Loading…
  • 0
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
<<< Selamat Datang di Website UPBJJ-UT Surabaya, Kampus C Unair Jl. Mulyorejo Surabaya 60115 Telp. 031 - 5961861, 5961862, Faks. 031 - 5961860; SMS Center. 0895-6170-34951 E-mail: ut-surabaya@ecampus.ut.ac.id Media Sosial : https://www.facebook.com/ut.surabaya ---- https://twitter.com/ut_sby ---->>>>


PELAKSANAAN ORIENTASI STUDI MAHASISWA BARU MASA REGISTRASI 2018/2019.2

UNIVERSITAS TERBUKA UPBJJ-UT SURABAYA


Universitas Terbuka, UPBJJ-UT Surabaya pada masa registrasi 2018/2019.2 menerima 1756 mahasiswa baru jenjang S1. Mereka terdiri atas 1006 dari Program Studi S1 PGSD dan PGPAUD, serta 750 dari Program Studi selain S1 PGSD dan PGPAUD, seperti S1 Manajemen, Akuntansi, Ilmu Hukum, Komunikasi, Sastra Inggris, Adminitrasi Negara, Administrasi Niaga, dan program studi lainnya (FE 438 orang, FHISIP 259 orang, FKIP Non PGSD dan PGPAUD 24 orang, dan FMIPA 29 orang). Sementara itu, UT Surabaya juga menerima mahasiswa baru jenjang S2 fully online dengan jumlah mahasiswa 5 orang.

Mahasiswa baru tersebut berasal dari 18 kabupaten/kota di Jawa Timur, yaitu: Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Jombang, Kabuapaten Gresik, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Tuban, Kota/Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Magetan, Kabupaten dan Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Pamaekasan, dan Kabupaten Sumenep.

Bagi UT Surabaya, menyiapkan para mahasiswa untuk mengikuti pembelajaran nontatap muka bukanlah hal yang mudah. Mereka harus mampu mengubah pola belajar dan kesiapan mental. Oleh karena itu, mereka wajib mengikuti kegiatan Edukasi Keterampilan Belajar Mahasiswa (EKBM), yang di dalamnya meliputi kegiatan OSMB (Orientasi Studi Mahasiswa Baru) dan PKBJJ (Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh).

OSMB diselenggarakan dalam tiga tahap, yaitu (1). Pada Hari Sabtu, tanggal 9 Maret 2019 di Kota Surabaya (tempat di Ruang Fajar Notonagoro FEB UNAIR) dan di Kabupaten Jombang ( tempat di SMKN 3 Jombang). (2) Pada Hari Minggu, tanggal 10 Maret 2019 di Surabaya (tempat di Ruang Fajar Notonagoro FEB UNAIR), di Ponorogo (tempat di Gedung KORPRI), di Lamongan (tempat Aula UNMUH), (3) Pada hari Sabtu, tanggal 16 Maret 2019 di Kabupaten Tuban (tempat Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban).

OSMB merupakan kegiatan pengenalan pada mahasiswa baru mengenai proses belajar di UT yang menerapkan sistem belajar jarak jauh, sehingga para mahasiswa baru wajib untuk mengikuti OSMB. Adapun tujuan OSMB bagi mahasiswa adalah: (1) mempersiapkan mahasiswa UT agar mampu belajar mandiri dan mematuhi norma-norma yang berlaku di UT, khususnya terkait dengan Kode Etik dan Tata Tertib mahasiswa, dan (2) menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di UPBJJ-UT secara maksimal.

Khusus di Kabupaten Ponorogo OSMB dibuka oleh Wakil Bupati Ponorogo Bapak Dr. H. Soedjarno, M.M. dan dihadiri Kepala Dinas Kabupaten Ponorogo Dra. Hj. Tutut Erliena, M.Pd. Demikian pula di Kabupaten Jombang, OSMB dihadiri Sekda Kabupaten Jombang Bapak Dr. Akh. Jazuli. Dan OSMB di Kabupaten Tuban dihadiri dan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban Bapak Drs. H. Nur Khamid, M.Pd. Materi yang diberikan pada para mahasiswa baru meliputi: (1) Pengenalan UT, Konsep Pendidikan Jarak Jauh dan Sistem Pendidikan Nasional, (2) Registrasi dan Ujian, (3) Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar, (4) Layanan Online.

OSMB wajib diikuti oleh mahasiswa baru karena melalui OSMB mahasiswa baru akan mengenal proses belajar jarak jauh, operasional UT sebagai PTJJ, lingkungan di UPBJJ-UT dan UT Pusat. Kegiatan ini sekaligus juga untuk memantapkan semangat belajar di UT karena selama ini di kalangan masyarakat masih ada yang menganggap adanya mitos tentang UT yang cenderung negatif. Misalnya, pertanyaan tentang UT itu negeri atau swasta, kuliah di UT sulit lulusnya, dsb.

