Surabaya memberikan sarana bagi mereka untuk mengasah pengetahuan serta opini dan pandangan mereka berkaitan dengan Ekonomi. Dimana telah mulai munculnya kreator-kreator muda yang aktif, wirausaha-wirausaha yang mampu bersaing, pemuda-pemuda yang menjadi harapan pelopor inovasi perekonomian bangsa, serta mereka yang kritis terhadap apa yang mereka rasakan dan hadapi di lingkungannya.

THE ONLY ONE PONOROGO 20182-1

Sehubungan dengan hal tersebut, mahasiswa Beasiswa Bidikmisi Pokjar Ponorogo dengan Prodi Manajemen dan Akuntansi berinisiatif membuat Himpunan Mahasiswa Universitas Terbuka Fakultas Ekonomi (FEKON) POKJAR Kabupaten Ponorogo untuk menyelenggarakan kegiatan THE ONLY ONE (The Open University Olympiade On Economics). THE ONLY ONE merupakan suatu kegiatan perlombaan olimpiade bidang akademik mata pelajaran Ilmu Ekonomi yang diperuntukan bagi siswa-siswi SLTA se-derajat di Kabupaten Ponorogo dengan Tema : “Cerdas Generasiku, Unggul Ekonomiku”. Olimpiade meliputi tiga tahap perlombaan, yaitu; 1) Tahap Penyisihan, Multiple Choice, 2) Tahap Semifinal, Mystery Box, dan 3) Tahap Final, Rangking Satu. Kompetisi ini untuk memperebutkan:

  1. Juara 1 : Piala, Piagam, dan Uang Pembinaan Rp 2.000.000,-
  2. Juara 2 : Piala, Piagam, dan Uang Pembinaan Rp 1.500.000,-
  3. Juara 3 : Piala, Piagam, dan Uang Pembinaan Rp 1.000.000,-
  4. Harapan 1 : Piagam dan Uang Pembinaan Rp 750.000,-
  5. Harapan 2 : Piagam dan Uang Pembinaan Rp 500.000,-

THE ONLY ONE PONOROGO 20182-2

Kegiatan The Only One dilaksanakan pada Minggu, 19 Agustus 2018 di SMKN 1 Ponorogo diikuti oleh 22 tim dari 18 sekolah di Kabupaten Ponorogo, dengan rincian 1 tim berisikan 3 siswa/i. Kegiatan berlangsung meriah dengan antusias peserta yang tinggi. Kekompakan panitia dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut sangat kompak sehingga berjalan tepat waktu.

SILAHTURAHMI DIREKTUR UT SURABAYA DENGAN KEPALA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PONOROGO


Kabupaten Ponorogo merupakan salah satu daerah cakupan wilayah kerja UT Surabaya yang memberikan kontribusi mahasiswa berprestasi, terbukti dengan setiap semester pendaftar mahasiswa baru selalu naik. Di kabupaten tersebut, terdapat pengurus Kelompok Belajar (POKJAR) yang berperan aktif dalam kemajuan dan promosi UT yang merupakan kolaborasi dari Dinas Pendidikan Ponorogo serta Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Ponorogo.


PONOROGO 1314AGUST-2


Sesuai dengan visi misi kabupaten tersebut, terkelolanya seluruh sumber daya daerah menjadi lebih berdayaguna, unggul, produktif, berkelanjutan, serta bermanfaat luas secara ekonomi dan sosial, maka Direktur UT Surabaya bersilaturahmi dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo, Dra.Hj.Tutut Erliena,M.Pd. Selain itu, silaturhmi dilakukan guna mempererat dan me-refresh kembali beberapa prodi yang menjadi “PRIMADONA” UT dengan harapan lulusan terbaik dari SMA/SMK/MA yang terdapat di Ponorogo dapat melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi di UT. Bukan tanpa alasan karena di UT Surabaya juga mempunyai kuota untuk pemberian beasiswa bidikmisi bagi teman-teman lulusan terbaik SMA/SMK/MA yang kurang mampu secara ekonomi, namun memiliki potensi akademik yang tinggi. Dalam konteks ini UT unggul, karena para mahasiswa tidak harus meninggalkan pekerjaan dan berpindah tempat tinggal, karena proses pembelajaran dan ujian dapat dilaksanakan di kota asal.

