Loading…
  • 0
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
<<< Selamat Datang di Website UPBJJ-UT Surabaya, Kampus C Unair Jl. Mulyorejo Surabaya 60115 Telp. 031 - 5961861, 5961862, Faks. 031 - 5961860; SMS Center. 0895-6170-34951 E-mail: ut-surabaya@ecampus.ut.ac.id Media Sosial : https://www.facebook.com/ut.surabaya ---- https://twitter.com/ut_sby ---->>>>


 

PERKENALKAN PROGRAM DOKTOR, DIREKTUR UT SURABAYA

BERI SAMBUTAN DIDEPAN PESERTA APEL PAGI

KANTOR WALIKOTA MADIUN

 

Hingga saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengenal Universitas Terbuka secara menyeluruh. Hal ini terbukti dari banyaknya masyarakat yang beranggapan bahwa UT adalah Perguruan Tinggi (PT) yang dikhususkan bagi guru atau orang tua yang sudah bekerja. Ironisnya, banyak pula masyarakat yang menilai UT sebagai PT swasta. Untuk mensosialisasikan UT kepada masyarakat secara luas, UT Surabaya telah melakukan audiensi dengan Walikota Madiun dan Bupati Magetan, pada tanggal 6 – 7 Januari 2020.

Dalam kegiatan audiensi ke Kantor Walikota Madiun, Direktur UT Surabaya, Dr. Suparti, M.Si mendapat kehormatan mengikuti kegiatan Apel Pagi bersama Walikota Madiun dan seluruh pejabat Aparat Sipil Negara (ASN) di Kota Madiun. Kegiatan Apel Pagi sudah menjadi rutinitas di lingkungan pemerintahan Kota Madiun, yang dilaksanakan pada awal bulan dan biasanya dipinpin oleh Walikota Madiun. Apel Pagi yang dilaksanakan pada 6 Januari 2020 sedikit berbeda karena diakhir acara Direktur UT Surabaya, Dr. Suparti, M.Pd diberikan kesempatan untuk menyampaikan sambutan dan sekaligus mempromosikan UT.

Dalam sambutannya, Direktur UT Surabaya memperkenalkan bahwa UT merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984 dan sistem pembelajaran di UT sangat fleksibel karena menekankan pada pembelajaran Mandiri, Terbuka, dan Jarak Jauh. UT memiliki empat fakultas; yaitu; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Faklutas Sains dan Teknologi (FST), dan Fakultas Ekonomi (FE), yang menyelenggarakan 35 program studi S1 dan Diploma. Selanjutnya, sejak tahun 2004, UT juga telah menyelenggarakan Program Pascasarjana (PPs), yaitu; Magister Administrasi Publik (MAP), Magister Manajemen (MM), Magister Manajemen Perikanan (MMP), Magister Pendidikan Matematika (MPMT), Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI), Magister Pendidikan Dasar (MPDR), dan Magister Ilmu Lingkungan.

Selain itu, Direktur UT Surabaya juga menyampaikan bahwa pada tahun 2020 ini, UT   membuka program Doktor dengan sistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) pertama di Indonesia, yaitu Program Doktor Administrasi Publik (DAP) dan Program Doktor Ilmu Manajemen (DIM). Sebagai tahap awal, dalam penyelenggaraan program Doktor, UT Pusat hanya memperkenankan tiga UPBJJ untuk membuka program Doktor, yaitu UT Jember untuk program Doktor Ilmu Manajemen, UT Serang untuk program Doktor Administrasi Publik dan program Doktor Ilmu Manajemen, dan UT Surabaya untuk program Doktor Administrasi Publik. Kepercayaan yang diberikan kepada UT Surabaya sebagai penyelenggara program Doktor Administrasi Publik, tentu menjadi suatu kehormatan bagi segenap keluarga besar UPBJJ-UT Surabaya, karena itu proses rekrutmen calon mahasiswa program Doktor Administrasi Publik terus digalakkan. Dalam kesempatan tersebut, Direktur UT Surabaya dengan bangga memperkenalkan salah satu pegawai di Pemerintahan Kota Madiun yang telah mendaftar sebagai calon mahasiswa program Doktor, yaitu Bapak Misdi (saat ini bertugas sebagai Sekretaris Dewan) di Kantor DPRD Kota Madiun. Diharapkan pegawai lainnya akan mengikuti jejak Bapak Misdi agar realisasi program kerja Walikota Madiun yang lebih dikenal dengan Panca Karya, yaitu Madiun Kota, Pintar, Melayani, Membangun, Peduli, dan Terbuka. Salah satu prioritas Panca Karya tersebut dapat diwujudkan melalui peningkatan SDM dan meningkatkan kualitas ASN di Kota Madiun.

madiun 1

Diakhir sambutannya, Direktur UT Surabaya menitipkan pesan kepada Walikota Madiun agar memberikan beasiswa kepada para pegawai di lingkungan pemerintahan Kota Madiun untuk meningkatkan kompetensi ke jenjang pendidikan S1, S2 dan S3 melalui UT. Selain itu, pesan juga disampaikan kepada para pegawai Pemkot Madiun untuk membantu menyampaikan informasi tentang UT sebagai Perguruan Tinggi Negeri kepada masyarakat luas, khususnya masyarakat Kota Madiun.


Walikota Madiun Drs. H. Maidi, SH., MM., M.Pd, memberikan respon yang sangat positif karena Universitas Terbuka menerapkan sistem belajar jarak jauh sehingga apabila pegawai yang ingin melanjutkan kuliahnya tidak terganggu dengan jam kerjasnya dan beliau berjanji akan mensosialisasikan keberadaan Universitas Terbuka (UT) khususnya Program Doktor kepada seluruh pegawai yang ada di Kota Madiun. Dalam kesempatan itu, Walikota Madiun yang merupakan mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun secara langsung menugaskan Bapak Misdi untuk mengkoordinir seluruh pagawai yang akan mengikuti program Doktor.