UT merupakan perguruan tinggi negeri yang memberikan berbagai kemudahan dan keunggulan kepada para mahasiswa, antara lain: tidak ada batasan usia , tahun ijazah, dan jangka waktu penyelesaian studi, mudah diakses, tidak terkendala ruang dan waktu; pembelajaran dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun mahasiswa berada. Biaya juga relatif terjangkau. Pelaksanaan pembelajaran dan ujian juga fleksibel (ondesk atau online), yaitu mahasiswa dapat memilih skema layanan pendidikan dan kegiatan belajar. Selain itu, studi di UT dapat diikuti sambil mengikuti kuliah di tempat lain. Lulusan UT juga banyak yang diterima sebagai pegawai di instansi pemerintah maupun swasta. Tercatat pada CPNS 2018, 775 lulusan UT berhasil diterima menjadi CPNS di 18 kabupaten/kota se wilayah kerja UT Surabaya.

Dalam acara OSMB di Surabaya dan Kabupaten Tuban juga dihadiri alumni UT yang sudah berhasil menyelesaikan studi untuk menularkan pengalaman suksesnya dalam menempuh belajar cerdas dan mandiri. Alumni UT tersebut adalah Ibu dr. Indah Kusuma Dewi, M.M. yang saat ini menjabat Direktur RS Muhamadiyah Tuban dan Sdri. Ria Aprilina, S.E. Setelah sajian materi dari narasumber dilanjutkan dengan pembentukan kelompok belajar mahasiswa yang dipandu oleh Dosen UT Surabaya sebagai fasilitator, membahas tentang: dibentuk kelompok belajar mahasiswa baru tiap PS atau Fakultas yang didukung aplikasi WhatsApp.

Pada pukul 16.30 acara OSMB ditutup secara resmi oleh Pimpinan UT Surabaya. Setelah kegiatan OSMB, agenda akan dilanjutkan dengan kegiatan PKBJJ di semua Kabupaten dan Kota tempat para mahasiswa baru berdomisili. Secara serentak PKBJJ dilaksanakan pada hari Sabtu/Minggu tanggal 6 April 2019, 7 April 2019, 13 April 2019 dan 14 April 2019. Hari itu dipilih karena memang UT mewadahi mereka yang karena kesibukan bekerja, tidak dapat menempuh studi secara tatap muka. Dan hari Sabtu/Minggu lah mereka memiliki waktu yang luang. Bravo UT Surabaya.



Surabaya, 22 Maret 2019

Kontributor : Ir. Dwi Iriyani, M.Pd.


Foto-foto Kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru Masa Registrasi 2018/2019.2


OSMB 20191 PONOROGO

OSMB 20191 PONOROGO - 1

OSMB 20191 PONOROGO - 2

OSMB 20191 TUBAN

OSMB 20191 ALUMNI

OSMB 20191 TUBAN - 1

 

SEMINAR WAGUB JATIM GELORAKAN UPACARA PENYERAHAN IJAZAH (UPI) UNIVERSITAS TERBUKA (UT SURABAYA) PERIODE 2018/2019.2

SURABAYA, 26 – 27 MARET 2019


Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) merupakan kegiatan rutin setiap semester yang diselenggarakan UT Surabaya. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang karena sesuatu hal tidak dapat mengikuti wisuda di UT Pusat. Kegiatan UPI diawali dengan kegiatan Seminar pada hari pertama dan Prosesi UPI pada hari kedua. Kegiatan UPI pada periode kali ini, pelaksanaan seminarnya dilakukan pada 26 Maret 2019 sedangkan Prosesi UPI pada 27 Maret 2019. Ada pun temanya: “Pembangunan Sumber Daya Manusia di Jawa Timur”. Narasumber yang dihadirkan adalah orang nomor dua di Jawa Timur yakni Wakil Gubernur Bapak Dr. H.  Emil Elestianto Dardak, M.Sc.



