Loading…
  • 0
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
<<< Selamat Datang di Website UPBJJ-UT Surabaya, Kampus C Unair Jl. Mulyorejo Surabaya 60115 Telp. 031 - 5961861, 5961862, Faks. 031 - 5961860; SMS Center. 0895-6170-34951 E-mail: ut-surabaya@ecampus.ut.ac.id Media Sosial : https://www.facebook.com/ut.surabaya ---- https://twitter.com/ut_sby ---->>>>


KEGIATAN PADUAN SUARA “GITA BAHANA PITALOKA“

MAHASISWA POKJAR UT SURABAYA

Paduan suara merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa [UKM] Universitas Terbuka Surabaya yang berada di Pokjar Pitaloka Kota Surabaya. UKM ini dibentuk untuk menampung, mengembangkan, dan mengekspresikan bakat dan minat khususnya dalam bernyanyi. Keanggotaan terdiri dari sekumpulan personil yang yang masing-masing terbagi lagi dalam beberapa kategori suara. Paduan Suara Mahasiswa Pendas Pokjar Surabaya ikut berpartisipasi dalam acara di kampus yakni UPI yang diselenggarakan setahun 2 kali. Lagu “Semanggi Surabaya” dan “Rek Ayo Rek” selalu tampil di setiap acara UPI, selain belasan lagu andalan lainnya. Kegiatan ini sekaligus menunjukkan bahwa Paduan Suara merupakan saluran yang tepat untuk meningkatkan pengembangan bakat, minat dan kemampuan mahasiswa di bidang seni serta mempererat tali silahturahmi antar mahasiswa dari berbagai semester, tingkat dan jurusan.

Demikian pula secara tidak langsung mahasiswa bertemu dalam setiap ada kegiatan paduan suara, maka dirasa perlu untuk membentuk suatu kelompok dan dinamakan Kelompok Paduan Suara “GITA BAHANA PITALOKA “Pokjar Surabaya. Kegiatan ini bertujuan untuk, menumbuhkembangkan kebersamaan, persatuan dan kesatuan antar mahasiswa serta membantu Mahasiswa untuk mengembangkan diri di bidang Olah Suara. Waktu dan tempat latihan paduan Suara Mahasiswa [PSM] “GITA BAHANA PITALOKA“ beranggotakan kurang lebih 60 orang mahasiswa, terdiri dari mahasiswa PGSD/PG-PAUD. Tetapi setiap tampil di acara UPI tidak semuanya bisa mengikuti dengan sistem anggotanya bergantian sesuai kebutuhan.

Adapun Jadwal latihan hanya sewaktu-waktu ada acara selama 2 bulan pada setiap hari sabtu dan minggu. Pukul 14.00 – 17.00 WIB. Latihan bersama pelatih dari mahasiswa sendiri dengan menggunakan ruangan di Kantor Sekretariat atau di ruang kelas. Kegiatan Paduan Suara dibuat dengan se-baik-baiknya dengan harapan kegiatan ini dapat menjadi acuan demi perkembangan kegiatan serupa untuk periode berikutnya. “Semoga dengan kegiatan seni dapat memperkuat rasa estetika dan kelembutan hati pada diri sendiri dan lingkungan sekitar”.  

(Kegiatan latihan paduan suara mahasiswa PGSD, PG-PAUD dan Kegiatan di acara UPI Maret 2019.)


(Pemberian Cendera mata dari Direktur UT Surabaya di akhir acara.)


Kontributor : Dwi Sambada.

Halal Bihalal Keluarga Besar UT Surabaya

Meraih Kesuksesan dengan Bersyukur kepada Allah

 

Halal Bihalal sebagai agenda rutin UT Surabaya, tahun ini diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 12 Juni 2019 bertempat di Ruang Pertemuan Lantai 1 UT Surabaya. Maksud diadakannya acara Halal Bihalal adalah untuk memupuk rasa persaudaraan dan mempererat tali silaturahmi di antara keluarga besar UT Surabaya. Hadir dalam acara tersebut seluruh pegawai, Dharma Wanita, Pengurus IKA UT Wilayah Surabaya, Kepala UT Surabaya periode sebelumnya, diantaranya Drs. Ec. Karjadi Mintaroem, M.S., Prof. Dr. H. Supari Muslim, M.Pd., Prof. Dr. Kisyani-Laksono, M.Hum. dan Prof. Dr. Rusjiono, M.Pd. Selain itu, hadir pula para pegawai UT Surabaya yang telah purna tugas antara lain: Drs. Sugianto, Dr. Endang Sriningsih, M.Si., Drs. Hisham E.Q., M.Kes., Drs. Sakad, M.Ed. dan Didik Ismunanto.