 

PONOROGO 1314AGUST


Silaturahmi yang sudah terjalin diharapkan dapat mempererat dan meningkatkan kerja sama antara Dinas Pendidikan, Pengurus POKJAR, dan UT Surabaya. Secara lebih khusus Direktur UT Surabaya juga menjelaskan tentang kemungkinkan akan bertambahnya mitra kerja UT dari Ponoorogo yang diinisiasi oleh Persatuan Guru Nahdatul Ulama (PERGUNU) Ponorogo. Keberagaman Pengurus POKJAR bukan merupakan sarana untuk menjadi penguat untuk saling bersatu membantu peningkatan kualitas SDM Ponorogo. Tentu upaya ini disambut positif Kepala Dinas dan sependapat dalam hal memajukan generasi penerus bangsa, yakni mahasiswa yang terdapat pada daerah tersebut. Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo, Bapak Purwo, dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur di Ponorogo, Bapak Bambang Supriyadi.


UNTUK MANTAPKAN PERAN PENGURUS POKJAR BERBASIS LAYANAN PRIMA, UT SURABAYA SELENGGARAKAN WORKSHOP PENGURUS POKJAR


Workshop pengurus pokjar kali kedua diselenggarakan UT Surabaya selama 2 hari yang dimulai pada hari Sabtu, 25 Agustus 2018 bertempat di Ruang Sidang Hotel Grand Inna Tunjungan, Surabaya. Agenda tahunan ini diikuti oleh 42 Pengurus Pokjar sewiilayah UT Surabaya. Penyelenggaraan workshop ini dimaksudkan sebagai bentuk refleksi terhadap kegiatan operasional UT Surabaya yang bertumpu pada prosedur kerja dan salah satu target implementasi nilai-nilai Total Quality Management (TQM) yang merupakan tingkat pencapaian kualitas secara total dan berkelanjutan yang ditetapkan oleh manajemen UT Surabaya. 


workshop pokjar 20182-1

Sebelum acara workshop dibuka oleh Direktur UT Surabaya, Teguh Prakoso, S.Pd,M.Hum, secara khidmat dan khusuk acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh Dra. Titik Setyowati, M.Pd dan doa yang dipimpin oleh Drs. Agus Prabowo, SE. Dalam awal sambutan pembukaannya, Direktur UT Surabaya menyampaikan bahwa acara workshopyang diagendakan oleh UT Surabaya setiap tahun dan sudah kedua kalinya ini merupakan momen penting dalam merefleksi dan mengevaluasi apakah kegiatan operasional Layanan Prima Pengurus Pokjar telah sesuai dengan prosedur kerja. Hal tersebut merupakan bentuk pertanggungjawaban Pengurus Pokjar sebagai mitra kepada UT Surabaya.

workshop pokjar 20182

Direktur UT Surabaya dalam sajian materinya yang berjudul Pemantapan Peran Pengurus Pokjar Berbasis Pelayanan Prima sangat mengapresiasi kinerja yang baik dari para Pengurus Pokjar sebagai mitra yang telah gayung bersambut terhadap gelegar sosprom UT Surabaya yang gencar dilakukan di berbagai media massa: koran, dialog interaktif di Radio & TV, internet dan kegiatan Publik (non mahasiswa UT) : seminar, pelatihan, pameran pendidikan, kegiatan out door, dan kegiatan sosial keagamaan. Terbukti pada masa registrasi 2018/2019.1 (2018.2) jumlah mahasiswa baru Non Pendas dan Pendas mencapai angkai 3.661, yang menempati ranking kedua mahasiswa baru terbesar dari seluruh UPBJJ-UT se-Indonesia. Ini berarti, masa yang pertama di UT Surabaya jumlah mahasiswa Non Pendas mengalahkan jumlah mahasiswa Pendas. Bahkan, mahasiswa yang regsitrasi dengan basis SRO semakin besar. Perbandingan mahasiswa baru Non Pendas pun kini mengalahkan mahasiswa baru Pendas. Namun, bukan berarti mahasiswa Pendas menurun, tambah beliau.