Dalam acara Apel Pagi tersebut, Direktur UT Surabaya memberikan cendramata dari UT sebagai kenang-kenangan dan simbol persaudaraan. Semoga audiensi ini membawa hasil yang menggembirakan dan jumlah mahasiswa UT di Kota Madiun terus bertambah, khususnya calon mahasiswa Program Doktor.


Pada hari yang sama, Direktur UT Surabaya melanjutkan kegiatan sosialisasi UT ke kantor PT. Industri Kereta Api (INKA). Kedatangan Direktur UT Surabaya diterima oleh Manajer SDM dan kepala Tata Usaha. Pertemuan berlangsung selama 60 menit di ruang rapat kantor PT. INKA. Dalam pertemuan tersebut, Direktur UT Surabaya menyampaikan informasi seputar UT sebagai salah satu PTN di Indonesia, sistem belajar di UT yang fleksibel dan cocok untuk karyawan yang sedang bekerja. UT memiliki program studi, baik S1, S2, dan pada tahun 2020 ini akan membuka program S3. Selain itu, Direktur UT Surabaya menyampaikan keinginan untuk menjalin untuk bekerjasama dengan PT. INKA, khsusnya dalam peningkatan kualifikasi pendidikan karyawan, terutama bagi mereka yang belum sarjana dan yang berkeinginan studi ke jenjang S2 dan S3.


Menanggapi tawaran dari Direktur UT Surabaya, manajer SDM PT. INKA menyampaikan bahwa sistem belajar yang fleksibel dan online cukup menarik dan cocok untuk para karyawan. Apalagi, saat ini PT. INKA memiliki 1.500 karyawan, diantaranya masih ada yang belum sarjana. Untuk itulah, kedepan Manajer SDM berjanji akan melakukan pendataan karyawan yang berminat melanjutkan studi di UT.



madiun 2madiun 4

madiun 3

Sosialisasi UT di PT. Industri Kreta Api Persero (INKA). Direktur UT Surabaya berkesempatan fotro bersama dengan salah seorang karyawan PT. INKA yang kebetulan mahasiswa UT Program S-1 Manajemen.

 

Sebelum acara sosialisasi berakhir, tidak lupa menitipkan brosur untuk disebarkan kepada seluruh karyawan PT. INKA. Melalui brosur tersebut, diharapkan informasi program studi UT dapat tersosialisasikan dengan baik kepada para karyawan dan masyarakat umum, khususnya di Kota Madiun. Dengan begitu, target 1 juta mahasiswa sebagaimana yang diharapkan rektor UT akan dapat tercapai.

 

Selepas dari PT. INKA, Direktur UT Surabaya melanjutkan kunjungan ke Universitas PGRI Madiun (UNIPMA). Kedatangan Direktur UT Surabaya, diterima langsung oleh Rektor UNIPMA, Dr. Pardji, M.Pd yang didampingi oleh Wakil Rektor I Dr. Dwi Payogo, M.Pd dan Wakil Rektor II Dr. Bambang Sugeng, M.Pd.

 

Mengawali pertemuan, Direktur UT Surabaya mengingatkan bahwa sebelum dilebur menjadi UNIPMA, UT Surabaya pernah menjalin kerja sama dengan IKIP PGRI Madiun, seperti penggunaan gedung perkuliahan untuk tempat pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) dan beberapa dosen pernah dilibatkan menjadi tutor untuk kegiatan tutorial program D2 dan S1 PGSD dan PGPAUD. Jalinan kerja sama yang terbangun tersebut diharapkan dapat dikembangkan dan ditingkatkan dalam bentuk kerjasama penyelenggaraan perkuliahan Jarak Jauh atau kuliah online untuk mata kuliah MKDU.

 

Beliau menambahkan, beberapa tahun lalu, pemerintah memang sempat melarang kuliah jarak jauh karena dikhawatirkan hanya akan dijadikan alat untuk mendapatkan ijazah tanpa kuliah yang nyata. Tapi kini, tampaknya pemerintah mulai berubah pikiran dengan rencana untuk mewajibkan kuliah jarak jauh. Hal ini sesuai dengan rencana Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristikdikti). Sebagai pilot project, tahun lalu UT sudah mulai bekerja sama dengan Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, menerapkan kuliah jarak jauh, dimana mahasiswa UNDIP menempuh mata kuliah MKDU, seperti Bahasa Indonesia, Agama Islam dan Pendidikan Kewarganegaraan dengan sistem Jarak Jauh atau kuliah online melalui UT.

 

madiun 5

Penjajakan Kerjasama dengan Universitas PGRI Madiun (UNIPMA).

Direktur UT Surabaya memberikan brosur UT kepada Rektor UNIPMA Dr. Pardji, M.Pd.


Lebih lanjut, Direktur UT Surabaya menyampaikan bahwa kepercayaan yang diberikan Dirjen Dikti tersebut, karena selama ini UT telah berpengalaman dalam menyelenggarakan pendidikan jarak jauh. Lewat layanan kuliah online atau yang sering disebut tutorial online, dosen UT tidak terbatas hanya melayani mahasiswa di Kota Madiun, tetapi juga dapat membimbing mahasiswa sampai ke polosok daerah terpencil. Keberhasilan yang dicapai UT tidak terlepas dari perkembangan penggunaan internet sehingga di era digital ini semakin mendorong pembelajaran tak tersekat lagi di ruang kelas, tetapi mahasiswa UNIPMA nantinya bisa mendapatkan fasilitas Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Ia juga menyebutkan, bahwa jika UNIPMA bekerja sama dengan UT, maka dosen-dosen UNIPMA nantinya tetap diberi kesempatan untuk mengampu mata kuliah di UT. Bahkan, dosen UNIPMA tidak terbatas hanya mengajar mahasiswa yang ada di fakultas, tetapi dapat menambah pengalaman mengajar pada fakultas lain, karena sistem kuliah di UT mahasiswa dapat mengambil mata kuliah lintas fakultas.