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Quran, dilanjutkan dengan laporan ketua panitia oleh Bapak Drs. Agus Prasetya, M.Si. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Kisyani-Laksono, M.Hum. yang mewakili Kepala UT Surabaya periode sebelumnya menyampaikan kebahagiaannya bisa bertatap muka langsung dengan keluarga besar UT Surabaya, dan memberikan apresiasi serta kebanggaannya akan kemajuan dan prestasi yang diraih UT Surabaya sehingga bisa menjadi rujukan bagi UT lainnya. Beliau juga bercerita dan berharap bisa mengambil hikmah dari filosofi kentang, telur, dan kopi dalam bersikap menghadapi kesulitan atau tantangan kehidupan dengan reaksi yang berbeda-beda, seperti kentang yang menjadi lembut setelah direbus, telur yang rapuh menjadi padat, dan kopi yang bisa merubah air menjadi sesuatu yang baru.

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Teguh Prakoso, S.Pd., M.Hum. selaku Direktur UT Surabaya. Dalam paparannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar UT Surabaya yang selama ini telah mendukung beliau dan telah menyempatkan waktu menghadiri acara Halal Bihalal yang sangat spesial karena tahun ini merupakan halal bihalal terakhir sebelum beliau menempuh tugas belajar S3 di Universitas Negeri Semarang mulai bulan Agustus 2019. Menurut beliau menjadi Direktur UT Surabaya bukan tugas yang ringan dan harus belajar banyak tentang operasional UPBJJ, keuangan dan terutama SDM, tetapi hal tersebut menjadi pengalaman spiritual yang luar biasa. Direktur UT Surabaya juga sependapat dengan filosofi kentang, telur, dan kopi, mengingat dalam beberapa tahun ke depan tantangan yang dihadapi UT Surabaya semakin berat dan banyak pegawai yang akan purna tugas sehingga generasi muda sebagai penerus tugas di UT Surabaya dapat mengambil hikmah dari filosofi tersebut.

Bertindak sebagai pemberi tausyiah dalam acara Halal Bihalal kali ini adalah Prof. Dr. Ir. Abdullah Shahab, M.Sc., yang merupakan Guru Besar Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri ITS Surabaya. Dalam tausyiahnya, beliau memaparkan ada beberapa faktor yang membuat orang tidak bersyukur kepada Allah, antara lain merasa dirinya tidak punya apa-apa, merasa biasa saja dan merasa prestasi yang diraih adalah karya semata-mata.

Prof. Dr. Ir. Abdullah Shahab, M.Sc. memberikan tausyiah

 

Seyogianya kita menunjukkan rasa syukur kepada Allah SWT karena semua yang kita peroleh di dunia ini seperti prestasi dan karya adalah pemberian Allah. Kita juga mestinya bersyukur menjadi orang yang beriman, dan hidup di negara Indonesia yang luar biasa ini, karena Allah memberikan rahmat kepada negara ini, juga kesempatan untuk berbuat lebih baik sehingga sarana untuk meraih surga lebih banyak. Selain itu, apabila kewajiban dalam hidup kita jalankan, maka kebahagiaan dan kesuksesan dari Allah akan datang dengan sendirinya. Dengan bersyukur, maka Allah akan memberikan nikmat dan kesuksesan kepada kita. Dipenghujung tausyiahnya, Prof. Dr. Ir. Abdullah Shahab, M.Sc. juga memimpin doa bersama.


Penyerahan Cinderamata oleh Direktur UT Surabaya Kepada Bapak Drs. Hisham E.Q., M.Kes. dan Bapak Drs. Sakad, M.Ed.

 

Dalam kesempatan Halal Bihalal ini, Direktur UT Surabaya juga menyerahkan cinderamata bagi pegawai yang telah purna tugas antara lain Bapak Drs. Hisham E.Q., M.Kes. dan Bapak Drs. Sakad, M.Ed. Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan saling bersalaman antara keluarga besar UT Surabaya.

Taqobbalallahu minna waminkum, Selamat Idul Fitri 1440 H, mohon maaf lahir dan batin.


 

Foto Bersama Direktur UT Surabaya dengan Para Kepala UT Surabaya Periode Sebelumnya

(dari kiri ke kanan: Prof. Dr. Kisyani-Laksono, M. Hum., Teguh Prakoso, S.Pd., M.Hum., Drs. Ec. Karjadi Mintaroem, M.S., Prof. Dr. H. Supari Muslim, M.Pd., dan Prof. Dr. Rusjiono, M.Pd.)