Seminar yang dimoderatori langsung oleh Direktur UT Surabaya, Teguh Prakoso, S.Pd,.M.Hum sangat eksplosif dan kondusif. Terlebih, moderator mengawali dengan menyapa peserta seminar yang berasal dari 18 Kabupaten/Kota se Wilayah Jawa Timur mulai ujung barat Kabupaten Ponorogo sampai ujung timur pulau Madura yakni Kabupaten Sumenep. Bahkan, Pulau Kangean dalam wilayah Kabupaten Sumenep dan Pulau Bawean yang termasuk Kabupaten Gresik. Secara keseluruhan jumlahnya seribu lebih peserta. Para peserta seminar yang keesokan harinya akan diwisuda hampir sembilan puluh lima prosen adalah guru PAUD dan guru SD, yang akan mencetak murid PAUD dan SD yang usianya masa-masa emas dalam pembentukan karakternya. Untuk itu, Bapak Wakil Gubernur sangat mengapresiasi dengan mengatakan: “Tenaga pendidik dalam hal ini guru merupakan garda terdepan dalam mencetak generasi penerus bangsa yang maju dan berkualiatas dan guru sebagai aset bangsa yang nilainya luar biasa. Majunya suatu bangsa bukan ditentukan oleh seberapa besar sumber daya alam yang dimiliki, namun seberapa maju Sumber Daya Manusianya. Lebih lanjut, menambahkan: “Saya sangat miris melihat guru honorer di Wilayah Jawa Timur yang gajinya kecil dan saya akan selalu mendorong agar kesejahteraannya mulai dari guru PAUD dan Guru SD sampai SMTA untuk dinaikkan”, ungkap Wakil Gubernur Jatim, Dr.H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc. yang serentak disambut dengan tepuk gemuruh oleh semua peserta.



Puncak rangkaian acara kegiatan adalah Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) yang dilaksanakan pada 27 Maret 2019 di tempat yang sama yakni Gedung Airlangga Convention Centre pada Kompleks Kampus C Unair. Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) diikuti sebanyak 1056 peserta yang berasal dari 18 Kabupaten/Kota se wilayah kerja UT Surabaya dengan sebaran Program Studi meliputi program Pasca Sarjana sebanyak 3 lulusan, Program Non PGSD/PGPAUD sebanyak 120 lulusan, Program S1 PGSD sebanyak 292 lulusan, Program S1 PGPAUD sebanyak 260 lulusan, Program S1 PGSD Masukan Sarjana sebanyak 271 lulusan, dan Program S1 PGPAUD Masukan Sarjana sebanyak 92 lulusan.



Pada awal prosesi UPI ditempatkan pemanggilan para lulusan yang memiliki prestasi akademik terbaik dan lulusan dengan IPK tertinggi. Dua lulusan pemeroleh prestasi akademik terbaik adalah Yuli Astutik dengan IPK 3,75 dari S1 PGPAUD Pokjar Kabupaten Madiun dan Dezita Fatmawati dengan IPK 3,70 berasal dari program studi S1 Manajemen Pokjar Kabupaten Ponorogo. Sedangkan, IPK tertinggi tetapi tidak mendapat penghargaan karena semesternya lebih sedikit yakni tiga semester masing-masing adalah Chalimatus Sa’diyah dengan IPK 3,96 dari program studi S-1 PGPAUD (BI) masukan sarjana Pokjar Kabupaten Tuban dan Nurul Khasanah dengan IPK 3,92 dari Program studi S-1 PGSD (BI) masukan sarjana Pokjar Kabupaten Madiun. Pengemasan pemanggilan seperti ini dimaksudkan untuk menjawab adanya mitos negatif tentang UT yang di antaranya adalah mitos kuliah di UT sulit lulusnya dan IPK-nya kecil.



Dalam sambutannya, Rektor UT yang diwakili oleh Wakil Rektor II UT yakni Bapak Drs. Moh. Muzammil, M.M menyampaikan bahwa: UT sedang berusaha keras berperan secara aktif meningkatkan APK pendidikan tinggi, yaitu melalui langkah-langkah konkret, dengan salah satu programnya yaitu membangun kerjasama baru dan penguatan kerja sama dengan PTN dan PTS. Sampai saat ini UT telah menandatangani nota kesepahaman dengan lebih dari 30 PTN dan PTS. Kerja sama ini terkait dengan penyelenggaraan pendidikan jarak jauh dan pembelajaran daring. UT siap mensukseskan program Kemenristekdikti dalam mengembangkan pendidikan jarak jauh dan pembelajaran daring di Indonesia. Bahkan, Menristekdikti menghimbau kepada para pimpinan perguruan tinggi untuk menjadikan UT sebagai benchmark dalam penyelenggaraan sistem belajar jarak jauh. Himbauan Menteri Ristekdikti tersebut sangat logis mengingat UT sudah cukup lama memantapkan jati dirinya sebagai Cyber university (Cyber U)”. Sedangkan Rektor Institut Teknnologi 10 Novermber Surabaya, Prof. Ir. Joni Hermana, M.Sc. Es. Ph.D. mewakili Rektor dari 3 Perguruan Tinggi Pembina yakni Unair, Unesa, dan ITS dalam sambutannya berpesan pada para Wisudawan bahwa: “Bagi Anda lulusan UT, ijazah memang penting, tetapi yang lebih penting adalah pola pikir, pola sikap, dan pola perilaku lulusan. Beliau mengisahkan Bung Karno ketika mendapat gelar sarjana, bahwa: “Ijazah suatu saat akan musnah bukankah ijazah itu hanyalah selembar kertas yang bisa saja hilang, namun yang akan tetap abadi adalah karakter”. Bahkan, beliau mengungkapkan bahwa “Kalau Anda dilahirkan dari orang tua miskin dan suku mana saja, itu bukan kesalahan Anda. Namun, akan sangat salah apabila Anda meninggal dalam keadaan miskin”.