 

Rektor UNIPMA menyambut baik tawaran yang disampaikan Direktur UT Surabaya dan pada ksempatan ini menyampaikan UNIPMA akan mempelajari terlebih dahulu program apa yang perlu dikembangkan dengan UT. Terkait dengan, tawaran pengelolaan mata kuliah MKDU, Rektor UNIPMA sangat mengaprersiasi dan langsung memerintahkan Warek I untuk mengidentifikasi mata kuliah apa saja yang dapat dilaksanakan secara online di UT. Diharapkan tahun ini, UNIPMA sudah dapat mengikutsertakan mahasiswanya menempuh mata kuliah dengan sistem Pendidikan Jarak Jauh di UT.

 

Kegiatan sosialisasi dan promosi terakhir dilakukan dengan kunjungan ke kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Madiun. Direktur UT Surabaya didampingi oleh pengurus Pokjar Kota Madiun, Drs. Supriarjo yang juga menjabat sebagai Kabid Pendidikan Dasar dan TK SD di Kantor Dinas Pendidikan Kota Madiun. Kedatangan Direktur UT Surabaya disambut oleh Sekretaris BKD Kota Madiun Ibu Dwi dan Kepala BKD, Drs. Haris Rahmanuddin.

 



madiun 6

                                                        

Foto bersama Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Madiun setelah melakukan sosialisasi dan penjajakan kerjasama dengan UPBJJ-UT Surabaya.

 


Dalam kesempatan tersebut, Direktur UT Surabaya tak lupa menyampaikan selamat atas promosi jabatan yang diemban bu Dwi yang sebelumnya bertugas sebagai Kabid Pendidikan Dasar dan TK SD dan saat ini dipercaya sebagaio SEkretaris BKD Kota Madiun. Melalui jabatan baru ini, dapat membantu promosi UT di Kota Madiun. Selama ini Dinas Pendidikan Kota Madiun sudah memberikan bantuan beasiswa bagi guru PGSD dan PAUD yang sudah sarjana tetapi tidak linier untuk melanjutkan studi pada program PGSD – BI melalui UT. Jika sebelumnya beasiswa hanya bagi guru yang berstatus PNS, mungkin kedepan bisa diberikan juga pada guru-guru honorer.

 

 

Kepala BKD Kota Madiun, Drs. Haris Rahmanuddin, menyampaikan bahwa regulasi yang ada saat ini tidak memungkinkan memberikan bantuan beasiswa untuk guru honorer. Namun, ada beberapa kerjasama yang bisa dilakukan antara BKD Kota Madiun dengan UT Surabaya, misalnya memberikan informasi kepada para Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Kota Madiun untuk melanjutkan studi kejenjang S1, S2 dan S3 di UT. Dalam waktu dekat, BKD Kota Madiun akan mencoba mendata ASN yang belum S1, dan bagi yang sudah S1 diarahkan untuk menempuh jenjang S2, khususnya guru SD dan Kepala Sekolah, serta para pejabat yang berencana menempu S3 akan dibantu dalam proses penerbitan tugas atau ijin belajar.

 

Semoga sosialisasi di kota Madiun ini membawa hasil yang menggembirakan dan beberapa rintisan kesepakatan kerja sama dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta dapat terwujud dalam waktu yang tidak terlalu lama sehingga jumlah mahasiwa UT Surabaya dapat terus meningkat. Amin.

 

Kontributor: Pardamean Daulay



Perkenalkan Program Doktor Administrasi Publik:

UT Surabaya Gandeng Sekda Kabupaten Jombang


Universitas Terbuka (UT) kembali mendapat kepercayaan dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk membuka program studi baru. Melalui Keputusan Menristekdikti Nomor 790/KPT/I/2019, tanggal 3 September 2019, UT diberi kesempatan untuk menyelenggaarakan program pendidikan S3 dengan sistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) pertama di Indonesia, yaitu Program Doktor Administrasi Publik (DAP) dan Program Doktor Ilmu Manajemen (DIM). Sebagai tahap awal, UT Pusat hanya memperkenankan tiga UPBJJ untuk membuka program Doktor, yaitu UT Jember untuk program Doktor Ilmu Manajemen, UT Serang untuk program Doktor Administrasi Publik dan program Doktor Ilmu Manajemen, dan UT Surabaya untuk program Doktor Administrasi Publik. Kepercayaan yang diberikan kepada UT Surabaya sebagai penyelenggara program Doktor Administrasi Publik, tentu menjadi suatu kehormatan bagi segenap keluarga besar UPBJJ-UT Surabaya. Untuk itulah, UT Surabaya telah melakukan sosialisasi Program Doktor Administrasi Publik kepada para pejabat dan Aparat Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Jombang, pada tanggal 07 Januari 2020.

Sosialisasi program Doktor kali ini terlaksana berkat kerjasama yang baik dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jombang, Dr. Akhmad Zazuli, M.Si. Kegiatan sosialisasi dimulai pukul 13.00 Wib di ruang kerja Sekda Jombang, yang diikuti sebanyak 22 orang, diantaranya, Kepala BKD Jombang, Kepala Bidang Pemerintahan I, Kepala Dinas Sosial, Kepala Informasi dan Komunikasi, serta beberapa orang yang berprofesi sebagai guru. Selain itu, hadir juga Kepala PU Kabupaten Mojokerto, Camat Mojokerto, dan pejabat lain yang berminat mengikuti Program Doktor. Sementara itu, rombongan dari UT dipimpin oleh Direktur UT Surabaya, Dr. Suparti, M.Pd, Ketua Program Studi Program Administrasi Publik, Dr. Susanti, M.Si, Penangungjawab Program Pascasarajana di UT Surabaya, Dr. Pardamean Daulay, S.Sos., M.Si dan Penangung Jawab wilayah Kabupaten Jombang, Drs. Abdul Fakih, M.Pd.

jombang 1

Peserta mendengarkan dengan antusias pemaparan yang disampaikan oleh

Ketua Program Doktor Administrasi Publik, Dr. Susanti, M.Si

 

Acara sosialisasi dibuka oleh Sekda Jombang, yang menyampaikan tujuan pertemuan dan memperkenalkan sekilas tentang UT. Selain itu, beliau juga memberikan motivasi kepada para pejabat yang hadir yang disebutnya dengan calon doktor agar jangan ragu-ragu untuk menempuh program Doktor di UT karena kredibilitas UT dalam menyelenggarakan sistem pendidikan Jarak Jauh (PJJ) sudah teruji. Ia juga meyakini, kuliah S3 di UT selain mendapat ilmu pengetahuan dan kompetensi, tetapi juga memiliki prospek untuk karir dan jabatan dimasa depan.