Hal ini juga dijelaskan dalam sajian materi yang disampaikan oleh Dra. Barokah Widuroyekti, M.Pd selaku Manajer Registrasi dan Asesmen, bahwa jumlah mahasiswa baru mulai masa 2017.2, 2018.1, sampai 2018.2 mengalami peningkatan. Sejumlah evaluasi dan informasi baru terkait dengan Bantuan Belajar dan Bahan Ajar disampaikan oleh Drs.Dwi Sambada, M.Pd.selaku Manajer Bahan Ajar dan Tutorial. Sajiannya diawali dengan penyampaian informasi baru bahwa sejak masa 2018.2 UT memberlakukan kalender tunggal. Tutorial dan UAS dilaksanakan serentak antara mahasiswa Pendas dan Non Pendas serta mahasiswa baru dan mahasiswa semester berjalan. Selain itu, juga perberlakuan entry nilai TTM oleh Tutor pada aplikasi untuk matakuliah non praktek serta adanya ‘opsi wajib' beli Bahan Ajar Cetak (BAC) bagi mahasiswa non-Pendas non-Sipas. Untuk itu, minta dukungan pada Pengurus Pokjar untuk men-support data base NIM mahasiswa per-kelas dan perangkat yang dibutuhkan pada pembekalan tutor khususnya pelatihan meng-entry nilai TTM.

 

workshop pokjar 20182-3

Sebelum penandatangan Perjanjian Kerja Sama Kontrak Kepengurusan Kelompok Pokjar Skema Baru secara simbolis dilakukan terhadap 2 pokjar yakni Pengurus Pokjar Kabupaten Pamakesan dan Ngawi dilakukan, Manajer Keuangan dan Umum, Mujono,SE berpesan bahwa kegiatan yang terlaksana hendaknya dilaporkan. Caranya, selalulah merekam setiap kegiatan yang dilakukan. Mengingat, SPJ akan diterimakan jika ada laporannya. Bahkan, Direktur UT Surabaya dalam prakatanya sebelum penandatangan dan penyerahan Perjanjian Kontrak dengan nada berseloroh menyampaikan bahwa :”kita sebagai Pegawai Negeri atau Pejabat pasti paham tentang pertanggungjawaban pendanaan harus dilengkapi dengan laporan yang benar dan akuntabel.”