Pada waktu yang sama Direktur UT Surabaya, Teguh Prakoso, S. Pd., M. Hum, dalam kata sambutannya menyampaikan: Dalam seleksi CPNS Tahun 2018 yang dilaksanakan secara objektif dan transparan, tercatat 775 alumni UT Surabaya diterima menjadi CPNS. Ini sebuah penghargaan yang tiada tara bagi kami dan tahun ini jumlah mahasiswa kami telah mencapai 14.069 dan tercatat sebagai UPBJJ-UT dengan mahasiswa terbesar keempat setelah Jakarta, Palembang, dan Bandar Lampung. Kepercayaan masyarakat Jawa Timur harus kami jaga dengan baik dengan senantiasa memberikan pelayanan yang prima. Salah satu tolok ukur layanan itu bagus atau tidak adalah dilihat dari jumlah mahasiswa yang melakukan registrasi ulang pada semester berikutnya. Dan ini tantangan bagi kami di UT Surabaya. Dan kami telah membuat tagline: Bakti Kami untuk Jawa Timur sebagai gelora semangat pelayanan kami kepada mahasiswa dan mitra.

Gelora tersebut semakin menggelegar tentunya dengan peliputan Koran Jawa Pos dan Jatim Times Com yang masing-masing memberi judul: UT Luluskan 1.056 Wisudawan (Sumbangkan SDM Terbanyak PNS) dan Wagub Emil Dorong Guru Ceritakan Pengalaman Ketimbang Buku.



Untuk itu, semua wisudawan sebagai out put PTN yang merupakan pioner Cyber university dan yang telah dibekali keterampilan belajar mandiri, konsep life long education, dan mode pembelajaran daring maka di era kemajuan teknologi digital 4.0 sekarang ini hendaknya mampu mengambil peran sebagai komunitas daring dan sebagai komunitas mellenial. Bahkan, diharapkan lebih memantapkan komitmennya dalam mengasuransikan Bakti dirinya untuk Almamater dan Bakti untuk Jawa Timur. Ayo, kita selalu bekerja dan berpikir dengan kreatif dan jangan sampai hanya berpikir kreatif tanpa bekerja.


Kontributor,

Abdul Faqih, Sulistiyono, Sodiq Anshori.


 

UJIAN ONLINE UT KINI TAK HANYA DI SURABAYA, TAPI JUGA BISA DIIKUTI DI MADIUN

(Penandatanganan Perjanjian Kerja sama antara Universitas Terbuka Surabaya dengan Politeknik Negeri Madiun)

 

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Universitas Terbuka Surabaya dengan Politeknik Negeri Madiun tentang Penyelenggaraan Sistem Ujian Online (SUO) UPBJJ-UT Surabaya telah dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Maret 2019. Acara dimulai pukul 13.00 WIB., Bertempat di Gedung Politeknik Negeri Madiun. Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dimaksud dilakukan oleh  Direktur UT Surabaya, Teguh Prakoso, S.Pd., M.Hum., bertindak untuk dan atas nama Universitas Terbuka yang berkedudukan di Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten dan Direktur Politeknik Negeri Madiun, Muhammad Fajar Subkhan, S.T., M.T., bertindak untuk dan atas nama Politeknik Negeri Madiun yang berkedudukan di Jalan Serayu No. 84 Kota Madiun yang disaksikan oleh Mujono, S.E. selaku Kasubag Tata Usaha UPBJJ-UT Surabaya dan Sundaru Guntur Wibowo selaku Sekretaris Bidang Kerja Sama Politeknik Negeri Madiun.


MOU POLITEKNIK MADIUN 2019

 

Dalam sambutannya, Direktor Politeknik mengungkapkan bahwa dengan ditandatanganinya MoU tersebut maka diharapkan dapat lebih mengefektifkan kerjasama antar kedua belah pihak tidak sekadar pinjam meminjam sarana prasarana atau peralatan akan tetapi sekaligus menunjukkan komitmen kita terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Di samping itu, diharapkan hubungan kerjasama ini dapat mensinergikan masing-masing kekuatan sehingga dapat saling melengkapi kekurangan yang ada pada kedua pihak.