Dalam sambutannya, Direktur UT Surabaya menyampaikan terimakasih atas kehadiran para undangan dan niat mengikuti kuliah program Doktor Administrasi Publik di UT. Beliau juga menyampaikan bahwa UT merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang hadir dan dihadirkan pemerintah untuk membantu segenap anak bangsa di dalam dan luar negeri dalam belajar dan meningkatkan kemampuan diri tanpa terkendala ruang, waktu. Terlebih di “Era Revolusi Industri 4.0” saat ini, yang ditandai dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi dan berkembangnya penggunaan Internet. Era ini juga akan mendorong lahirnya pekerjaan-pekerjaan baru yang menuntut berbagai kemampuan baru, serta menggeser pekerjaan-pekerjaan lama dengan kemampuan basi. Oleh karena itu, di era digital saat ini, kebutuhan SDM yang berkualitas dan memiliki daya saing bukan lagi sebuah keniscayaan terutama dalam menghadapi ketatnya kompetisi dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam rangka itulah, Direktur UT Surabaya, menyampaikan bahwa UT siap melayani para undangan yang hadir untuk merealisasikan niat yang tulus melanjutkan pendidikan ke jenjang S3 atau Doktor. Beliau juga menegaskan, model pembelajaran yang fleksibel yang diterapkan di UT, tidak akan mengganggu tugas ibu dan bapak di kantor karena belajar di UT dapat dilaksanakan sambil bekerja.

jombang 2

Foto bersama Sekda Kabupaten Jombang (Dr. Akhmad Zazuli, M.Si), Direktur UT Surabaya (Dr. Suparti, M.Pd), Ketua Program Doktor Administrasi Publik (Dr. Susanti, M.Si), Penangungjawab Program Doktor di UPBJJ-UT Surabaya (Dr. Pardamean Daulay, S.Sos., M.Si) dan seluruh calon mahasiswa program Doktor Administrasi Publik dari Kabupaten Jombang dan Mojokerto.


Sementara itu, pemaparan tentang program Doktor di UT disampaikan oleh Ketua Program Doktor Administrasi Publik, Dr. Susanti, M.Si. Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan bahwa program Doktor Administrasi Publik diselenggarakan dengan sistem paket. Artinya, setiap mahasiswa wajib mengikuti dan berhak memperoleh rangkaian layanan program dan mata kuliah semester beserta pembiayaanya. Dalam penyelenggaraannya mahasiswa wajib mengikuti layanan tutorial secara blended atau modus pandua/kombinasi antara sinkronus (tutorisal tatap muka/TTM atau tutorial berbasis web/Tuweb) dengan asinkronus (tutorial online atau Tuton). Program Doktor Administari Publik ditempuh selama 6 semester dan sebelum lulus mahasiswa wajib membuat Tugas Akhir Program doctor (TAPD/Disertasi sebagai karya tulis ilmiah dan menghasilkan artikel untuk dipublikasikan pada jurnal ilmiah bereputasi. Proses pembimbingan dilakukan mulai dari penyusunan proposal hingga siding TAPD oleh tim promotor sebanyak tiga orang pembimbing. Diakhir pemaparannya, Dr. susanti, M.Si, mengharapkan kepada semua yang hadir untuk melengkapi kelengkapan berkas persyaratan program doktor di UT.

Semua peserta sangat antusias mendengarkan paparan yang disampaikan dalam kegiatan sosialisasi tersebut. Antusias yang sangat besar ditunjukkan pasca berakhirnya kegiatan sosialisasi yaitu dengan adanya penunjukkan Ketua Komunitas, yaitu Kepala BKD Kabupaten Jombang dan Sekretaris bapak Heru (PLT Kepala Sekolah), dan Kepala Dinas PU Mojokerto sebagai koordinator calon mahasiswa dari Mojokerto. Semoga dengan terbentuknya pengurus tersebut dapat merealisasikan pembukaan program Doktor Administrasi Publik di UT Surabaya.

Kontributor: Pardamean Daulay





UT SURABAYA SIAP TINGKATKAN KUALITAS SDM

DI KABUPATEN MAGETAN

 

Peningkan jumlah mahasiswa selalu menjadi agenda rutin yang harus terus menerus digelorakan. Dalam rangka itulah, Direktur Universitas Terbuka (UT) Surabaya Dr. Suparti, M.Pd didampingi dua staf Dr. Pardamean Daulay, S.Sos., M.Si dan Misno melakukan kegiatan audiensi dan sekaligus penjajakan kerjasama dengan Bupati Magetan, Dr. Suparwoto, M.Si, pada tanggal 6 Januari 2020. Kegiatan audiensi ke Kabupaten Magetan merupakan salah satu program sosialisasi yang paling mendesak untuk mendukung peningkatan jumlah Angka Partisipasi Mahasiswa (APM), karena berdasarkan data Manajer registrasi dan pengujian UT Surabaya menunjukkan bahwa beberapa semester terakhir, jumlah mahasiswa UT di Kabupaten Magetan cenderung mengalami penurunan. Meskipun sudah ditopang dengan keberadaan pengurus Kelompok Belajar (Pokjar), tetapi nampaknya pergerakan jumlah mahasiswa di Kabupaten Magetan juga belum sesuai harapan.