workshop pokjar 20182-4

Lanjutan acara di hari kedua adalah sajian materi tentang sharing best practice Pengelolaan Pengurus Pokjar yang disajikan secara pleno oleh 3 perwakilan Pengurus Pokjar yakni Pokjar Mojokerto: K.H. Dr. Akhmad Jazuli, M.Si; Pokjar Bojonegoro: Dr. Sukarni, M.M; Pokjar Tuban: Mohammad Anshori, S.Pd, M.M. Topik: Kiat-kiat Menggalang Kemitraan disampaikan oleh Kh. Dr. Akhmad Jazuli, M.Si dengan gaya penyampaian yang tenang dan cair. Beliau, terlihat bekerja dengan hati yang tulus dan team work yang solid dalam membangun kepercayaan. Beliau, mengibaratkan UT sebagai seorang wanita, jika didandani dan dipoles maka akan lebih mempesona lagi auranya. Untuk itu, bekerja dalam kepengurusan pokjar jangan hanya ‘disambi’ (sambilan). Bukankah UT yang cantik itu keramat dan keramut, termasuk kegiatan workshop ini pasti disangoni, begitu kelakar beliau! Walaupun tidak memungkiri di awal kepengurusannya pengurus pokjar ibaratnya seperti ‘entup dan madu’. Dr. Sukarni, S.Pd,M.M sebagai pemateri kedua, dengan rinci dan detil memaparkan layanan yang telah dilakukan terhadap penanganan kasus mahasiswa. Ini menunjukkan, beliau sebagai pengurus pokjar sangat paham terhadap tupoksinya dan dikerjakan dengan teamwork yang prima dan handal. Penyaji materi pleno ketiga adalah Mohammad Anshori, S.Pd, M.M. Sajiannya tentang strategi sosprom. Berkat jiwa entrepreneurnya, stategi sosprom yang beliau lakukan cukup efektif dan sukses. Bahkan, diakuinya efek domino setiap sosprom yang dilakukan Direktur UT Surabaya di berbagai media massa: koran, dialog interaktif di Radio & TV dan kegiatan Publik seperti pameran pendidikan, kegiatan out door, dan kegiatan sosial keagamaan berpengaruh terhadap kesuksesan strategi sospromnya. Hal ini terbukti, jumlah perkembangan mahsiswanya dari 7 mahasiswa kemudian meningkat menjadi 300, dan sekarang menjadi 2000 mahasiswa.

workshop pokjar 20182-5


Sajian Sharing Best Practice Pengelolaan Pengurus Pokjar semakin kondisif setelah dbuat momen brainstorming waktu tanya jawabnya oleh moderator Drs. Sulistiyono, M.Pd. Pertanyaan esensial dan subtansial dari pengurus pokjar lain yang terkait dengan prosesdur kerja, menjadikan Direktur UT Surabaya mengambil alih untuk memberikan jawaban yang selanjutnya menutup acara kegiatan workshop. Sebelum menutup Bapak Teguh Prakoso, S.Pd, M.Hum berpesan mari kita tingkatkan layanan berkualitas kita dan tetap jaga marwah UT yang kita ibaratkan sebagai seorang wanita. Sangat diharapkan dan baik apabila para pengurus pokjar dapat mencontoh keberhasilan dari apa yang telah disampaikan dalam brainstorming dari sharing best practice Pengelolaan Pengurus Pokjar ini. Pemilihan penyajinya yang tanpa tendensi, bukan tidak mungkin acara workshop berikutnya bisa jumlah lebih dari 3 Pengurus Pokjar. Akhirnya, kegiatan workshop ditutup oleh Bapak Teguh Prakoso, S.Pd, M.Hum yang dilanjutkan dengan foto bersama. Kemitraan yang hangat semakin terlihat ketika foto bersama sambil menyuarakan motto kemitraan UT dengan Pengurus pokjar yang dipandu oleh Bapak Mohammad Anshori, S.Pd, M.M.yakni UT Kita, UT Kamu, dan UT Kita Semua.

 

Kontributor : Listy dan Setijo Budiarto, S.Sos


Berita Terbaru

RANGKAIAN TALKSHOW DIREKTUR UT SURABAYA BERSAMA MI...
RANGKAIAN TALKSHOW DIREKTUR UT SURABAYA BERSAMA MITRA KERJA

RANGKAIAN TALKSHOW DIREKTUR UT SURABAYA BERSAMA MITRA KERJA
  Menutup tahun 2018, manajemen UT Surabaya kembali menyapa para pemangku kepentingannya dengan melakukan rangkaian talkshow di sejumlah stasiun televisi di area Jawa Timur; antara [ ... ]

Pastikan Layanan Sesuai Prosedur: UT Surabaya Tela...
Pastikan Layanan Sesuai Prosedur: UT Surabaya Telah Diaudit Eksternal oleh PT SGS Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015

PASTIKAN LAYANAN SESUAI PROSEDUR: UT SURABAYA TELAH DIAUDIT EKSTERNAL OLEH PT SGS SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2015
  Universitas Terbuka Surabaya (UT Surabaya) yang beralamat di Kampus C Unair, Jl. Mulyorejo Surabaya, pada tanggal 18-19 Nov [ ... ]

Pelatihan Achievement Motivation Training dalam Up...