Pada sambutan berikutnya, Teguh Prakoso, S.Pd., M.Hum. menyampaikan penghargaan yang sangat tinggi kepada Direktur Politeknik Negeri Madiun, yang telah bersedia berkolaborasi dengan Universitas Terbuka Surabaya, menurut Teguh Prakoso, langkah ini adalah terobosan yang sangat baik dan bisa meningkatkan citra UT di masyarakat. Mahasiswa UT akan sangat terbantu dengan adanya kerja sama ini karena akan mendapatkan layanan UT dengan lebih mudah dan lebih dekat khususnya layanan akademik yaitu sistem ujian online (SUO) bagi mahasiswa yang berdomisili di wilayah Mataraman.


MOU POLITEKNIK MADIUN 2019-1

 

Sekitar pukul 13.45 WIB, acara ditutup oleh Alief (Humas), dengan doa, dilanjutkan dengan penandatanganan MoU serta Perjanjian Kerja Sama bagi kedua belah pihak dan diakhiri dengan foto bersama. Diharapkan dengan ditandatanganinya kedua persetujuan dimaksud, kerjasama antara Universitas Terbuka UPBJJ Surabaya dengan Politeknik Negeri Madiun dapat bermanfaat bagi kedua belah pihak, mahasiswa dan dunia pendidikan pada umumnya.

Upaya UT Surabaya Lebih Mengenalkan

Program S1 PGSD Masukan Sarjana

di Kabupaten Tuban


Sosialisasi merupakan kegiatan yang terus menerus dilakukan. Sosialisasi ini bertujuan agar Universitas Terbuka (UT) lebih dikenal oleh masayarakat pada umumnya yang muaranya adalah untuk meningkatkan jumlah mahasiswa. Calon mahasiswa dibimbing dan diberi pengarahan agar mempercayakan diri untuk menempuh pendidikannnya  di UT. Sosialisasi dilakukan bersama mitra kerja Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban. Sasaran sosialisasi kali ini adalah para guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tuban, para guru PAUD PNS yang jumlahnya cukup besar akan dialihtugaskan menjadi Guru Pendidikan Dasar (SD). Upaya ini tentu saja dalam rangka mengantisipasi kurangnya jumlah guru SD di Bumi Wali tersebut.

Acara dilaksanakan di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, dihadiri oleh sekitar 230 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang sudah PNS . Pertemuan ini dimulai dengan pengantar oleh Pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban dan dilanjutkan dengan sambutan dan penjelasan dari Direktur UT Surabaya Teguh Prakoso S.Pd., M.Hum. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa UT merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang cara pembelajarannya berbeda dengan universitas negeri lain. UT merupakan perguruan tinggi terbuka yang menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh. UT pusat bertempat di Jakarta, dibawahnya terdapat Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) yang ada disetiap provinsi. Setiap  UPBJJ-UT memiliki mitra kerja di tiap Kabupaten/Kota yaitu Kelompok Belajar Mahasiswa (Pokjar). Dalam Kesempatan ini pula Direktur UT menjelaskan Tujuan Program Studi S1 PGSD-PGPAUD Masukan Sarjana Mendukung pencapaian kualifikasi akademik bagi guru PAUD-SD yang telah memiliki kualifikasi S1 dari berbagai disiplin ilmu lain untuk menempuh jenjang S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini atau S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Menyediakan layanan belajar sesuai dengan perkembangan IPTEK.



Sambutan terakhir disampaikan oleh  oleh Bapak Rasmani S.Pd., M.Pd.  selaku Kepala Bidang Ketenagaan yang bertugas untuk meningkatkan dan membina tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Beliau menyampaikan saat ini Kabupaten Tuban membutuhkan banyak guru Sekolah Dasar yang liner disebabkan banyaknya para guru SD yang pensiun ataupun mutasi kedaerah lain, oleh karenanya para guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang sudah PNS ini diberi kesempatan alih tugas menjadi Guru Pendidikan Dasar (SD). Selajutnya beliau mempersilahkan para guru untuk memenuhi persyaratan tersebut dengan menempuh pendidikan di Universitas Terbuka yang mempunyai sistem belajar jarak jauh sehingga para guru dapat belajar tanpa mengabaikan beban tugasnya.



Pada sesi terakhir dilanjutkan dengan Tanya Jawab. Acara ini mendapat perhatian dari para guru. Pertanyaan tersebut antara lain mengenai program beasiswa dan program yang relevan. Meski acara sudah berakhir,sepertinya masih kurang para guru yang belum puas dengan pertanyaan-pertanyaan yang tidak sempat ditanyakan pada acara yang berlangsung, para guru-pun mengajukan pertanyaan diluar acara.

Kontributor : Teguh Prakoso, S.Pd., M.Hum. dan Nancy Sagita Herman, S.E.