 

Kedatangan Direktur UT Surabaya, diterima oleh Bupati Magetan dengan penuh keakraban. Pertemuan yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebuyt dilaksanakan di ruang kerja Bupati Magetan. Dalam pertemuan tersebut turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Magetan, Drs. Suwoto, M.Pd. Pertemuan diawali dengan menyampaikan tujuan audiensi dan dilanjutkan dengan penjelasan dari Direktur UT Surabaya tentang UT sebagai perguruan tinggi negeri yang cara pembelajarannya berbeda dengan universitas negeri lain, dimana pembelajarannya menggunakan sistem jarak jauh. Secara operasional, UT berkantor Pusat di Jakarta dan memiliki Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) di setiap Provinsi, salah satunya UPBJJ-UT Surabaya yang memiliki mitra kerja di 18 Kabupaten/Kota, termasuk Kabupaten Magetan.

 

magetan 1

Foto Direktur UT Surabaya memaparkan program-program UT di depan Bupati Magetan

dan didampingi Kepala Dinas Pendidikan Magetan.

 

Direktur UT Surabaya juga menjelaskan bahwa selama ini, UT telah berkontribusi dalam peningkatan SDM di Kabupaten Magetan, terutama dalam peningkatan kualifikasi guru SD yang masih berpendidikan SLTA, dan D-2 untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 atau sarjana. Namun, beberapa semester terakhir ini, jumlah mahasiswa UT di Kabupaten Magetan cenderung mengalami penurunan dan tentu saja tidak sesuai harapan. Dalam pertemuan tersebut, secara khusus, Direktur UT Surabaya menyampaikan keinginan dan harapan agar UT ke depan diberikan kesempatan untuk berkontribusi lebih banyak lagi dalam meningkatkan SDM Aparatur Sipil Negara (ASN) dan perangkat Desa, sekaligus permohonan bantuan beasiswa bagi calon mahasiswa UT yang berdomisili di Kabupaten Magetan.

 

Pertemuan ini berjalan harmonis dengan adanya respon yang baik dari Bupati Magetan. Dalam arahannya beliau menyampaikan menyambut positif penawaran UT Surabaya dalam peningkatan SDM di Kabupaten Magetan. Dari beberapa program yang ditawarkan, beliau sangat mendukung proram peningkatan aparat pemerintahan Desa karena kebutuhan ini cukup mendesak. Hal ini disebabkan, tingkat kompetensi aparat Desa di Kabupaten Magetan belum seperti yang diharapkan, sementara disisi lain jumlah dana desa yang dikucurkan untuk setiap desa perlu dikelola dengan baik sehingga diperlukan teknik pertanggungjawaban anggaran secara akuntabel.


magetan 2

 

Direktur UT Surabaya menyerahkan Cendramata Kepada Bupati Magetan didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Magetan dan Penanggungjwab Pascasrajana UPBJJ-UT Surabaya.

 

 


 

Untuk peningkatan kompetensi aparatur Desa, Bupati Magetan pada ksempatan tersebut langsung menugaskan Kepala Dinas Pendidikan untuk mendata dan menjajaki kemungkinan kerjasama yang bisa dilakukan dengan UT dalam rangka peningkatan kualitas SDM di Magetan, khususnya peningkatan kualifikasi guru SD dan PAUD serta aparat Pemerintahan Desa. Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Magetan, berjanji akan mendata guru-guru SD dan PAUD yang berkualifikasi pendidikann belum linier, kemudian diarahkan untuk menempuh pendidikan Prodi S-1 PGSD – BI di UT. Jika dimungkinkan Bupati Magetan diharapkan dapat mengalokasikan bantuan beasiswa kepada guru-guru SD dan PAUD tersebut.

 

Sebelum audianesi berakhir Direktur UT Surabaya memberikan cendramata sebagai ungkapan terimakasih dan simbol persaudaraan. Semoga audiensi ini akan membawa hasil menggembirakan dan kesepakatan kerja sama dengan Bupati Magetan dapat direalisasikan secepatnya, serta UT Surabaya siap meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Magetan.

 

Kontributor: Pardamean Daulay

 

RAPAT KERJA PENGURUS POKJAR 2020.1: KERJASAMA SOLID DEMI MEWUJUDKAN PENDIDIKAN TINGGI UNTUK SEMUA

 

Rapat Kerja & Pembinaan Pengurus Kelompok Belajar (Pokjar) Mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Surabaya adalah sebuah kegiatan rutin yang dilaksanakan pada awal semester baru. Pada masa 2020.1, kegiatan tersebut terlaksana pada Jum’at, 03 Januari 2020, bertempat di kantor UT Surabaya. Sebanyak 48 pengurus Pokjar telah di undang pada acara tersebut. Ketua pelaksana kegiatan, Drs. Abas Asmono, telah memastikan bahwa acara disiapkan dan dilaksanakan dengan baik sehingga seluruh agenda dapat berjalan lancar.

Agenda utama kegiatan ini adalah selain untuk me-refresh­ informasi tentang pengelolaan kegiatan UT Surabaya yang berhubungan dengan Pokjar, juga untuk mensosialisasikan berbagai kebijakan dan informasi terbaru di Universitas Terbuka.

(Dari kiri: Manajer Keuangan dan Umum, Mujono, S.E.; Manajer Registrasi dan Asesmen, Drs. Pramonoadi, M.Pd.; Direktur UT Surabaya, Dr. Suparti, M.Pd.; Manajer Bahan Ajar dan Tutorial, Drs. Dwi Sambada, S.Pd., M.Pd.)

Pada agenda Rapat Kerja & Pembinaan Pengurus Kelompok Belajar (Pokjar) Mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Surabaya masa 2020.1, Dr. Suparti, M.Pd. selaku Direktur UT Surabaya didampingi oleh manajer UT Surabaya yaitu Manajer Keuangan dan Umum, Mujono, S.E.; Manajer Registrasi dan Asesmen, Drs. Pramonoadi, M.Pd.; dan Manajer Bahan Ajar dan Tutorial, Drs. Dwi Sambada, S.Pd., M.Pd., menekankan tentang pentingnya bagi pengurus Pokjar untuk memahami tugas dan kewajiban pengurus Pokjar yang telah tertuang dalam kontrak pengurus Pokjar. Penting pula bagi UT Surabaya dan pengurus Pokjar untuk menguatkan kerjasama dalam sosialisasi dan promosi agar dapat meningkatkan APM Mahasiswa UT Surabaya.