 

 

Foto Bersama Keluarga Besar UT Surabaya

 

     Contributor: Iis UT Surabaya


PENINGKATAN KOMPETENSI APARATUR DESA-CONCERN PEMERINTAH KABUPATEN PONOROGO,

FOKUS UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA

Sebagai tindak lanjut Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas Terbuka Surabaya dan Pemerintah Kabupaten Ponorogo tentang Peningkatan Kualitas SDM di Kabupaten Ponorogo yang telah dilakukan sebelumnya, pada Rabu, 29 Mei 2019 bertempat di rumah dinas Bupati Ponorogo; Direktur UT Surabaya, Teguh Prakoso, S.Pd., M.Hum., bersama Kepala Dinas Pendidikan Ponorogo, Dra. Tutut Erliena, M.Pd. diterima dengan penuh kehangatan oleh Drs. H. Ipong Muchlissoni, Bupati Ponorogo periode 2016-2021. Pertemuan yang dimulai pukul 20.30 WIB tersebut juga diikuti oleh staf Dinas Pendidikan Ponorogo dan staf Universitas Terbuka Surabaya.

Pak Ipong, begitu Pak Bupati akrab disapa, menyambut secara positif penawaran UT Surabaya kepada Pemkab. Ponorogo. Bahwa memang benar, Pemkab Ponorogo saat ini memiliki kebutuhan yang mendesak untuk meningkatkan kompetensi para aparatur desa. Tingkat kompetensi yang belum seperti yang diharapkan dan besarnya dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat, perlu teknik pembelanjaan dan pertanggungjawaban anggaran secara akuntabel.

Dengan jumlah desa 206 di Ponorogo, merupakan potensi yang besar bagi UT untuk melayani kebutuhan mitranya di bumi Reyog. Program yang akan direalisasikan adalah program pendidikan berkelanjutan (PPB) baik itu Administrasi Pemerintahan Desa (APD) maupun Akuntansi Keuangan Desa (AKD). Ada 6 (enam) paket program sertifikasi di APD yang bisa dipilih sesuai kebutuhan untuk pengembangan kompetensi aparatur desa yaitu paket: (1) Pemerintahan Umum Desa, (2) Keterampilan Manajemen Desa, (3) Kepemimpinan Desa, (4) Statistika Pemerintahan Desa, (5) Kearsipan Desa, (6) Administrasi Ketanahan Desa dan Wilayah Desa. Adapun paket program AKD ada 4 (empat) yaitu: (1) Perencanaan Keuangan Daerah, (2) Pengelolaan Keuangan Daerah, (3) Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan Daerah, (4) Sistem Pengendalian Internal Keuangan Daerah. Setiap paket program yang ditawarkan ditempuh selama 1 (satu) semester dengan 8 (delapan) kali tutorial tatap muka termasuk praktik; yang dapat disetarakan dengan program Diploma 1, serta dapat dialihkreditkan ke program studi yang ada di UT.

MoU yang telah ditandatangani sebelumnya dan pertemuan Bupati Ponorogo dan Direktur UT Surabaya pada malam itu akan ditindaklanjuti melalui launching PPB APD dan AKD pada saat Pameran Pendidikan di Panggung Utama, Alun-alun Ponorogo yang akan digelar pada 21 Juni 2019 mendatang. Sinergisme Pemkab. Ponorogo dan UT Surabaya.


Kontributor: Hana Norhamida

PERESMIAN TAX CENTER UT SURABAYA

 

Sebagai hasil tindak lanjut kerja sama Universitas Terbuka (UT) dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP), pada hari Rabu tanggal 22 Mei 2019 Universitas Terbuka Surabaya dilaksanakan peresmian Tax Center yang dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah DJP Provinsi Jawa Timur I Ir. Eka Sila Kusna Jaya, M.Si., Wakil Dekan 3 FHISIP UT Dr. Agus Santosa M.M., Ketua Forum Tax Center Drs. N. Purnomolastu, Ak., M.M. dan Kepala Seksi Kerjasama dan Humas Kanwil DJP Jawa Timur I, Setyono.

Tax Center merupakan suatu lembaga dalam suatu perguruan tinggi yang berfungsi sebagai pusat pengkajian, penelitian, pelatihan dan sosialisasi perpajakan di lingkungan perguruan tinggi dan masyarakat yang dilakukan secara mandiri. Tujuan pendirian Tax Center di UT Surabaya adalah menyediakan wadah dan mendorong kegiatan pengkajian, penelitian, pelatihan dan sosialisasi, serta menjadi tempat praktik mahasiswa Program D-III Perpajakan UT.