SOSIALISASI PROMOSI UNIVERSITAS TERBUKA KEPADA HIMPUNAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN ANAK USIA DINI INDONESIA (HIMPAUDI) KOTA SURABAYA, 5 MARET 2019


Himpaudi Kota Surabaya mengundang Universitas Terbuka (UT) Surabaya melalui pengurus kelompok belajar Kota Surabaya, Ibu Ririk Ari Pujiastuti, S.Pd. Menyambut positif undangan sosialisasi dan promosi tersebut, Kepala UPBJJ-UT Surabaya, Teguh Prakoso, S.Pd., M.Hum. menugasi beberapa staf akademik untuk hadir dalam acara tersebut. Ir. Dwi Iriyani, M.Pd. dan Hana Norhamida, S.E., M.Si., CA., Ak sebagai penanggung jawab wilayah Kota Surabaya, dan Dra. Titik Setyowati, M.Pd. sebagai staf akademik program studi S1-PGPAUD.

Kegiatan sosialisasi dan promosi UT ini diselenggarakan di sela-sela rapat anggota Himpaudi yang digelar pada Selasa, 5 Maret 2019 di Royal Plaza Surabaya. Ketua Himpaudi Kota Surabaya, Agus Setiyono, S.Pd. mengundang UT dalam upaya meningkatkan kompetensi profesional anggota Himpaudi melalui program pendidikan berkelanjutan yang ditawarkan UT.

Program yang ditawarkan UT Surabaya kepada anggota Himpaudi kali ini adalah program studi S-1 PGPAUD masukan Sarjana (latar belakang berbagai Bidang Ilmu) dan masukan SLTA yang telah memiliki pengalaman mengajar di PAUD minimal 1 tahun. Selain itu juga ditawarkan Program Sertifikasi Guru Pendamping Muda-PAUD (PSGPM-PAUD). Keseluruhan materi sosialisasi dan promosi tersebut disampaikan dengan baik oleh Kepala UPBJJ-UT Surabaya, Teguh Prakoso, S.Pd., M.Hum., setelah pembukaan acara oleh Ketua Himpaudi Kota Surabaya, pukul 11.30 WIB.

Tidak ketinggalan roh UT dengan pembelajaran terbuka dan jarak jauh, disampaikan oleh Kepala UPBJJ-UT Surabaya yang diikuti dengan baik pula oleh sekitar 200 peserta yang hadir. Peserta yang hadir terdiri dari para guru dan kepala PAUD dengan latar belakang pendidikan SLTA, Diploma, S1 maupun S2.

Usai penyampaian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dra Titik Setyowati, M.Pd. dan Ir. Dwi Iriyani, M.Pd. melayani pertanyaan peserta yang hadir. Beberapa pertanyaan yang diajukan adalah biaya penyelenggaraan program, model dan evaluasi pembelajaran, dan waktu pelaksanaan program S1 PGPAUD dan PSPGM PAUD. Semoga menjadi awal yang baik kerjasama UT dan Himpaudi Kota Surabaya.


Kontributor : Hana Norhamida


Kini, Mahasiswa UT Bisa Ujian Online

di Mojokerto

(Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Universitas Terbuka Surabaya dengan SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto)


 

Jum’at, 8 Maret 2019 bertempat di ruang pertemuan SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto telah diselenggarakan penandatanganan kerjasama baru (MoU & Kontrak Kerjasama) tentang penyelenggaraan Ujian Online di luar kantor UPBJJ-UT Surabaya, antara Universitas Terbuka Surabaya (UT Surabaya) dengan SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Acara yang dihadiri oleh Direktur UT Surabaya , Kepala SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto beserta perwakilan SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto dan juga pengurus kelompok belajar Kabupaten Mojokerto ini dimulai pada pukul 09.00 WIB.

Penandatanganan kerjasama baru (MoU & Kontrak Kerjasama) ini merupakan sebuah bentuk perjanjian kerjasama yang akan dijalin antara Universitas Terbuka Surabaya dengan SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto.

Pada kesempatan yang diberikan oleh Teguh Prakoso, S.Pd., M.Hum melalui sambutannya, beliau mengungkapkan harapan dengan terjalinnya hubungan kerjasama antara Universitas Terbuka Surabaya dengan SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto bisa bermanfaat bagi kedua belah pihak dan meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa di UT Surabaya, khususnya dalam layanan akademik, yaitu Ujian Online. Jika semula ujian online hanya dapat diselenggarakan di Kantor UPBJJ-UT Surabaya, maka pada masa yang akan datang pelaksanaan ujian tersebut dapat diselenggarakan di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto bagi mahasiswa yang berada di wilayah Mojokerto, Jombang dan sekitarnya.