(Dr. Suparti, M.Pd., Direktur UT Surabaya)

Informasi tentang prodi-prodi baru juga disampaikan oleh Direktur UT Surabaya, termasuk dibukanya program Doktor Administrasi Publik di UT Surabaya yang juga menandai awal dibukanya program Doktor di Universitas Terbuka. Hanya ada tiga UPBJJ yang saat ini diijinkan membuka program Doktor, yaitu UT Jember untuk program Doktor Ilmu Manajemen, UT Serang untuk program Doktor Administrasi Publik dan program Doktor Ilmu Manajemen, dan UT Surabaya untuk program Doktor Administrasi Publik. Kepercayaan yang diberikan pada UT Surabaya untuk membuka program Doktor Administrasi Publik tentunya menjadi tanggung jawab semua pihak dalam cakupan UT Surabaya termasuk pengurus Pokjar, agar UT Surabaya mampu menjaring mahasiswa program Doktor Administrasi Publik pada masa 2020.1 ini.

 

(Drs. Pramonoadi, M.Pd., Manajer Registrasi dan Asesmen)

Hal-hal penting terkait registrasi dan ujian termasuk evaluasinya disampaikan oleh Manajer Registrasi dan Asesmen, Drs. Pramonoadi, M.Pd. Hal penting yang disampaikan tentang registrasi utamanya meliputi data mahasiswa yang masih berstatus DS serta pentingnya melengkapi berkas registrasi pertama bagi mahasiswa baru. Hal ini perlu diperhatikan untuk menghindari terjadinya data pribadi mahasiswa yang berstatus DS. Selain itu, disampaikan pula informasi tentang tanggal-tanggal penting pada masa registrasi 2020.1, informasi penggabungan billing admisi dan billing registrasi mata kuliah bagi mahasiswa baru 2020.1, serta alur registrasi mahasiswa baru yang berstatus sebagai mahasiswa kelolaan Pokjar di UT Surabaya

 

(Manajer Bahan Ajar dan Tutorial, Drs. Dwi Sambada, S.Pd., M.Pd.)

Informasi seputar bahan ajar dan tutorial juga disampaikan oleh Manajer Bahan Ajar dan Tutorial, Drs. Dwi Sambada, S.Pd., M.Pd. Dalam kesempatan ini, Manajer Bahan Ajar dan Tutorial mempertegas pentingnya bagi pengurus Pokjar untuk melaporkan kehadiran tutor secara berkala agar pelaksanaan tutorial dapat terpantau. Selain itu, informasi tentang bahan ajar termasuk pelaporan tanda terima bahan ajar, serta prediksi jumlah bahan ajar menjadi hal penting yang perlu dicermati oleh pengurus Pokjar.

Rapat Kerja & Pembinaan Pengurus Kelompok Belajar (Pokjar) Mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Surabaya masa 2020.1 ditutup dengan foto bersama yang kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan SPJ oleh pengurus Pokjar. Dipenghujung agenda, para pengurus Pokjar menerima brosur terbaru UT Surabaya untuk mendukung jalannya promosi tentang UT di wilayah masing-masing pengurus Pokjar.

          

Kontributor: Dewi Wardah M.R.

UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA

PADA PAMERAN PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI EXPO 2019

DI KABUPATEN SIDOARJO

Melalui sosialisasi dan promosi (sosprom) program pembelajaran Universitas Terbuka (UT) di Provinsi Jawa Timur, tim sosprom UT Surabaya yang terdiri dari Dr. Suparti, M.Pd., Aditya Putra Pratama, S.E., Siti Mashlahatul Ummah, S.Hum., Mei Muri Sudibjo, Misno dan beberapa alumni turut serta berpartisipasi pada “Pameran Pendidikan Perguruan Tinggi Expo” yang diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) SMA Negeri dan Swasta Kabupaten Sidoarjo. Acara dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2019 di GOR Tenis Indoor Sidoarjo.

 

Team sosprom UT Surabaya dengan sangat antusias mengikuti acara pembukaan pada pukul 08.30 – 10.00 WIB yang secara langsung dipimpin oleh Pembina MGBK SMA Sidoarjo, Ibu Endang Sri Wadiwanti, M.Pd. Acara pembukaan berjalan dengan lancar dan tertib, stand UT Surabaya terlihat selalu ramai pengunjung, peserta yang terdiri dari siswa kelas XII SMA/MA/SMK Negeri dan Swasta se-wilayah Kabupaten Sidoarjo dan sekitarnya datang bergiliran ke acara sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh panitia penyelenggara. Sosprom UT Surabaya pada acara tersebut bertujuan agar pengunjung dapat memperoleh informasi yang akurat tentang profil UT dan sistem pembelajarannya. Selain itu, pengunjung diharap mendapatkan gambaran tentang jurusan/program studi yang akan diambil sesuai dengan minat bakatnya.

        Acara pameran diikuti oleh 50 Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta, UT sebagai Perguruan Tinggi Negeri, Terbuka, dan Jarak Jauh memperkenalkan sejumlah program-program unggulannya. UT juga mensosialisasikan Program Doktoral (S3) yang baru saja dibuka pada tahun 2019, yakni S3 Ilmu Manajemen dan S3 Administrasi Publik. Stand UT Surabaya merupakan salah satu dari beberapa stand yang paling banyak dikunjungi. Termasuk dari pihak panitia sangat pengapresiasi keikut sertaan UT Surabaya pada acara tersebut, dengan adanya UT, semua lapisan masyarakat dapat menuntut ilmu setinggi-tingginya tanpa terkendala tempat dan biaya.


