Loading…
  • 0
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
<<< Selamat Datang di Website UPBJJ-UT Surabaya, Kampus C Unair Jl. Mulyorejo Surabaya 60115 Telp. 031 - 5961861, 5961862, Faks. 031 - 5961860; SMS Center. 0895-6170-34951 E-mail: ut-surabaya@ecampus.ut.ac.id Media Sosial : https://www.facebook.com/ut.surabaya ---- https://twitter.com/ut_sby ---->>>>


UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA

PADA ACARA “RONA JAWA TIMUR”

FESTIVAL PERTUNJUKAN RAKYAT DI KABUPATEN MAGETAN

Sosialisasi dan promosi merupakan kegiatan yang terus menerus dilakukan oleh Universitas Terbuka (UT) Surabaya sebagai ajang pengenalan kepada masyarakat luas dengan cara pendekatan dan berinteraksi secara langsung kepada masyarakat agar menerima informasi dengan baik dan menarik. Sosialisasi kali ini dilakukan bersama stasiun televisi JTV dalam acara “Rona Jawa Timur” festival pertunjukan rakyat yang dilaksanakan di GOR Ki Mageti Kabupaten Magetan selama 3 hari pada tanggal 01-03 Oktober 2019.

Pada acara tersebut UT Surabaya sebagai salah satu sponsor, membuka booth untuk pelayanan bagi masyarakat yang ingin mencari informasi lebih detail tentang UT. Pelayanan yang diberikan meliputi informasi seputar tata cara pendaftaran mahasiswa baru, berbagai macam program studi, informasi biaya, sistem belajar jarak jauh, keunggulan kuliah di UT, dan lokasi mitra UT yang terletak di seluruh Indonesia termasuk yang berada di Kabupaten Magetan dan sekitarnya.

Disela-sela kegiatan pameran, Direktur UT Surabaya Dr. Suparti, M.Pd. bersama tim mengunjungi Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Magetan. Kunjungan tersebut disambut hangat oleh Kabid. Pendidik dan Tenaga Kependidikan Drs. Yusuf, M.M. Disamping bertujuan untuk silaturrahmi, Direktur UT Surabaya juga menyosialisasikan kembali program-program unggulan UT dan berkonsultasi agar daya minat masyarakat di Kabupaten Magetan lebih tinggi untuk melanjutkan belajar di Universitas Terbuka, Universitas Negeri Program Belajar Jarak Jauh dengan fasilitas yang menarik.

Sebagai media pengenalan Universitas Terbuka kepada masyarakat luas khususnya di Kabupaten Magetan dan sekitarnya, pada malam puncak acara hari kedua, Direktur UT Surabaya berkesempatan mengisi acara pentas Doro Bei. Pentas tersebut disiarkan secara langsung di stasiun televisi JTV pada tanggal 02 Oktober 2019. Dalam dialognya, Direktur UT Surabaya juga menawarkan program pendidikan berkelanjutan (PPB) yang dimiliki UT. Program tersebut terdiri dari Program Pemerintahan Umum Desa, Ketatausahaan Sekolah, Statistika Pemerintahan, Akuntansi Keuangan Daerah, Program Sertifikat Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru, dan Program Sertifikat Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing.

Selain Direktur UT Surabaya, Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, S.H., M.Si. juga turut serta dalam pentas Doro Bei tersebut. Bupati sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh UT Surabaya untuk memfasilitasi masyarakat Kabupaten Magetan yang belum mengenyam pendidikan tinggi. Dengan kemudahan layanan yang diberikan UT, masyarakat bisa dengan mudah untuk kuliah. Apalagi proses perkuliahannya bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja tak terbatas ruang dan waktu.

Sukses terus untuk UT Surabaya. Semoga selalu jaya..

 

*Berita kegiatan ini dimuat di Jawa Pos Radar Madiun, 4 Oktober 2019 pada halaman “Komunikasi Pemerintahan”.

http://radarmadiun.co.id/ut-surabaya-meriahkan-jkf-2019-di-gor-ki-mageti/

TUTOR UT SURABAYA, SIAP MENJAWAB TANTANGAN BELAJAR DI ERA GLOBAL


 

Cepatnya penyebaran informasi kini telah membuat semakin pesatnya distribusi ilmu pengetahuan dari berbagai belahan dunia. Sebagai penyelenggara pendidikan tinggi dan jarak jauh, Universitas Terbuka (UT) khususnya UT Surabaya perlu meningkatkan kualitas para tutornya. Untuk itu, pada tanggal 13-15 September 2019, UT Surabaya mengadakan kegiatan Pelatihan Tutor Tutorial Tatap Muka di Hotel Grand Inna Tunjungan Surabaya.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut bertujuan untuk menyiapkan para calon tutor di UT Surabaya untuk mampu memenuhi kebutuhan belajar mahasiswa di era global ini atau lebih dikenal dengan era industry 4.0. Tak hanya kemampuan mengajar yang baik yang diasah, calon tutor UT Surabaya juga disiapkan untuk mampu menggunakan failitas teknologi yang telah dikembangkan UT demi mendukung kemudahan proses belajar mahasiswa.