Visi dari pendirian Tax Center adalah menjadi media pembelajaran bagi mahasiswa dan masyarakat, serta penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ). Adapun 3 misi yang diembannya diantaranya memberikan informasi tentang perkembangan bidang perpajakan di lingkungan UT, mahasiswa UT, dan masyarakat; mengkoordinasikan kegiatan sosialisasi hasil kajian bidang perpajakan di lingkungan UT, mahasiswa UT, dan masyarakat, dan mengkoordinasikan kegiatan pelatihan berkaitan dengan bidang perpajakan di lingkungan UT, mahasiswa UT, dan masyarakat.

Acara dimulai pukul 13.00 WIB dan diawali dengan pembacaan doa agar peresmian kerjasama ini berjalan dengan lancar dan sukses. Setelah sambutan dari Direktur UT Surabaya Bapak Teguh Prakoso, S.Pd., M.Hum. dan Wakil Dekan 3 FHISIP UT Dr. Agus Santosa M.M., Kakanwil DJP Provinsi Jawa Timur I memberikan arahan dan sambutannya sekaligus memimpin pembukaan Tax Center UT Surabaya secara simbolis dengan cara pengguntingan pita di Ruang Tax Center UT Surabaya.

Dengan tersedianya Tax Center di UT Surabaya diharapkan peran Tax Center dalam menyebarkan pengetahuan mengenai perpajakan dapat terlaksana misalnya dengan mempublikasikan berbagai artikel, baik ilmiah maupun populer serta buku-buku perpajakan bidang perpajakan di lingkungan UT, mahasiswa UT, dan masyarakat. Acara berlangsung dengan lancar dan khidmat, semoga kerjasama ini bermanfaat untuk menghasilkan masyarakat yang lebih taat pajak.


Kontributor : S.M.Ummah, Dwi Sambada.

 

MENUMBUHKEMBANGKAN POTENSI DIRI MAHASISWA BIDIKMISI

DAN CSR MELALUI BERBAGAI PELATIHAN KEMAHASISWAAN

UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA


Universitas Terbuka (UT) sebagai salah satu Perguruan Tinggi (PT) yang ditunjuk pemerintah, baik sebagai penyelenggara program Bidikmisi maupun Corporate Social Resposibility (CSR) tentunya juga berkewajiban menjaga kualitas dalam hal pelaksanaan hingga dapat meluluskan mahasiswa penerima beasiswa tersebut. Karena secara moral, bantuan beasiswa dari pemerintah tersebut “wajib” dikembalikan oleh penerima beasiswa dalam bentuk keberhasilan akademik berupa kelulusan dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) yang memenuhi standar baik atau sangat baik. Di samping itu, diharapkan saat menjadi mahasiswa UT jiwa kemandirian dalam belajar sangat diperlukan untuk menunjang prestasi akademik mahasiswa, karena UT yang menerapkan sistem belajar jarak jauh menuntut kemandirian mahasiswanya. Jiwa kemandirian diharapkan dapat berlanjut, baik saat masih kuliah dan dilanjutkan setelah mahasiswa Bidikmisi atau CSR lulus dari UT. Salah satu tujuannya yaitu agar dapat mandiri dalam mengembangkan potensi diri, sehingga berdampak positifuntuk keluarga serta bermanfaat di masyarakat sekitarnya.

Untuk memfasilitasi ketercapaian tujuan tersebut yaitu menciptakan mahasiswa yang berkualitas dan profesional, selain memberikan layanan pembelajaran melalui kegiatan tutorial, UT juga melengkapi layanannya dengan layanan tambahan, setidaknya sekali dalam setiap semester kepada mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi/CSR, melalui berbagai kegiatan pelatihan. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pada setiap semester, khususnya bagi mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi dan atau CSR yang memperoleh beasiswa dari perusahaan.

Pada masa registrasi 2018/2019.2 (2019.1), tepatnya pada hari Minggu, 19 Mei 2019, secara serentak dilaksanakan kegiatan Pelatihan Mahasiswa Bidikmisi dan CSR di 4 kabupaten yaitu Tuban, Mojokerto, Jombang, dan Ponorogo. Masing-masing mengusung tema sesuai dengan kebutuhan mahasiswanya, sesuai dengan semester yang ditempuh. Untuk kabupaten Tuban terdapat dua kelas Prodi S1 Administrasi Negara, bertema “Entrepreneur Mindset, Wirausaha, solusi mengubah nasib keluarga dan memajukan bangsa”, narasumber : Imam Ma’arif, seorang Praktisi Agribisnis Syariah dariTuban dan kelas S1 Manajemen bertema “Menangkap Peluang Usaha dari Tuban”, sebagai narasumber : Agus Amin Jaya, S.E.,M.M., Direktur BUMD Bumi Ronggolawe Tuban. Bertempat di aula dan kelas SMPN 7 Tuban, Jl. DR. Wahidin Sudirohusodo Jalan Nakula No.1, Sidorejo, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban . Melalui kedua tema tersebut mahasiswa diharapkan memiliki semangat entrepreuner sehingga dapat menciptakan peluang kerja secara mandiri, dengan melihat potensi di wilayahnya sendiri yaitu kab. Tuban.