PELATIHAN ACHIEVEMENT MOTIVATION TRAINING DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI MAHASISWA MENJADI GENERASI YANG TANGGUH INTELEKTUAL DAN AGAMIS

Motivasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau k [ ... ]

SEMINAR DAN UPACARA PENYERAHAN IJAZAH (UPI) UNIVE...

SEMINAR DAN UPACARA PENYERAHAN IJAZAH (UPI) UNIVERSITAS TERBUKA - UPBJJ SURABAYA PERIODE 2018/2019.1 SURABAYA, 24 – 25 OKTOBER 2018
Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) merupakan kegiatan rutin UPBJJ-UT Surabaya setiap semester. Tujuan kegiatan in [ ... ]

THE ONLY ONE (The Open University Olympiade On Eco...

THE ONLY ONE (The Open University Olympiade On Economics) DI PONOROGO: Kreativitas Mahasiswa Penerima Beasiswa BIDIKMISI   Beasiswa BIDIKMISI adalah bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi  [ ... ]

SILAHTURAHMI DIREKTUR UT SURABAYA DENGAN KEPALA DI...

SILAHTURAHMI DIREKTUR UT SURABAYA DENGAN KEPALA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PONOROGO
Kabupaten Ponorogo merupakan salah satu daerah cakupan wilayah kerja UT Surabaya yang memberikan kontribusi mahasiswa berprestasi, terbukti dengan setiap semester  [ ... ]

UNTUK MANTAPKAN PERAN PENGURUS POKJAR BERBASIS LAY...

UNTUK MANTAPKAN PERAN PENGURUS POKJAR BERBASIS LAYANAN PRIMA, UT SURABAYA SELENGGARAKAN WORKSHOP PENGURUS POKJAR
Workshop pengurus pokjar kali kedua diselenggarakan UT Surabaya selama 2 hari yang dimulai pada hari Sabtu, 25 Agustus 2018 bertempat [ ... ]

Pengumuman

DAFTAR NAMA PESERTA WISUDA PROGRAM PASCASARJANA, S...
DAFTAR NAMA PESERTA WISUDA PROGRAM PASCASARJANA, SARJANA, DAN DIPLOMA UNIVERSITAS TERBUKA PERIODE I TAHUN AKADEMIK 2018/2019

DAFTAR NAMA PESERTA WISUDA PROGRAM PASCASARJANA, SARJANA, DAN DIPLOMA UNIVERSITA [ ... ]

DAFTAR NAMA PESERTA YUDISIUM LULUSAN 20183 SK 7509...

DAFTAR NAMA PESERTA YUDISIUM LULUSAN 20183 SK 7509 & 7716 TAHUN 2018 UNIVER [ ... ]

PELAKSANAAN TTM ATPEM KOTA SURABAYA

  JADWAL TUTORIAL ATAS PERMINTAAN MAHASISWA (ATPEM) 2018/19.1 PROGRAM S1  [ ... ]

UPACARA PENYERAHAN IJAZAH (UPI) 2018/19.1

    "PENGUMUMAN" Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) 2018/2019.1
Seh [ ... ]

PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL TAHUN 2018 D...

PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL TAHUN 2018 DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS TER [ ... ]

Pelatihan Keterampilan Belajar Mandiri

Pelatihan Keterampilan Belajar Mandiri (PKBM)
Dalam upaya peningkatan kesiapa [ ... ]

PENGUMUMAN PENANGANAN PENERBITAN DAN PEMBAYARAN LI...

PENGUMUMAN PENANGANAN PENERBITAN DAN PEMBAYARAN LIP-R MK 2018/19.1 (20182)
P [ ... ]

posterkecil

laman kit

laman tutor

lmn mahasiswa

lmn pokjar

Follow Us : facebook  twitter  feed  google