Direktur UT Surabaya, Dr. Suparti, M.Pd. mengatakan bahwa “Tutor UT Surabaya harus mampu menjawab berbagai kebutuhan mahasiswa, tutor jangan sampai kalah canggih dibandingkan mahasiswa, sehingga tutor harus selalu up to date tentang berbagai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.”

Tak hanya tentang penggunaan bahan ajar cetak maupun digital, calon tutor UT Surabaya juga dilatih untuk mampu menggunakan fasilitas entry nilai secara online serta mengakses semua fasilitas termasuk bahan ajar tambahan yang tersedia pada laman UT.

 

Tentu saja tim instruktur yang terdiri dari Dr. Suparti, M.Pd. selaku Direktur UT Surabaya, Drs. Dwi Sambada, S.Pd., M.Pd., Dr. Tri Dyah Prastiti, M.Pd., Dra. Sri Tresnaningsih, M.Pd., Ir. Dwi Iriyani, M.Pd., dan Dwianto Asmara, S.Kom., adalah kunci utama dari suksesnya pelatihan ini. Keahlian para instruktur yang di ­transfer kepada para peserta adalah bekal utama para calon tutor untuk nantinya mampu memberikan layanan tutorial terbaik bagi mahasiswa UT Surabaya.

Agenda pelatihan sangat padat. Kegiatan Pelatihan Tutor Tutorial Tatap Muka UT Surabaya ini bahkan berakhir sampai pukul 21.00 WIB pada hari Jum’at dan Sabtu (13 dan 14 September 2019). Namun, para peserta tampak sangat antusias, bahkan banyak diantara peserta yang rela begadang sampai diatas pukul 00.00 WIB demi mengerjakan tugas-tugas pelatihan sebaik mungkin.

Djasuli, salah satu perwakilan peserta yang memberikan kesan pesan dalam sesi penutupan kegiatan pelatihan menyampaikan, “materi-materi yang kami terima selama pelatihan ini sangat mahal, karena kami tidak akan bisa mendapatkan materi tersebut jika tidak mengikuti pelatihan ini.” Djasuli juga menambahkan bahwa ia dan rekan-rekan sesama peserta sangat kagum dengan kecanggihan sistem informasi dan teknologi yang telah dimiliki oleh UT karena sistem tersebut belum pernah ada pada universitas-universitas yang lain.

 

Dari kegiatan pelatihan ini, semua tutor menyatakan mereka tidak menyesal telah bergabung dengan UT Surabaya. Terlebih lagi, dengan adanya pelatihan ini, mereka menjadi semakin paham tentang sistem pembelajaran di UT, peran tutor, dan berbagai layanan yang tersedia di UT.

Feedback yang diberikan oleh para instruktur atau fasilitator juga telah membantu peserta pelatihan untuk semakin mantap dalam menyiapkan KIT Tutorial serta teknik mengajar yang cocok diterapkan untuk memenuhi beragam kebutuhan belajar mahasiswa UT. UT Surabaya yakin bahwa melalui Pelatihan Tutor Tutorial Tatap Muka ini, UT Surabaya dapat memberikan layanan Tutorial Tatap Muka yang prima terhadap para mahasiswa.

 

(Kontributor: Dewi Wardah M.R.,)


Suasana Akrab mewarnai Pisah sambut Direktur UT Surabaya

Surabaya, 6 September 2019


 

Universitas Terbuka semakin membahana di wilayah tanah air bahkan hingga di luar negeri. Betapa tidak, karena UT yang berdiri sejak 1984 itu terus mengembangkan program-program studinya sejalan dengan tuntutan perkembangan masyarakat, teknologi dan informasi. Tidak ketinggalan UT Surabaya, gemanya semakin menggaung di wilayah Jawa Timur hingga ke pelosok negeri.

Adalah Teguh Prakoso, pemimpin muda yang dipercaya Rektor UT untuk memandegani UT Surabaya. Misinya cukup berat yakni “kembalikan kejayaan UT Surabaya yang pernah menyabet predikat UPBJJ – UT terbaik sekitar tahun 2010“. Saat itu UT Surabaya dipimpin Prof. Dr. Kisyani Laksono, M.Hum. dan mencatat jumlah mahasiswa hampir 26.000 orang.

Teguh Prakoso, M.Hum.