Peserta pelatihan terdiri atas mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi, yakni mahasiswa Program Studi S1 Manajemen di Kabupaten Tuban sebanyak 35 orang, yang hadir 30 peserta. Hadir dalam acara tersebut untuk mendampingi peserta selama pelatihan adalah Ketua Pengurus PBI Kabupaten Tuban, Ibu Sri Hidajati, S.Sos.,M.Kom.dan Pengurus Pokjar Dinas Pendidikan kab. Tuban Kiswanti, SPd. Acara pelatihan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan Hymne UT, doa dan pembukaan secara resmi oleh manager Bahan Ajar dan Tutorial, Drs. Dwi Sambada, M.Pd, mewakili Direktur UT Surabaya. Dalam kesempatan membuka acara tersebut disampaikan bahwa acara Pelatihan Kewirausahaan ini merupakan layanan UT yang sangat baik dan disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa. Kemandirian yang sudah dilakukan selama belajar di UT, sepantasnya dapat berlanjut setelah lulus dan terjun di masyarakat. Melalui kegiatan ini, mahasiswa diberikan bekal yang dapat melengkapi ilmu yang telah diperoleh dalam studi di UT untuk mengenal dan mengembangkan usaha di dunia entrepreunership.

Foto : Persiapan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UT saat pelatihan  di kab. Tuban.


Agus Amin Jaya, S.E.,M.M, sebagai narasumber sangat piawai untuk menarik minat peserta diawali dengan pemutaran video berdurasi pendek untuk ditanggapi peserta pelatihan. Selanjutnya disampaikan beberapa ucapan dan kata-kata kunci dari beberapa tokoh entrepreneur misalnya Bob Sadino “Orang pinter gampang cari kerja, dia jadi karyawan, orang bodoh susah cari kerja, dia buka usaha, akhirnya banyak orang pintar yang punya boss orang bodoh”, “jangan berprinsip harus punya uang untuk memulai berusaha, coba dibalik, harus ada usaha untuk menghasilkan uang”. Begitu juga Imam Ma’arif, seorang praktisi di dunia Agribisnis banyak mempresentasikan kiat-kiatnya di dunia pertanian. Banyak saran dan pesan yang beliau sampaikan kepada peserta agar tidak hanya berkeinginan jadi pegawai saja, tapi harus bisa punya usaha yang nantinya dapat mengubah nasib mahasiswa dan keluarga bahkan dapat memiliki banyak pegawai sehingga bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Foto : Peserta pelatihan antusias memperhatikan narasumber saat presentasi.


Banyak informasi dan kiat-kiat untuk menjadi wirausahawan yang sukses, kita harus bisa belajar dari kegagalan, narasumber yang sudah sering mendapatkan penghargaan diantaranya dari MURI tersebut menyampaikan 3 kunci internal dalam persaingan usaha yaitu jadilah yang pertama (be the first), jadilah yang terbaik dan terbesar ( be the best or biggest), jadilahn yang paling beda/unik, hanya anda yang memiliki atau memiliki identitas ( be the different).

Pelatihan kewirausahaan mahasiswa Bidikmisi kabupaten Mojokerto Prodi Manajemen semester II, dengan tema Digital Marketing dengan narasumber Mukhlis Gunawan, SM., dengan tema “Personal Excellent” sebagai narasumber Dian Saputra,Ct Nnlp.,seorang profesional spiritual Life Coach untuk pelatihan mahasiswa semester IV. Kegiatan pelatihan berlangsung di Aula SMKN 1, Jl. RA. Basuni, Sooko, Mojokerto yang diikuti sekitar 50-an mahasiswa di dua kelas.Hadir dalam pembukaan acara Sekdakab. Jombang Dr. H. Ahmad Jazuli, SH.,M.Si yang berkesempatan memberikan sambutan, setelah acara dibuka oleh Direktur UT Surabaya yang diwakili oleh Drs. Abas Asmono. Dian Saputra menyampaikan bahwa ada 2 kompetensi yang wajib dipelajari untuk menjadi personal excellence berupa Soft Skill yang meliputi cara kerja pikiran, emosional dan spiritual dan Hard Skill meliputi kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi expert dan unik.