Selanjutnya pada sambutan dari Kepala SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto oleh Mokhammad Marjoko, S.Pd., M.M. mengucapkan terima kasih kepada UT Surabaya yang telah memberi kepercayaan Kepada SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto dalam penjalinan kerjasama penyelenggaraan Ujian Online di luar kantor UPBJJ-UT Surabaya. Dengan adanya Ujian online untuk wilayah Mojokerto ini Kepala Sekolah berharap kualitas UT semakin bagus kedepannya dan pada kesempatan ini pula Kepala SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto juga memohon maaf bila ada layanan yang kurang kepada UT.

Acara yang dilanjutkan dengan Penandatangan kerjasama baru (MoU & Kontrak kerjasama) bersama oleh Direktur UT Surabaya dan Kepala SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto, yang kemudian dilanjutkan dengan doa ini diakhiri dengan pengabadian moment melalui foto bersama.

 

Foto bersama Direktur UT Surabaya Teguh Prakoso,S.Pd., M.Hum. dengan Kepala SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto Mokhammad Marjoko, S.Pd., M.M. di ruang pertemuan SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto.

 

Kontributor : Teguh Prakoso, S.Pd., M.Hum. dan Nancy Sagita Herman, S.E.


PELATIHAN TUTOR TUTORIAL TATAP MUKA UPBJJ UT SURABAYA TAHUN 2019 TAHAP 1


pelatut 20191

Program Pelatihan Tutor Tutorial Tatap Muka Universitas Terbuka (Pelatut TTM UT ) dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar bagi setiap tutor agar mampu mengelola tutorial secara aktif, partisipatif sesuai dengan konsep dan prinsip belajar mandiri yang merupakan karakter dari pendidikan tinggi jarak jauh (PTJJ). Selain itu, tutor UT yang banyak berasal dari dosen perguruan tinggi reguler tatap muka (non PTJJ), kegiatan Pelatut TTM UT ini juga dimaksudkan untuk menyamakan persepsi tutor tentang esensi aktivitas tutorial untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tutorial dan layanan bantuan belajar bagi para mahasiswa UT.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari di Hotel Grand Inna Surabaya, tanggal 22-24 Februari 2019, dibuka oleh Direktur UT Surabaya Teguh Prakoso, S.Pd., M.Hum dalam sambutannya menyampaikan bahwa tutor UT adalah kepanjangan tangan UT dalam membantu layanan bantuan belajar bagi mahasiswa UT. Karena itu para tutor yang melaksanakan aktivitas tutorial dengan baik akan sekaligus menjadi promosi tersendiri terkait dengan kualitas proses pembelajaran UT. Hal ini berkontribusi dalam pencapaian salah satu misi UT Surabaya yaitu “Menjadi Model Layanan Unggulan Penyelenggarakan Sejumlah Program Pendidikan yang Sesuai dengan Kekuatan Lingkungan UPBJJ UT”.


pelatut 20191-2


Peserta pelatihan adalah calon tutor UPBJJ UT Surabaya sebanyak 40 orang yang berasal dari berbagai daerah diwilayah UPBJJ UT Surabaya, yaitu yang berasal dari Bangkalan 2 orang, Bojonegoro 1orang, Gresik 2 orang, Jombang 3 orang, Lamongan 4 orang, Madiun 5 orang, Magetan 4 orang, Mojokerto 4 orang, Pamekasan 3 orang, Sampamg 2 orang, Sumenep 1 orang dan Surabaya 5 orang, Tuban 3 orang.

Bahan Pelatihan didesain dan dikembangkan oleh Tim PAU-PPI UT untuk digunakan sebagai referensi utama dalam penyelenggaraan Program Pelatihan Tutor di UPBJJ-UT Surabaya. Ada 15 materi pelatihan yaitu: 1. Ruang Lingkup Tutorial tatap Muka dan program Pelatihan Tutor, 2 Konsep SPTJJ, 3. Konsep dan Prinsip Belajar Mandiri, 4. Strategi Belajar Mandiri; 5. Pengembangan KIT Tutorial; 6. Pengembangan Rancangan Aktivitas Tutorial (RAT); 7. Pengembangan Rancangan Acara Tutorial (SAT); 8 Pembelajaran Aktif dalam Tutorial; 9 Keterampilan Dasar Tutorial; 10. Ragam Metode Pembelajaran; 11 Tugas Tutorial; 12 Perencanaan Tugas Tutorial; 13 Teknis Praktik Tutorial Mini; 14 Prinsip Pengembangan Bahan Presentasi; dan 15. Entry nilai tutorial.

Pada akhir pelatihan sebagai produk dari kegiatan Pelatut TTM UT, semua peserta wajib mengumpulkan kit tutorial yang telah dibuat sesuai dengan matakuliah yang diampu oleh masing masing peserta/tutor.


pelatut 20191-1


 

 

Berita Terbaru

PELAKSANAAN ORIENTASI STUDI MAHASISWA BARU MASA RE...