 

Tahap kepemimpinan pertama selama 4 tahun, Teguh Prakoso, M.Hum. melewatinya dengan berbagai gebrakan terutama dalam menjalin komunikasi dan kemitraan dengan pemerintah daerah dan instansi terkait di seluruh wilyah UPBJJ-UT Surabaya. Karena dinilai sukses, Pimpinan UT Pusat memberi kepercayaan kembali pada Teguh Prakoso untuk masa 4 tahun berikutnya. Namun demikian, belum genap 1 tahun menjalani masa tugas tahap kedua kalinya, Teguh Prakoso M.Hum. mendapat kesempatan untuk studi lanjut dan lulus seleksi S3 pada Universitas Negeri Semarang. Pada detik-detik menjelang berakhirnya masa jabatan di Surabaya, UT Surabaya pimpinan Teguh Prakoso M.Hum. masih sempat menorehkan prestasi sebagai Juara 1 tingkat nasional sebagai UPBJJ-UT terbaik. Tentu saja prestasi ini menambah daftar panjang capaian yang ditorehkan UT Surabaya dan sangat membahagiakan bagi keluarga besar UT Surabaya.

Pada kata sambutan yang disampaikan Teguh Prakoso M.Hum. ketika acara pisah sambut, mengatakan bahwa “memimpin UT Surabaya ini sangat sulit sehingga terkesan tidak sembarang orang dapat memimpin di sini”. Berdasarkan hasil seleksi dan evaluasi oleh para Pimpinan di Jakarta kepada para pemimpin UT di seluruh Indonesia, akhirnya Rektor memutuskan dan menjatuhkan pilihan kepada Dr. Suparti, M.Pd. Tentu melalui berbagai pertimbangan yang sangat ketat, antara lain: Dr. Suparti, M.Pd. pernah menjadi Direktur di Jember dan dijalaninya dengan sangat baik. Setelah sukses berkarir di UT Jember, Dr. Suparti, M.Pd. dipromosikan memimpin UT Semarang yang dikenal maju dan banyak jumlah mahasiswanya. Tetapi Dr. Suparti, M.Pd. lagi-lagi dinilai sangat cakap dan sukses menjalankan gerbang kepemimpinannya di Semarang. Pertimbangan selanjutnya bahwa Dr. Suparti, M.Pd. sudah sangat familier dengan teman-teman yang ada di UT Surabaya karena Dr. Suparti, M.Pd. memang berasal dari UT Surabaya sebagai dosen sejak awal tahun 90-an.

Dr. Suparti, M.Pd.

 

Terkait dengan kehadiran kembali Dr. Suparti, M.Pd. di Surabaya, tentu disambut dengan senang hati dan dukungan moral oleh seluruh pegawai UT Surabaya. Sebagaimana ungkapan ketua panitia, Dr. Adi Suparto, M.Pd. menyampaikan “kami sangat bangga dengan kembalinya Dr. Suparti, M.Pd. ke Surabaya. Saya katakan dengan istilah kembali karena beliau adalah produk UT Surabaya. Kami sangat optimis dengan kepemimpinan Dr. Suparti, M.Pd. yang dikenal sebagai sosok perempuan ulet, mandiri, disiplin dan lobbyist”, pungkas Adi Suparto.

Hal ini senada dengan harapan Ibu Suparti dalam kata sambutannya “seorang Suparti tidak akan mempunyai arti dalam melanjutkan perjuangan Pak Teguh tanpa adanya dukungan dari semua pihak khususnya teman-teman pegawai UT Surabaya, pengurus Pokjar, alumni dan media di Jawa Timur. Mari kita satukan tekat, bergandengan tangan untuk memajukan pendidikan khususnya Universitas Terbuka Surabaya, insya Allah UT Surabaya semakin maju, dan makin dicintai masyarakat.”

(Adi Suparto, Dwi Iriyani, Dewi Wardah)


LAPORAN KEGIATAN EVALUASI LAPANGAN

USULAN PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PUBLIK PROGRAM DOKTOR

UNIVERSITAS TERBUKA DI UPBJJ-UT SURABAYA


Sebagai penyelenggara pendidikan terbuka dan jarak jauh terdepan di Indonesia, Universitas Terbuka (UT) telah mengajukan usulan pembukaan program doktor untuk program studi Administrasi Publik. Sebagai bagian dari prosedur pengusulan program doktor tersebut, tim dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) melakukan evaluasi lapangan ke beberapa UPBJJ yaitu UPBJJ-UT Surabaya, Serang, dan Jember. Kegiatan evaluasi tersebut dilaksanakan pada hari Senin, 02 September 2019. Tujuan kegiatan evaluasi lapangan tersebut adalah untuk mengevaluasi kesiapan kondisi lapangan untuk penyelenggaraan program studi baru Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Doktor Administrasi Publik Universitas Terbuka.