Foto : Sekdakab. Jombang Dr. H. Ahmad Jazuli, SH.,M.Si turut memberikan pengarahan saat kegiatan di

Mojokerto.

 

Pokjar Kabupaten Jombang, kegiatan pelatihan mahasiswa Bidikmisi dan CSR dilaksanakan di Pondok Miftahus Sa’adah Mojoagung, Mancilan, Kab. Jombang yang terdiri dari 2 kelas mahasiswa Bidikmisi Prodi Ekonomi Pembangunan, semester VIII dan S1 Akuntansi semester VIII dan 1 kelas CSR, Prodi S1 Akuntansi semester VI dengan tema antara lain “Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship” : Sebagai Pilihan Karir Calon-Calon Akuntan” sebagai narasumber Dr. Muchtar, S.E.,M.Si.,Wakil Rektor Universitas darul Ulum Jombang. Tema kedua yaitu “Pengoperasian Dan Pemanfaatan TIK Untuk Mengolah Data di Komputer” sebagai narasumber Ahmad Muklason, S.Kom., M.Sc.,Ph.D., dosen Institut Teknologi 10 November Surabaya . Kelas yang ketiga berupa pelatihan terkait “Public Speaking” sebagai narasumber yang dipilih Dr. Yuniseffendri, M.Pd., Ketua UPM S-3 Pascasarjana Unesa. Acara dibuka Bapak Mujono, SE, mewakili Direktur UT Surabaya.

Kegiatan pelatihan di kabupaten Ponorogo yang dikoordinir oleh Manajer Registrasi dan Pengujian, Drs. Pramonoadi, M.Pd, dengan tema “Optimasi diri melalui Public Speaking” bersama narasumber : Drs. Sugiyanto, M.Pd., diikuti mahasiswa S1 Akuntansi dan S1 Manajemen sebanyak 43 peserta dilaksanakan di SMK PGRI 1 Jl. Irawan, No. 13 Ponorogo.

Foto : Narasumber dan peserta sangat aktif dengan pertanyaan dan tanggapan yang disampaikan penyaji.

 

Disemua tempat kegiatan pelatihan para peserta wajib membuat atau mengerjakan kertas kerja sesuai dengan tema yang harus dikumpulkan sebagai bukti keikutsertaan dan alat evaluasi seberapa jauh tingkat pemahaman mahasiswa terkait dengan materi dari narasumber, baik di Tuban, Mojokerto, Jombang dan Ponorogo. Pelatihan diakhiri pukul 12.30 dengan penyampaian cenderemata berupa Goodybag UT, dan foto bersama narasumber dan pengurus pokjar masing-masing.

Foto : Peserta Public Speaking, foto bersama usai acara pelatihan.

 

Kemandirian dan kerja keras merupakan modal utama dalam belajar dan berwirausaha, untuk merintis kehidupan yang lebih baik lagi”.

 

Kontributor : D. Sambada, Pramonoadi, Mujono, Abas, Agus P, Eko, Wahyu dan Sugito.


 



 

BAKTI SOSIAL “UT SURABAYA PEDULI 2019”


Kami adalah bagian dari mereka. Mereka adalah bagian dari kami. Begitulah mungkin ungkapan yang pas untuk menggambarkan kepedulian seluruh Pegawai UT Surabaya terhadap Warga RW 01 Kelurahan Mulyorejo, Kecamatan Mulyorejo Surabaya, tempat Kantor UT Surabaya berdiri. Mengambil momen Ramadan 1440 H, UT Surabaya kembali mengadakan kegiatan Bakti Sosial bertajuk “UT Surabaya Peduli Tahun 2019”.

Kegiatan bakti sosial tahun ini didukung penuh oleh segenap Pimpinan dan Staf UT Surabaya. Dengan swadana, kegiatan tersebut murni inisiatif pegawai UT Surabaya. Tulus ikhlas berbagi kasih untuk sesama. Dana diperoleh dari sumbangan sukarela seluruh pegawai, yang kemudian dialokasikan untuk pengadaaan paket sembako yang terdiri atas 2 kg minyak goreng, 1 kg gula pasir, 1 bungkus mi telur, 1 kaleng susu kental manis, 1 buah kecap manis, dan 1 buah biskuit.



Paket sembako sebanyak 89 buah tersebut dibagikan kepada mereka yang berhak menerima yaitu warga sekitar Kantor UT Surabaya yaitu warga RW 01 Kelurahan Mulyorejo, Kecamatan Mulyorejo Surabaya; dan pegawai lini “bebersih dan pramubakti” Kantor UT Surabaya. Manajemen UT Surabaya juga menyadari bahwa selain sebagai bagian dari RW 01 Kelurahan Mulyorejo, Kecamatan Mulyorejo Surabaya; UT Surabaya juga bagian dari Kampus C Unair. Oleh karena itu sebagian dari paket sembako tersebut juga dibagikan kepada tenaga keamanan dan kebersihan Kampus C Unair.