UT SURABAYA DALAM PAMERAN PERGURUAN TINGGI & PENDIDIKAN PROFESI 2019 DI KABUPATEN SAMPANG DAN BANGKALAN


Universitas Terbuka Surabaya mengadakan sosialisasi dan promosi (sosprom) dengan mengikuti Pameran Pendidikan Tinggi dan Pendidikan Profesi yang diselenggarakan oleh MGBK Jawa Timur Kabupaten Sampang yang bertempat di GOR Indoor Wijaya Kusuma pada 20 November 2019. Acara diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Sampang, kemudian dilanjutkan dengan gunting pita sebagai pertanda bahwa acara Pameran Pendidikan Tinggi dan Pendidikan Profesi resmi dibuka.

Pameran Pendidikan Tinggi dan Pendidikan Profesi dihadiri oleh 85 SMA/SMK/MA Negeri dan Swasta se-Kab. Sampang. Sasaran pengunjung pameran adalah seluruh siswa kelas XII SMA/SMK/MA Negeri dan Swasta se-Kabupaten Sampang, Orangtua/Wali Murid, dan Pemerhati pendidikan Dalam ajang ini, Universitas Terbuka Surabaya memperkenalkan Sistem Pembelajaran, Pendaftaran dan Registrasi, Biaya Pendidikan, dan Beasiswa di Lingkungan Universitas Terbuka. Respon positif ditunjukkan oleh siswa/i kelas XII yang berkunjung ke stand Universitas Terbuka karena dengan kegiatan pameran seperti ini mereka dapat meningkatkan wawasan tentang Universitas Terbuka sebagai Perguruan Tinggi Negeri dengan Sistem Pembelajaran mandiri, terbuka, dan jarak jauh.

SMAPANGedu

Layanan informasi pendidikan yang diberikan kepada peserta dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan pilihan kelanjutan studi ke Perguruan Tinggi. Pelaksanaan pameran berjalan dengan tertib dan lancar, siswa/i antusias memerhatikan penjelasan mengenai Universitas Terbuka yang disampaikan oleh petugas pelayanan booth.

Dalam rangka kegiatan sosialisasi promosi (sosprom) di bulan november, UT Surabaya mengikuti Pameran Pendidikan Tinggi dan Pendidikan Profesi Kabupaten Bangkalan sebagai lanjutan dari Kegiatan Pameran sebelumnya yakni di Kabupaten Sampang yang diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK). Kegiatan pameran tersebut bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang Perguruan Tinggi dan Pendidikan Profesi kepada siswa/i setelah lulus dari SMA/SMK/MA.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 21 November 2019 di Gedung Rato Ebu, Jl. Achmad Yani Bangkalan dihadiri oleh seluruh siswa/i kelas XII dari 150 sekolah yang terdapat di Kabupaten Bangkalan. Pameran tersebut diikuti oleh 50 Instansi yang terdiri dari Pendidikan Tinggi dan Pendidikan Profesi baik Negeri maupun Swasta. Pameran dibuka secara resmi oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Bangkalan dengan ditandai pemotongan pita dipintu masuk.


BANGKALAN

Antusias siswa/i kelas XII dari Kabupaten Bangkalan untuk mencari informasi tentang Perguruan Tinggi untuk studi lanjutnya sangat tinggi. Dengan terselenggaranya pameran tersebut, khususnya untuk UT Surabaya dapat memberikan informasi dan edukasi mengenai sistem pembelajaran, program studi, rincian biaya, beasiswa dan segala info mengenai UT lebih tepat sasaran dan menjadikan UT sebagai referensi Perguruan Tinggi yang bisa mereka pilih setelah lulus nantinya.

Sebagai Perguruan Tinggi Negeri ke – 45 dan sudah terakreditasi B mulai Juni 2019, menjadi daya tarik tersendiri untuk pengunjung booth pada saat pameran. Bukan hanya siswa/i yang berminat dengan UT, para guru BK yang mendampingi para siswa/i dari sekolah pun juga tertarik mencari info lebih lanjut dengan berbagai prodi yang ada di UT, terutama untuk S2 dan S3. Enam (6) prodi UT yang sudah terakreditasi A, S1 Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Administrasi Publik, Administrasi Negara, Sosiologi, dan D – IV Kearsipan, menjadi senjata utama untuk sosprom kepada siswa/i, ditambah prodi-prodi tersebut merupakan favorit dalam dunia kerja.

Penjelasan tatap muka melalui stand kepada siswa/i, guru, atau orang tua dapat memberikan pemahaman yang lebih baik lagi.


Kontributor : Dwianto Asmara, Luky Dwi Agnes, Pascarini Citra


 

UT SURABAYA KEMBALI MENARIK MINAT BELAJAR MASYARAKAT JAWA TIMUR LEWAT SIEDUCEX 2019

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mengadakan agenda rutin Sieducex (Sidoarjo Education and Culture Expo) 2019, yang dibuka pada Kamis, 21 Novermber 2019. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Tenis GOR Delta Sidoarjo dan berlangsung hingga Minggu, 24 November 2019. Sebanyak sekitar 100 institusi pendidikan mengikuti kegiatan ini. Tidak hanya unsur pendidikan, kegiatan ini juga melibatkan unsur budaya sehingga menjadi lebih menarik untuk dinikmati.

Berbagai institusi pendidikan mengikuti Sieducex 2019, bahkan Perguruan Tinggi pun turut memeriahkan. Salah satunya adalah Universitas Terbuka (UT) Surabaya. Pada hari pertama Sieducex 2019 kemarin, Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo menyempatkan diri untuk mengunjungi booth UT Surabaya. Para pengunjung juga nampak antusias mendatangi booth UT Surabaya. Pengunjung yang bertanya tentang informasi seputar program pendidikan di UT tidak hanya datang dari kalangan guru dan pegawai institusi pendidikan, namun juga datang dari siswa-siswa SMA. Banyak dari siswa SMA yang bertanya, rupanya baru mengetahui tentang bagaimana sistem belajar di UT. Mereka tampak tertarik dengan sistem pembelajaran jarak jauh di UT karena memberika waktu leluasa bagi mereka untuk belajar mandiri dan mengembangkan skill-skill lain yang menjadi ketertarikan mereka.