Evaluasi lapangan yang dilakukan di UPBJJ-UT Surabaya dilakukan oleh tim Kemenristek Dikti dimana yang bertindak sebagai evaluator adalah Drs. Gatot Fatwanto Hertono, M.Sc., Ph.D. dan Dr. Hari Wibawanto, M.T. Terdapat juga staf dari Kemenristek Dikti yang mendampingi evaluator, yaitu Made Ayu Swari Oktarini dan Siska Pangemanan. Sedangkan dari UPBJJ-UT Surabaya, Dr. Suparti, M.Pd., selaku Kepala UPBJJ-UT Surabaya yang baru, turut mendampingi jalannya proses evaluasi.

Berdasarkan hasil evaluasi, lingkungan UPBJJ-UT Surabaya dianggap layak untuk menyelenggarakan program Doktor Administrasi Publik. Hal ini karena UPBJJ-UT Surabaya memiliki kemudahan akses lokasi dan akses internet. Dengan berada di dalam lingkungan kampus Universitas Airlangga, suasana akademik di UPBJJ-UT Surabaya sangat sesuai dengan tujuan dibukanya program Doktor Administrasi Publik. Selain itu, wilayah jangkauan UPBJJ-UT Surabaya yang mencakup 18 kabupaten dan kota di Jawa Timur seperti Jombang, Sidoarjo, hingga Madiun, menjadikan UPBJJ-UT Surabaya memiliki cakupan pangsa calon mahasiswa yang berjumlah besar. Selanjutnya dari segi fasilitas PJJ, UPBJJ-UT Surabaya telah memiliki fasilitas penunjang tutorial tatap muka dan fasilitas TIK yang baik untuk pelakasanaan proses pembelajaran, seperti fasilitas internet dan video conference yang memadai.

Kegiatan evaluasi juga dilakukan dengan melakukan wawancara dengan Kepala UPBJJ-UT Surabaya yaitu Dr. Suparti, M.Pd. Latar belakang pengusulan dan pemilihan wilayah jangkauan didasarkan pada adanya kerjasama UPBJJ-UT Surabaya dengan berbagai pemerintah daerah yang berada dalam wilayah kerja UPBJJ-UT Surabaya. Pada kegiatan evaluasi kemarin, telah hadir satu wakil dari Pemda Sidoarjo yaitu Dr. Ng. Tirto Adi MP, M. Pd., satu wakil dari Pemda Jombang yaitu Dr. H. Akhmad Jazuli, S.H., M.Si., serta satu wakil dari Dinas Pariwisata Bojonegoro yaitu Drs. Sukarni S.Pd., M.M. Wakil dari daerah-daerah tersebut menyatakan bahwa pihak pemerintah daerah siap membantu mempromosikan atau mensosialiasasikan informasi pembukaan program Doktor Administrasi Publik di Universitas Terbuka. Tidak hanya dari perwakilan calon mitra, wawancara juga dilakukan dengan dua orang calon mahasiswa. Keduanya menyatakan bahwa mereka sangat menantikan dibukanya program Doktor Administrasi Publik di Univeritas Terbuka. Mereka sangat antusias untuk mengambil program tersebut melalui UPBJJ-UT Surabaya.

Dalam upaya penyelenggaraan kegiatan pembelajaran bagi program Doktor Administrasi Publik, para pejabat Universitas Terbuka, melalui video conference yang dilakukan kemarin bersama dengan perwakilan Kemenristek Dikti, persyaratan rekrutmen mahasiswa baru telah ditentukan. Sebagai penunjang pelaksanaan kegiatan perkuliahan, mahasiswa baru program Doktor Administrasi Publik di Universitas Terbuka nantinya akan mengikuti program pra-pasca dan matrikulasi yang bertujuan menyiapkan mahasiswa untuk menjalani program Doktor. Demi terlaksananya program Doktor Administrasi Publik, UPBJJ-UT Surabaya telah memiliki jumlah sumber daya yang memadai. Hal ini berarti UPBJJ-UT Surabaya telah siap mendukung pelaksanaan kurikulum pembelajaran program Doktor Administrasi Publik Universitas Terbuka.

Kegiatan evaluasi lapangan yang mencakup wawancara, pengecekan lokasi dan fasilitas, serta video conference dengan UPBJJ-UT Serang, UPBJJ-UT Jember, pejabat UT Pusat, dan pejabat Kemenristek Dikti berakhir pada sekitar pukul 17.00 WIB. Dapat disimpulkan bahwa rencana dibukanya pogram Doktor Administrasi Publik di Universitas Terbuka telah mendapat respon yang baik dari mitra serta calon mahasiswa terutama di wilayah UPBJJ-UT Surabaya.

 

Kontributor: Dewi Wardah M.R.