Acara pembagian paket sembako diadakan di Kantor UT Surabaya, Kampus C Unair, Mulyorejo, Surabaya, dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 10.30 WIB, diawali dengan sambutan Direktur UT Surabaya, Teguh Prakoso, S.Pd., M. Hum., yang dilanjutkan dengan pemberian secara simbolis kepada wakil warga yaitu Ibu Ketua RW 01 Mulyorejo. Warga yang datang ke Kantor UT Surabaya sejak sebelum pukul 09.00 dengan khidmat mengikuti acara sampai dengan penerimaan paket. Direktur UT Surabaya dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai wujud kepedulian pegawai UT Surabaya terhadap sesama, dengan mengharap keridloan Tuhan Yang Maha Kuasa. Semoga bermanfaat… Aamiin.


Kontributor: Hana Norhamida

KOMITMEN DALAM PENINGKATAN KUALITAS SDM

UT SURABAYA SELENGGARAKAN PELATIHAN ESQ ‘YOU CAN WIN

 

Aset terbesar sebuah organisasi bukanlah aset tetap seperti tanah, bangunan, dan peralatan kantor; tetapi sumber daya manusia (SDM). Sebesar apapun aset tetap jika tidak didukung SDM yang handal, kinerja organisasi tidak bisa tercapai secara optimal. Oleh karena SDM menempati peran strategis, maka kegiatan pengembangan SDM dalam upaya meningkatkan kualitas SDM secara berkelanjutan haruslah dilakukan oleh setiap organisasi.

Upaya pencapaian kinerja organisasi melalui pengembangan SDM itu pula yang saat ini dilakukan oleh manajemen UT Surabaya. Salah satu kegiatan pengembangan SDM yang dilaksanakan pada 2019 ini pelatihan seluruh SDM UT Surabaya dengan menggandeng ESQ Jawa Timur. Pelatihan yang bertajuk You Can Win memotivasi setiap orang untuk sukses dalam kehidupannya, dengan meredifinisi arti kesuksesan (jika belum tepat), berani menetapkan target kesuksesan yang tinggi, dan yakin target tersebut bisa dicapai.

Kesuksesan di sini meliputi sukses dalam karir dan pekerjaan juga kehidupan pribadi. Untuk itu, setiap individu harus mampu memunculkan potensi terbaiknya untuk kinerja sukses terbaiknya juga. Perubahan mindset untuk selalu berpikir positif dan terbuka, mendasarkan semua tindakan pada niat hati yang tulus, dan hanya mengharapkan ridlo Yang Maha Kuasa (atau yang disebut konsep Grand Why dalam pelatihan ini) menjadi salah satu luaran dari pelatihan ini.



Menggunakan metode Quantum Learning, pelatihan ini dikemas cukup interaktif melibatkan partisipasi seluruh peserta, dari games sampai dengan penyampaian materi. Pelatihan dimulai tepat pukul 08.00 dan berakhir pukul 16.30 dengan 3 (tiga) kali break. Lima puluh pegawai UT Surabaya dengan antusias mengikuti kegiatan ini, yang terdiri dari atas para manajer, dosen dan tendik, serta para TKT. Manajemen partisipatif yang diterapkan UT Surabaya ini mendorong agar semua staf dan pimpinan memiliki cara pandang sama yang mengarah pada satu tujuan organisasi yang serupa (goal congruence), yaitu memberikan layanan terbaik kepada segenap pemangku kepentingan, baik mahasiswa maupun mitra UT lainnya.

Pelatihan sehari yang dilaksanakan pada Jum’at, 26 April 2019 dibuka oleh Direktur UT Surabaya, Teguh Prakoso, S.Pd., M. Hum. Branch Manager ESQ Jatim, Heidy Akhadi, menjadi trainer pada pelatihan tersebut, didampingi oleh trainer lainnya, Nuzul Romadona. Pada kesempatan tersebut, Direktur UT Surabaya menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan semacam ini sangat bermanfaat untuk staf dan organisasi. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk dilakukan secara periodik, setidaknya setahun sekali. Setiap individu tahu apa yang akan dicapainya dalam rentang waktu ke depan dan sangat yakin dapat mencapai kesuksesan tersebut. "Yes, You Can Win".