PELAKSANAAN ORIENTASI STUDI MAHASISWA BARU MASA REGISTRASI 2018/2019.2
UNIVERSITAS TERBUKA UPBJJ-UT SURABAYA
Universitas Terbuka, UPBJJ-UT Surabaya pada masa registrasi 2018/2019.2 menerima 1756 mahasiswa baru jenjang S1. Mereka terdiri atas 1006 [ ... ]

SEMINAR WAGUB JATIM GELORAKAN UPACARA PENYERAHAN I...

  SEMINAR WAGUB JATIM GELORAKAN UPACARA PENYERAHAN IJAZAH (UPI) UNIVERSITAS TERBUKA (UT SURABAYA) PERIODE 2018/2019.2 SURABAYA, 26 – 27 MARET 2019
Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) merupakan kegiatan rutin setiap semester yang diselenggarakan [ ... ]

UJIAN ONLINE UT KINI TAK HANYA DI SURABAYA, TAPI J...

UJIAN ONLINE UT KINI TAK HANYA DI SURABAYA, TAPI JUGA BISA DIIKUTI DI MADIUN (Penandatanganan Perjanjian Kerja sama antara Universitas Terbuka Surabaya dengan Politeknik Negeri Madiun)   Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Universita [ ... ]

Upaya UT Surabaya Lebih Mengenalkan Program S1 PGS...

Upaya UT Surabaya Lebih Mengenalkan Program S1 PGSD Masukan Sarjana di Kabupaten Tuban
Sosialisasi merupakan kegiatan yang terus menerus dilakukan. Sosialisasi ini bertujuan agar Universitas Terbuka (UT) lebih dikenal oleh masayarakat pada umu [ ... ]

SOSIALISASI PROMOSI UNIVERSITAS TERBUKA KEPADA HIM...
SOSIALISASI PROMOSI UNIVERSITAS TERBUKA KEPADA HIMPUNAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN ANAK USIA DINI INDONESIA (HIMPAUDI)  KOTA SURABAYA, 5 MARET 2019


SOSIALISASI PROMOSI UNIVERSITAS TERBUKA KEPADA HIMPUNAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN ANAK USIA DINI INDONESIA (HIMPAUDI) KOTA SURABAYA, 5 MARET 2019
Himpaudi Kota Surabaya mengundang Universitas Terbuka (UT) Surabaya melalui pengurus kelompo [ ... ]

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Univer...

Kini, Mahasiswa UT Bisa Ujian Online di Mojokerto (Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Universitas Terbuka Surabaya dengan SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto)
  Jum’at, 8 Maret 2019 bertempat di ruang pertemuan SMK Negeri 1 Sooko Mojo [ ... ]

PELATIHAN TUTOR TUTORIAL TATAP MUKA UPBJJ UT SURAB...

PELATIHAN TUTOR TUTORIAL TATAP MUKA UPBJJ UT SURABAYA TAHUN 2019 TAHAP 1
Program Pelatihan Tutor Tutorial Tatap Muka Universitas Terbuka (Pelatut TTM UT ) dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar bagi setiap tutor agar mam [ ... ]

Pengumuman

HASIL SELEKSI KOMPETENSI DASAR (SKD) CALON TENAGA ...
HASIL SELEKSI KOMPETENSI DASAR (SKD) CALON TENAGA KONTRAK TAHUNAN (TKT)

  PENGUMUMAN Nomor : 0663/UN31.UPBJJ.25/KP.01/2019 tentang HASIL SELEK [ ... ]

UNDANGAN VIDEO CONFERENCE (VICON)

UNDANGAN VIDEO CONFERENCE (VICON)         Yth. Bapak/Ib [ ... ]

DAFTAR NAMA PESERTA YUDISIUM TAHUN 2019

DAFTAR NAMA PESERTA YUDISIUM TAHUN 2019 UNIVERSITAS TERBUKA
Sesuai dengan SK  [ ... ]

Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ)
Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ)

Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) Mahasiswa FE, FHISIP, FMIPA,  [ ... ]

Daftar Peserta SUO Ujian Ulang (UJUL) Masa 2018.4
Daftar Peserta  SUO Ujian Ulang (UJUL) Masa 2018.4

Daftar Peserta  SUO Ujian Ulang (UJUL) Masa 2018.4

Sistem ujian Online U [ ... ]

Pengumuman Seleksi Administrasi TKT UT Surabaya

PENGUMUMAN Nomor : No. 0526/UN31.UPBJJ.25/KP.01/2019
HASIL SELEKSI ADMINISTRA [ ... ]

Daftar Nama Mahasiswa/i yang Terjaring Treatment/T...

Daftar Nama Mahasiswa yang Terjaring Treatment/Tugas Matakuliah/Remidiasi 20195
 [ ... ]

laman kit

laman tutor

lmn mahasiswa

lmn pokjar

Follow Us : facebook  twitter  feed  google