"SEMALAM BERSAMA TEGUH PRAKOSO"

 

Surabaya, 28 Agustus 2019. UPBJJ-UT Surabaya menyelenggarakan sebuah acara bertajuk “Semalam Bersama Teguh Prakoso”. Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja Kepala UPBJJ-UT Surabaya, Teguh Prakoso, S.Pd., M.Hum., yang harus melepaskan jabatan di UT Surabaya dikarenakan akan studi lanjut program doktoral (S3).

 

Acara ini digelar di restoran Layar Seafood & Ikan Bakar yang terletak di Perumahan Bukit Mas Surabaya. Pembukaan acara yang dilakukan sekitar pukul 18.30 WIB dan disertai do’a pembuka oleh Drs. H. Abdul Malik, M.Pd. Acara selanjutnya yakni laporan ketua panitia yang disampaikan oleh Dr. Sugiran, M.Pd. dan berlanjut dengan kesan pesan kepada Kepala UPBJJ-UT Surabaya yang disampaikan oleh perwakilan pegawai UT Surabaya, Mujono, S.E., selaku Manajer Keuangan dan Umum di UPBJJ-UT Surabaya.

 

Menginjak pada inti acara “Semalam Bersama Teguh Prakoso”, yakni penyampaian sepatah kata oleh Bapak Teguh Prakoso kepada seluruh pegawai UPBJJ-UT Surabaya, sebagai bentuk ucapan terimakasih. Tak lupa Bapak Teguh Prakoso juga menyampaikan pesan agar UPBJJ-UT Surabaya semakin menjadi lebih baik. Suasana menjadi cukup haru saat sepatah kata oleh Bapak Teguh Prakoso menyentil beberapa kisah pengalaman selama menjabat menjadi Kepala UPBJJ-UT Surabaya. Riuh tepuk tangan mengiringi penutupan sepatah kata yang disampaikan oleh Bapak Teguh Prakoso.

 

Setelah penyampaian pesan kesan tersebut, acara dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata. Cinderamata yang pertama diberikan oleh Bapak Teguh Prakoso kepada Sudewo S.Ip., selaku pegawai UT Surabaya yang baru saja purna tugas. Cinderamata dimaksud sebagai kenang-kenangan dan pengingat bahwa Bapak Sudewo telah ikut berjuang bersama UPBJJ-UT Surabaya. Penyerahan cinderamata yang kedua diberikan untuk Bapak Teguh Prakoso oleh perwakilan pegawai UPBJJ-UT Surabaya yaitu Mujono, S.E.

Berakhirnya penyerahan cinderamata merupakan awal dari acara ramah tamah. Suasana yang semula serius dan penuh keharuan, telah berubah menjadi lebih santai. Pada acara ini semua tamu undangan dimanjakan dengan jamuan hidangan dan hiburan dari song performance yang telah disediakan oleh pihak restoran. Selama acara ramah tamah, beberapa pegawai UPBJJ-UT Surabaya juga mempersembahkan beberapa lagu yang dinyanyikan langsung dan diiringi musik yang disediakan pihak restoran. Tak lupa disela-sela acara ramah tamah, video pesan kesan yang disampaikan oleh beberapa pegawai UPBJJ-UT Surabaya juga ditayangkan selama. Suasana kocak juga haru terasa selama pemutaran video tersebut.

Hingga tiba saat penutupan acara, pembawa acara meminta Bapak Teguh Prakoso untuk menyampaikan kata-kata penutup dan disusul dengan penampilan lagu serta puisi oleh pegawai perempuan UPBJJ-UT Surabaya yang dipersembahkan khusus kepada Kepala UPBJJ-UT Surabaya. Acara selesai pada sekitar pukul 21.30 WIB dan diakhiri dengan sesi foto bersama dan sesi bersalaman dengan Bapak Teguh Prakoso untuk memberikan ucapan selamat serta do’a untuk kelancaran studi S3 nya.

“Setiap ada pertemuan, akan ada perpisahan. Namun setiap perpisahan akan membawa awal yang baru.”

Harapan utama Bapak Teguh Prakoso, yakni UPBJJ-UT Surabaya yang pada 2019 ini menyabet gelar sebagai UPBJJ-UT terbaik nomor 1 se-Indonesia, akan menjadi semakin maju. Dibuktikan dengan jumlah mahasiswa baru tertinggi sepanjang sejarah UPBJJ-UT Surabaya yaitu sebanyak 4480 di masa registrasi 2019/2020.1 (2019.2). Bapak Teguh Prakoso telah menorehkan sejarah emas bagi UPBJJ-UT Surabaya selama pada masa jabatannya. Hanya sekadar ucapan terima kasih tak akan dapat membalas kontribusi besar yang telah dilakukan oleh Bapak Teguh Prakoso selama masa menjabat sebagai Kepala UPBJJ-UT Surabaya. Segala inovasi yang telah dilakukan, kini telah membuat UPBJJ-UT Surabaya tampil gagah dibandingkan UPBJJ-UT lain di seluruh Indonesia.