 

Kontributor: Hana Norhamida

Berita Terbaru

KEGIATAN PADUAN SUARA “GITA BAHANA PITALOKA“ M...
KEGIATAN PADUAN SUARA “GITA BAHANA PITALOKA“ MAHASISWA POKJAR UT SURABAYA

KEGIATAN PADUAN SUARA “GITA BAHANA PITALOKA“ MAHASISWA POKJAR UT SURABAYA Paduan suara merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa [UKM] Universitas Terbuka Surabaya yang berada di Pokjar Pitaloka Kota Surabaya. UKM ini dibentuk untuk menampun [ ... ]

Halal Bihalal Keluarga Besar UT Surabaya Meraih Ke...

Halal Bihalal Keluarga Besar UT Surabaya Meraih Kesuksesan dengan Bersyukur kepada Allah   Halal Bihalal sebagai agenda rutin UT Surabaya, tahun ini diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 12 Juni 2019 bertempat di Ruang Pertemuan Lantai 1 UT  [ ... ]

PENINGKATAN KOMPETENSI APARATUR DESA-CONCERN PEMER...

PENINGKATAN KOMPETENSI APARATUR DESA-CONCERN PEMERINTAH KABUPATEN PONOROGO, FOKUS UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA Sebagai tindak lanjut Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas Terbuka Surabaya dan Pemerintah Kabupaten Pon [ ... ]

PERESMIAN TAX CENTER UT SURABAYA
PERESMIAN TAX CENTER UT SURABAYA

PERESMIAN TAX CENTER UT SURABAYA   Sebagai hasil tindak lanjut kerja sama Universitas Terbuka (UT) dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP), pada hari Rabu tanggal 22 Mei 2019 Universitas Terbuka Surabaya dilaksanakan peresmian Tax Center yang  [ ... ]

MENUMBUHKEMBANGKAN POTENSI DIRI MAHASISWA BIDIKMIS...

  MENUMBUHKEMBANGKAN POTENSI DIRI MAHASISWA BIDIKMISI DAN CSR MELALUI BERBAGAI PELATIHAN KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA
Universitas Terbuka (UT) sebagai salah satu Perguruan Tinggi (PT) yang ditunjuk pemerintah, baik sebagai pen [ ... ]

BAKTI SOSIAL “UT SURABAYA PEDULI 2019”

BAKTI SOSIAL “UT SURABAYA PEDULI 2019”
Kami adalah bagian dari mereka. Mereka adalah bagian dari kami. Begitulah mungkin ungkapan yang pas untuk menggambarkan kepedulian seluruh Pegawai UT Surabaya terhadap Warga RW 01 Kelurahan Mulyorejo, Kec [ ... ]

KOMITMEN DALAM PENINGKATAN KUALITAS SDM UT SURABAY...
KOMITMEN DALAM PENINGKATAN KUALITAS SDM UT SURABAYA SELENGGARAKAN PELATIHAN ESQ ‘YOU CAN WIN’

KOMITMEN DALAM PENINGKATAN KUALITAS SDM UT SURABAYA SELENGGARAKAN PELATIHAN ESQ ‘YOU CAN WIN   Aset terbesar sebuah organisasi bukanlah aset tetap seperti tanah, bangunan, dan peralatan kantor; tetapi sumber daya manusia (SDM). Sebesar a [ ... ]

Pengumuman

Daftar Peserta SUO Reguler 2018/2019.2 (2019.1)
Daftar Peserta  SUO Reguler  2018/2019.2 (2019.1)

Daftar Peserta  SUO Reguler  2018/2019.2 (2019.1)

Sistem ujian Onli [ ... ]

PEMILIHAN DUTA UT 2019
PEMILIHAN DUTA UT 2019

  PEMILIHAN DUTA UT 2019   Universitas Terbuka (UT) adalah Pergurua [ ... ]

Klinik Persiapan UAS 2019.1 UT Surabaya

Teman-teman mahasiswa Universitas Terbuka Kota Surabaya, dalam rangka persiapan  [ ... ]

UNDANGAN MENGIKUTI WISUDA DI UT PUSAT

UNDANGAN MENGIKUTI WISUDA DI UT PUSAT
  Para Wisudawan/wati yang Berbah [ ... ]

DAFTAR NAMA PESERTA YUDISIUM TAHUN 2019 TAHAP II U...

DAFTAR NAMA PESERTA YUDISIUM TAHAP II TAHUN 2019 UNIVERSITAS TERBUKA   [ ... ]

MATERI PENYELENGGARAAN PRAKTIK PROGRAM STUDI AGRIB...

MATERI PENYELENGGARAAN PRAKTIK PROGRAM STUDI AGRIBISNIS   Kepada mahasisw [ ... ]

jtv

laman kit

laman tutor

lmn mahasiswa

lmn pokjar

Follow Us : facebook  twitter  feed  google