Daya tarik UT pada Sieducex 2019 tentu ada pada sistem pembelajaran yang terbuka dan jarak jauh. Hal ini yang membuat UT berbeda dengan institusi pendidikan lain. Program studi yang ditawarkan di UT pun beragam, baik progarm studi S1 maupun S2. Program studi S3 yang mulai semester ini ditawarkan di UT Surabaya yaitu Program Studi Doktor Administrasi Publik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung pameran.

Dengan mengikuti Expo Pendidikan seperti Sieducex atau kegiatan sejenis, UT Surabaya semakin melebarkan daya jangkaunya sehingga lebih dikenal oleh masyrakat. Diharapkan, ke depan UT Surabaya akan mampu meningkatkan Angka Partisipasi Mahasiswa di Jawa Timur dan berkontribusi lebih besar pada pendidikan di Jawa Timur.

 

Kontributor

Dewi Wardah

 

Berita Terbaru

PERKENALKAN PROGRAM DOKTOR, DIREKTUR UT SURABAYA ...

  PERKENALKAN PROGRAM DOKTOR, DIREKTUR UT SURABAYA BERI SAMBUTAN DIDEPAN PESERTA APEL PAGI KANTOR WALIKOTA MADIUN   Hingga saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengenal Universitas Terbuka secara menyeluruh. Hal ini terbukti d [ ... ]

Perkenalkan Program Doktor Administrasi Publik: U...

Perkenalkan Program Doktor Administrasi Publik: UT Surabaya Gandeng Sekda Kabupaten Jombang
Universitas Terbuka (UT) kembali mendapat kepercayaan dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk membuka program studi baru. [ ... ]

UT SURABAYA SIAP TINGKATKAN KUALITAS SDM DI KABUPA...

UT SURABAYA SIAP TINGKATKAN KUALITAS SDM DI KABUPATEN MAGETAN   Peningkan jumlah mahasiswa selalu menjadi agenda rutin yang harus terus menerus digelorakan. Dalam rangka itulah, Direktur Universitas Terbuka (UT) Surabaya Dr. Suparti, M.Pd di [ ... ]

RAPAT KERJA PENGURUS POKJAR 2020.1: KERJASAMA SOLI...

RAPAT KERJA PENGURUS POKJAR 2020.1: KERJASAMA SOLID DEMI MEWUJUDKAN PENDIDIKAN TINGGI UNTUK SEMUA   Rapat Kerja & Pembinaan Pengurus Kelompok Belajar (Pokjar) Mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Surabaya adalah sebuah kegiatan rutin yang  [ ... ]

UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA PADA PAMERAN PENDIDIK...
UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA PADA PAMERAN PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI EXPO 2019 DI KABUPATEN SIDOARJO

UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA PADA PAMERAN PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI EXPO 2019 DI KABUPATEN SIDOARJO Melalui sosialisasi dan promosi (sosprom) program pembelajaran Universitas Terbuka (UT) di Provinsi Jawa Timur, tim sosprom UT Surabaya yang terd [ ... ]

UT SURABAYA DALAM PAMERAN PERGURUAN TINGGI & PENDI...
UT SURABAYA DALAM PAMERAN PERGURUAN TINGGI & PENDIDIKAN PROFESI 2019 DI KABUPATEN SAMPANG DAN BANGKALAN

UT SURABAYA DALAM PAMERAN PERGURUAN TINGGI & PENDIDIKAN PROFESI 2019 DI KABUPATEN SAMPANG DAN BANGKALAN
Universitas Terbuka Surabaya mengadakan sosialisasi dan promosi (sosprom) dengan mengikuti Pameran Pendidikan Tinggi dan Pendidikan Profesi [ ... ]

UT SURABAYA KEMBALI MENARIK MINAT BELAJAR MASYARAK...

  UT SURABAYA KEMBALI MENARIK MINAT BELAJAR MASYARAKAT JAWA TIMUR LEWAT SIEDUCEX 2019 Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mengadakan agenda rutin Sieducex (Sidoarjo Education and Culture Expo) 2019, yang dibuka pada Kamis, 21 Novermber 2019. Kegia [ ... ]

Pengumuman

Daftar Peserta SUO Reguler Masa 2019.2
Daftar Peserta  SUO Reguler  Masa 2019.2

Daftar Peserta  SUO Reguler  Masa 2019.2

Sistem ujian Online (SUO)  [ ... ]

Daftar Nama Mahasiswa UPBJJ-UT Surabaya yang Terja...
Daftar Nama Mahasiswa UPBJJ-UT Surabaya yang Terjaring Treatment/Tugas Matakuliah/Remidiasi 2019/20.2

Daftar Nama Mahasiswa UPBJJ-UT Surabaya yang Terjaring Treatment/Tugas Matakulia [ ... ]

"Program Doktor (S3) Universitas Terbuka"

  "Program Doktor (S3) Ilmu Administrasi Publik Universitas Terbuka" &nbs [ ... ]

LOKASI UJIAN AKHIR SEMESTER UT SURABAYA TAHUN AKAD...
LOKASI UJIAN AKHIR SEMESTER UT SURABAYA TAHUN AKADEMIK 2019/2020.1 (2019.2)

LOKASI UJIAN AKHIR SEMESTER UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA TAHUN AKADEMIK 2019 [ ... ]

Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Penga...

Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengajuan Tahun 2019 untuk Pendana [ ... ]

UNDANGAN MENGIKUTI WISUDA DI UT PUSAT

UNDANGAN MENGIKUTI WISUDA DI UT PUSAT

Para Wisudawan/wati yang Berbahagia.  [ ... ]

KLINIK BELAJAR UNIVERSITAS TERBUKA

KLINIK BELAJAR UNIVERSITAS TERBUKA   KLINIK BELAJAR merupakan pendukung  [ ... ]

ut 35

laman kit

laman tutor

lmn mahasiswa

lmn pokjar

Follow Us : facebook  twitter  feed  google