 

 

Kontributor:

Dewi Wardah Mazidatul Rohmah dan Tiara Sevi Nurmanita.



THE ONLY ONE 2.0 PONOROGO

(The Open University Olympiad on Economics)

GENERASI MILENIAL PEMBANGUN BANGSA

 

Ponorogo, 24-25 Agustus 2019. Setelah sukses pada tahun 2018 lalu, acara olimpiade ekonomi tingkat SMA/MA/SMK yang diselenggarakan oleh paguyuban mahasiswa bidik misi dari Pokjar Kabupaten Ponorogo kembali digelar. Pada acara ini, tema yang diusung yakni “Responsive Millenial”, dimana fokus utama untuk mengembangkan kreativitas dan pemikiran kritis anak-anak generasi milenial. Acara ini berlokasi di lapangan dan aula SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo dengan durasi waktu selama 2 hari. Selain tema yang berbeda, tahun ini juga menawarkan lomba kreasi majalah dinding (mading) 2 dimensi selain lomba olimpiade ekomoni. Acara berlangsung dengan diikuti 13 sekolah, dengan total peserta 75 siswa.

Pembukaan acara dimulai pada hari pertama, tanggal 24 Agustus 2019. Sebelum memasuki upacara pembukaan, peserta lomba melakukan registrasi awal di lapangan. Di sela-sela waktu registrasi, tim sosprom dari UPBJJ-UT Surabaya menarik semangat para peserta maupun pengunjung lain kunjungan bebas di booth UT yang tersedia. Pengunjung dimanjakan dengan pajangan khas UT, video-video tentang UT, serta mendapatkan info-info menarik seputar perkuliahan di UT. Selain itu, pengunjung juga diajak untuk mengobrol santai dan berdiskusi.

Tepat pada pukul 09.00 WIB, upacara pembukaan dimulai, peserta dengan tertib memasuki aula. Pembukaan The Only One 2.0 awali sambutan oleh Ketua Panitia, Teguh Rahayu. Kemudian dilanjutkan oleh Ketua Pokjar Mitra Caraka Ponorogo, Drs. Bambang Supriyadi, M.Pd. dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Wilayah Ponorogo, Supardi, SH., M.Pd. Pada kesempatan ini, Kepala Cabang Dinas pendidikan Provinsi Wilayah Ponorogo memberikan sedikit motivasi kepada peserta lomba, bahwa kuliah tidak harus di perguruan tinggi favorit, yang terpenting yakni komitmen dalam belajar atapun melakukan sesuatu agar menjadi manusia yang terbaik. Sambutan berikutnya yakni Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Ponorogo, Edy Prawoto, SH., MM., dan Dekan Fakultas Ekonomi yang diwakili oleh Dosen Fakultas Ekonomi, Hendrian, S.E., M.Si.. Puncak acara, acara The Only One 2.0 resmi dibuka oleh Kepala UPBJJ-UT Surabaya, Teguh Prakoso, S.Pd., M.Hum.

Setelah upacara pembukaan selesai, selanjutnya acara Open Class, dimana peserta diajak diskusi ringan tentang informasi seputar kuliah di UT dan teknik wirausaha. Pemateri bukan hanya memaparkan materi, tetapi mengajukan dialog interaktif. Kesempatan tersebut dimanfaatkan peserta dengan baik, terlihat antusias peserta mengajukan pertanyaan untuk menggali informasi mendalam pada pemateri.

Sesuai acara Open Class , peserta lomba dibagi menjadi 2 bagian. Peserta lomba olimpiade ekomoni tetap berada di aula untuk mengikuti babak penyisihan, sedangkan peserta lomba mading 2D pindah ke ruangan lain untuk mengikuti sesi perancangan mading. Untuk lomba olimpiade ekomoni, babak penyisihan diikuti oleh 17 tim. Para peserta mengikuti serangkaian kegiatan dengan serius. Selanjutnya, lomba dilanjutkan pada babak semi final yang terdiri dari 2 sesi, yakni sesi mistery box dan sesi essay. Pada babak ini peserta dituntut untuk berpikir dan menulis secara kritis, tetapi tidak melupakan kerja sama tim. Dari babak penyisihan dan babak semi final, didapatkan 4 tim yang akan mengikuti babak final di hari berikutnya.

Untuk lomba mading, sesi perancangan diikuti oleh 8 tim yang terbagi menjadi 2 ruang. Setiap tim merancang dan membuat mading 2D dengan bahan-bahan yang ditentukan dari awal dengan durasi waktu 4 jam. Para peserta dengan kompak saling bekerja sama dalam tim ketika merancang mading. Tema mading yang ditawarkan ada 2 topik, yakni tema mengisi waktu luang dan generasi milenial. Mading-mading yang hasilkan peserta lomba sangat beragam. Setiap tim ditantang bekerja sama untuk mengeluarkan segenap kreativitas mereka.

Pada hari kedua, 25 Agustus 2019, kegiatan yang dilakukan melanjutkan dari kegiatan hari sebelumnya. Pada lomba olimpiade ekonomi, dilanjutkan dengan babak final yang akan menentukan pemenang lomba. Pada babak final ini dilakukan dengan debat pendapat. Masing-masing tim ditantang untuk mengutarakan pendapat kritis mereka mengenai permasalahan ekonomi yang diajukan oleh dewan juri.Pada lomba mading 2D, dilanjutkan dengan sesi presentasi hasil karya. Masing-masing tim memaparkan hasil karya mereka guna untuk mendapatkan nilai tambah. Setiap tim menampilkan yang terbaik. Pada sesi ini peserta dituntut untuk lebih kompak dan percaya diri, serta keterampilan berbicara.

Ketika semua sesi lomba telah berakhir, tiba saat yang ditunggu, yakni pengumuman lomba. Pada lomba olimpiade ekonomi, juara pertama diraih oleh SMAN 1 Ponorogo. Disusul peraih juara kedua yakni SMAN 2 Madiun, juara ketiga yakni MAN 1 Ponorogo, dan juara harapan diraih oleh SMAN 1 Ponorogo. Untuk lomba mading 2D, juara pertama diraih oleh SMK PGRI 1 Ponorogo, Juara kedua diraih oleh SMKN 1 Ponorogo, dan juara ketiga diraih oleh SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.

Setelah acara penyerahan penghargaan kepada para pemenang, tibalah saatnya untuk acara terakhir yakni penutupan acara The Only One 2.0. Penutupan dilakukan oleh Mujono, S.E. selaku perwakilan dari UT Surabaya. Dengan berakhirnya acara The Only One 2.0 tepat pukul 12.00 WIB, diharapkan akan mengapresiasi mahasiswa UT yang lain untuk membuat kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat. Selain itu, juga dapat mengenalkan UT kepada masyarakat luas.

 

Kontributor: Tiara Sevi Nurmanita

MENGEMBANGKAN PROGRAM PENDIDIKAN BERKELANJUTAN (PPB)

UT MENGGANDENG PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO

 

Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Surabaya yang dikomandani oleh Bpk. Teguh Prakoso, S.Pd., M.Hum. selama lima tahun terakhir ini telah menjalankan berbagai program kerja, mulai dari melakukan pameran pendidikan, sosialisasi dan promosi ke sejumlah sekolah dan ponpes, kunjungan kerja, silaturrahim dan koordinasi ke PTN-Mitra, dinas dan instansi di tingkat provinsi/kabupaten/kota, pengurus kelompok belajar (pokjar), pelatihan mahasiswa bidikmisi, orientasi studi mahasiswa baru (OSMB), upacara penyerahan ijazah (UPI), pembukaan program Magister Pendidikan Dasar (S2-Pendas), serta program terhangat saat ini adalah mengembangkan program pendidikan berkelanjutan (PPB). Hal ini sesuai dengan kebutuhan nyata pembangunan SDM yang belum banyak dikembangkan oleh Perguruan Tinggi lain.

Setelah berhasil menjalin kerja sama dengan Pemkab Ponorogo untuk menyelenggarakan program pedidikan berkelanjutan, Bpk. Teguh Prakoso (Direktur UT Surabaya) juga membidik Pemkab Sidoarjo sebagai mitra dalam mengembangkan PPB di UT Surabaya. Untuk penjajakan kerja sama ini Direktur UT Surabaya bersilaturrahim ke kediaman Bapak Nur Ahmad Syaifuddin, SH. (Wakil Bupati Sidoarjo, (28/7)). Teguh berharap Kabupaten Sidoarjo dapat menyelenggarakan program ini melalui kerja sama dengan UT.


 
(Foto bersama: Direktur UT Sby dengan Wabup Sidoarjo dan Istri, didampingi Kasubbag TU dan Pengurus Pokjar Waru dan Dinas Pendidikan Kab. Sidoarjo)
 

PPB merupakan pendidikan keterampilan yang memberi kesempatan kepada Aparat Desa pada khususnya dan masyarakat umum untuk meningkatkan kompetensi yang dibutuhkan. PPB dirancang dalam bentuk paket program yang terdiri atas beberapa mata pelajaran. Setiap paket PPB dapat diselesaikan dalam waktu satu semester atau kurang dari satu semester dengan mengikuti pola kerja sama yang disepakati oleh mitra dan UT, Sertifikat PPB yang diperoleh peserta dapat dialihkreditkan ke program studi yang relevan dengan mengikuti syarat dan ketentuan alih kredit yang berlaku, ujar Teguh Prakoso kepada Wakil Bupati Sidoarjo.

 

Di akhir pembicaraan ditutup dengan pamitan dan foto bersama.

 
Kontributor: Mujono

 

 


 


 

Berita Terbaru

UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA PADA ACARA “RONA JA...

UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA PADA ACARA “RONA JAWA TIMUR” FESTIVAL PERTUNJUKAN RAKYAT DI KABUPATEN MAGETAN Sosialisasi dan promosi merupakan kegiatan yang terus menerus dilakukan oleh Universitas Terbuka (UT) Surabaya sebagai ajang pengenalan [ ... ]

Pelatihan Tutor UT Surabaya
Pelatihan Tutor UT Surabaya

TUTOR UT SURABAYA, SIAP MENJAWAB TANTANGAN BELAJAR DI ERA GLOBAL
  Cepatnya penyebaran informasi kini telah membuat semakin pesatnya distribusi ilmu pengetahuan dari berbagai belahan dunia. Sebagai penyelenggara pendidikan tinggi dan jarak j [ ... ]

Pisah sambut Direktur UT Surabaya
Pisah sambut Direktur UT Surabaya


Suasana Akrab mewarnai Pisah sambut Direktur UT Surabaya Surabaya, 6 September 2019
  Universitas Terbuka semakin membahana di wilayah tanah air bahkan hingga di luar negeri. Betapa tidak, karena UT yang berdiri sejak 1984 itu terus menge [ ... ]

LAPORAN KEGIATAN EVALUASI LAPANGAN USULAN PROGRAM ...

LAPORAN KEGIATAN EVALUASI LAPANGAN USULAN PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PUBLIK PROGRAM DOKTOR UNIVERSITAS TERBUKA DI UPBJJ-UT SURABAYA
Sebagai penyelenggara pendidikan terbuka dan jarak jauh terdepan di Indonesia, Universitas Terbuka (UT) tel [ ... ]

SEMALAM BERSAMA TEGUH PRAKOSO

"SEMALAM BERSAMA TEGUH PRAKOSO"   Surabaya, 28 Agustus 2019. UPBJJ-UT Surabaya menyelenggarakan sebuah acara bertajuk “Semalam Bersama Teguh Prakoso”. Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja Kepala UPBJJ-UT Su [ ... ]

THE ONLY ONE 2.0 PONOROGO (The Open University Oly...

THE ONLY ONE 2.0 PONOROGO (The Open University Olympiad on Economics) GENERASI MILENIAL PEMBANGUN BANGSA   Ponorogo, 24-25 Agustus 2019. Setelah sukses pada tahun 2018 lalu, acara olimpiade ekonomi tingkat SMA/MA/SMK yang diselenggarakan ole [ ... ]

MENGEMBANGKAN PROGRAM PENDIDIKAN BERKELANJUTAN (PP...

MENGEMBANGKAN PROGRAM PENDIDIKAN BERKELANJUTAN (PPB) UT MENGGANDENG PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO   Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Surabaya yang dikomandani oleh Bpk. Teguh Prakoso, S.Pd., M.Hum. selama lima [ ... ]

Pengumuman

Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Penga...

Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengajuan Tahun 2019 untuk Pendana [ ... ]

UNDANGAN MENGIKUTI WISUDA DI UT PUSAT

UNDANGAN MENGIKUTI WISUDA DI UT PUSAT

Para Wisudawan/wati yang Berbahagia.  [ ... ]

KLINIK BELAJAR UNIVERSITAS TERBUKA

KLINIK BELAJAR UNIVERSITAS TERBUKA   KLINIK BELAJAR merupakan pendukung  [ ... ]

SYARAT PENGAMBILAN IJAZAH UT SURABAYA

“PENGUMUMAN” SYARAT PENGAMBILAN IJAZAH UT SURABAYA 1.Dilakukan oleh pemi [ ... ]

Daftar Peserta SUO Ujian Ulang (UJUL) Masa 2019....
Daftar Peserta  SUO Ujian Ulang (UJUL)  Masa 2019.3

Daftar Peserta  SUO Ujian Ulang (UJUL)  Masa 2019.3

Sistem ujian On [ ... ]

Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) 2019/2020.1 (2019....

PENGUMUMAN Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) 2019/2020.1 (2019.2)   Sehu [ ... ]

PENGUMUMAN YUDISIUM 2019.2
PENGUMUMAN YUDISIUM 2019.2

PESERTA YUDISIUM TAHUN 2019 UNIVERSITAS TERBUKA
Sesuai dengan SK REKTOR NOMOR [ ... ]

ut 35

laman kit

laman tutor

lmn mahasiswa

lmn pokjar

Follow Us : facebook  twitter  feed  google